REVIEW

Hitman Go, Stealth Game Berbalut Gameplay Tabletop

Anduril   06 Dec 2016
Hitman Go, Stealth Game Berbalut Gameplay Tabletop

Hitman adalah sebuah serial game stealth yang pertama kali dirilis di PC pada tahun 2000 lalu. Kini, hadir di smartphone dalam format game tabletop. Karena menggunakan format tabletop, maka Hitman Go menghadirkan sosok Agent 47 dalam bentuk patung model yang bisa dibilang sangat imut. Mungkin agak terdengar aneh untuk mengatakan Agent 47 itu imut atau pun lucu, sih. Mengingat bahwa dia tetap menjalankan hobi membunuhnya walau pun dalam bentuk patung model (atau dapat disebut bidak, jika mengingat cara memainkannya), yang –sekali lagi– terlihat sangat imut itu.

Di game ini, kalian tetap harus membunuhi target-targetmu dengan gaya stealth. Namun, yang membedakan, kalian sekarang akan berhadapan dengan puzzle sebagai hidangan utama. Semua yang ada di dalam game ini dibuat layaknya sebuah boardgame, yang biasanya dimainkan secara tabletop (di atas meja). Jadi, janganlah heran kalau kalian menemukan berbagai elemen boardgame di dalam gamenya.

Bisa dibilang, memainkan Hitman Go rasanya mirip seperti memainkan catur, namun dengan aturan yang terbatas dan spesifik. Ketika memulai game ini, kalian akan diperhadapkan dengan berbagai garis kotak-kotak yang menjadi rute perjalananmu. Untuk mengendalikan sang Agent 47, kalian hanyalah perlu melakukan swipe ke jalur yang kalian kehendaki. Agent 47 hanya bisa melangkah satu kali setiap swipe, yang artinya adalah sekali dalam satu turn atau giliran.

Untuk menyelesaikan sebuah level, kalian harus menyelesaikan setiap misi yang diberikan. Ada berbagai misi yang bisa kalian temui di setiap levelnya, seperti misalnya menyelesaikan target utama, tidak membunuh musuh barang satu pun, menyelesaikan level tersebut dengan beberapa langkah saja, dan lain-lain. Misi-misi ini akan mengantarkanmu untuk membuka kotak diorama berikutnya atau tidak, karena ada batasan tertentu untuk dapat berlanjut ke puzzle berikutnya.

Tampaknya, Hitman Go tidak memiliki jalan cerita yang khusus, karena kita tidak bakal mendapatkan penjelasan mengapa kita berada di sebuah diorama. Yang pasti, kalian harus harus mengerjakan level demi level sampai ke level 15 (setiap diorama, atau dapat disebut map, berisikan 15 level) yang berisi boss utama. Untuk mengalahkan musuh tidaklah sulit, kalian hanya harus melakukan swipe atas bidakmu ke tempat musuh berada. Begitulah, seperti bidak catur ketika memakan bidak lawan.

Hitman GO Games AndroidiOS Paid Download Download

Setelah menyimak fitur-fitur apa saja yang disediakan dalam game ini, marilah kita masuk ke inti dari Hitman Go, yaitu puzzle. Kami bisa mengatakan, jenis puzzle dalam Hitman Go tergolong sulit dan menantang. Kalau kalian merupakan tipe pemain puzzle yang senang untuk berlama-lama dalam memutar otak, dipastikan bahwa kalian akan merasa betah untuk memainkan game ini.

Berbagai tipe musuh juga bisa kalian temui, mulai dari yang hanya diam saja, berputar arah tetapi diam di tempat sampai yang ikut bergerak seiring kalian bergerak. Pada intinya, jika sang musuh menghadap ke arahmu dan kalian berdiri di depannya, maka kalian akan mati. Tetapi, jika dia berdiri di samping, tidak akan ada masalah. Untuk mengalahkan berbagai tipe musuh ini, kalian harus terlebih dahulu mempelajari pola gerakannya dan menyusun strategi dari jalur-jalur yang tersedia.

Seperti yang kami bilang di atas, kalian memerlukan strategi yang matang untuk menyelesaikan puzzle-puzzle di game ini. Tidak jarang, kami harus mengulang sebuah level sampai 10 kali karena kesalahan melangkah atau tidak dapat menuju titik terakhir untuk menyelesaikan level. Sayangnya, di game ini, kalian hanyalah akan diberi sebanyak 5 bantuan (hint) untuk menyelesaikan level. Sejauh kami bermain, tidak ada cara lain untuk mendapatkan bantuan lagi, kecuali melalui IAP (in-app purchase).

Secara keseluruhan, Hitman Go adalah sebuah game puzzle yang memiliki presentasi unik, learning curve, dan variasi gameplay yang sangat menantang. Sayangnya, harga yang dipatok sedikit di atas rata-rata dan hint yang diberikan terlalu sedikit. Bisa dibilang, game ini diperuntukkan bagi gamer yang bisa bertahan untuk terus mengulang-ulang sebuah level hingga berkali-kali tanpa pantang menyerah.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top