REVIEW

Caping

Nilla Essy   26 Nov 2016
Caping

Kegemaran membaca berita kini menjadi semakin mudah semenjak ada teknologi smartphone. Anda tidak perlu repot-repot berlangganan koran dan mengeluarkan biaya bulanan untuk hal yang satu ini. Karena saat ini, membaca berita dapat Anda lakukan dengan mudah di mana pun, kapan pun, tanpa mengeluarkan budget khusus. Ada sangat banyak aplikasi berita yang dapat Anda pilih untuk di-install pada perangkat smartphone Anda. Salah satunya adalah Caping. Aplikasi berita bikinan dalam negeri ini memiliki beberapa fitur menarik yang akan membuat Anda terkesan saat mencobanya.

Caping merangkum artikel dan berita dari berbagai situs dengan tetap mencantumkan sumbernya, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengecek beberapa situs favorit untuk dapat membacanya karena kini yang Anda butuhkan adalah Caping, aplikasi berita yang dapat mengumpulkan semua artikel dan berita menarik dari berbagai situs tersebut untuk Anda.

Sangat User Friendly

Meski pun Caping memiliki banyak sekali menu dan sub menu, namun aplikasi ini sangat mudah digunakan karena interface-nya yang user friendly. Dijamin, Anda tidak akan merasa “tersesat” saat menggunakannya. Tampilannya simpel, dan artikelnya juga tidak berat sehingga dapat dengan mudah diakses. Tidak membutuhkan waktu loading yang lama untuk membuka masing-masing artikel.

Login Mudah dengan Menghubungkannya dengan Akun Social Media

Saat akan masuk ke dalam aplikasi Caping, Anda harus login terlebih dahulu. Untuk memudahkan, Anda dapat login dengan menghubungkan aplikasi ini dengan akun social media Anda. Hal ini juga tentunya akan mempermudah jika Anda perlu mengganti perangkat smartphone sehingga Anda tidak perlu melakukan pengaturan ulang karena pengaturan Anda tetap tersimpan jika Anda login dengan akun yang sama.

Aplikasi Berita yang Langsung Terhubung dengan Forum

Aplikasi ini tidak hanya sekedar menampilkan deretan berita terpilih. Namun, Anda juga dapat berdiskusi dan berinteraksi dengan pembaca lainnya melalui menu SpeakOut mengenai topik berita tertentu yang sudah disediakan oleh editor (pembaca tidak dapat menambah sendiri topik yang ingin didiskusikan). Untuk setiap komentar pada masing-masing topik dapat dikomentari kembali, di-Like dan di-Share atau dibagikan. Jarang sekali ada aplikasi sejenis yang memiliki fitur ini.

Anda Dapat Memilih Kategori Berita Sendiri yang Ingin Ditampilkan

Jika Anda hanya tertarik dengan topik berita tertentu, maka Anda dapat mengaturnya pada menu Category Setting di bagian News. Setelah Anda mengatur beberapa kategori, maka kategori tersebut secara otomatis akan tampil pada sub menu di bagian atas halaman News. Kategori yang dapat Anda pilih di antaranya adalah Indonesia, Ekonomi, Politik, Tekno, Cinta, Dunia, Piknik, Humor, Gaya Hidup, dan berbagai topik menarik lainnya.

Tidak Suka Topik Beritanya? Silahkan di-Unfollow!

Adalah hal yang sangat wajar jika Anda tidak menyukai topik-topik tertentu yang muncul di antara deretan berita. Pada menu SpeakOut, Anda diijinkan untuk meng-unfollow topik-topik berita yang tidak ingin Anda ikuti sehingga topik-topik berita ini tidak muncul lagi pada halaman feeds Anda.

Bookmark Berita yang Ingin Disimpan

Akan sangat mudah unruk kembali menemukan beberapa berita terpilih yang ingin Anda simpan pada menu My Collection. Atau, jika tidak punya cukup banyak waktu untuk membaca, Anda juga bisa menandai berita atau artikel yang ingin Anda baca kemudian pada halaman ini. Bagian ini juga akan tersimpan dengan baik jika Anda login dari perangkat yang berbeda.

Jangan Sampai Ketinggalan Topik Kekinian, Segera Cek Halaman Trending!

Hal menarik lainnya dari aplikasi Caping ini adalah Anda dapat mencari tahu tentang topik apa yang sedang ramai dibicarakan melalui halaman Trending. Hal ini memungkinkan Anda untuk selalu update mengenai berita terkini yang sedang beredar dan dibicarakan banyak orang. Sayangnya, halaman ini hanya menampilkan topik-topik beserta sedikit penjelasannya saja tanpa merujuknya dengan link-link artikel atau berita terkait. Akan lebih menarik, jika pada masing-masing topik, juga disertakan artikel berita yang relevan agar pembaca tahu sumber dari topik tersebut.

Menggunakan Bahasa yang Santai

Ini mungkin merupakan salah satu kelebihan dan perbedaan Caping jika dibandingkan dengan aplikasi berita lainnya. Aplikasi ini menggunakan tata bahasa yang tidak kaku, sehingga pembacanya dapat merasa akrab. Misalnya, ketika Anda membuka halaman Activity dan belum melakukan apapun, maka akan muncul tulisan “Kok ga ada?” dengan karikatur yang lucu. Begitu pula, jika Anda membuka aplikasi ini, namun mendadak koneksi internet pada smartphone Anda terputus. Maka, akan muncul tulisan “Inetnya plis!” dengan gambar karikatur yang lain lagi, sesuai dengan isi pesan yang disampaikan. Sangat unik, bukan?

Jangan Lupa Buka Menu FunPic!

Menu inilah yang membuat aktivitas membaca berita menjadi semakin menyenangkan. Jika kepala Anda sudah cukup pusing setelah membaca berita politik atau ekonomi, atau Anda baru saja berdebat dengan seorang pembaca di menu SpeakOut, jernihkan pikiran Anda kembali dengan melihat gambar-gambar humor pada menu ini. Dijamin pusing di kepala Anda akan lenyap seketika. Saat ini, gambar-gambar yang tampil pada halaman FunPic adalah gambar-gambar yang hanya dimuat oleh editor Caping dan belum memungkinkan pembaca untuk menambah konten sendiri pada halaman ini.

Ukuran Font yang Dapat Diatur dengan Mudah

Mungkin ini adalah hal kecil, namun ini juga menjadi kelebihan aplikasi Caping. Anda dapat mengatur ukuran font sendiri pada halaman dari artikel yang Anda baca dengan mengatur Zoom In dan Zoom Out pada halaman tersebut. Tidak banyak aplikasi sejenis yang memiliki fitur tersebut.

Mengobrol dengan Admin di Menu Feedback

Anda memiliki masalah dengan aplikasi Caping yang digunakan? Atau, Anda memiliki masukan seputar aplikasi ini? Jangan ragu untuk menyampaikannya pada “Mimin,” admin yang ditugaskan untuk “mengobrol” dengan para pengguna. Saat ingin menuliskan pesan, Anda diminta terlebih dahulu untuk memasukkan alamat e-mail dan mengisi komentar Anda di kolom komentar. Anda juga dapat melampirkan file dalam bentuk foto pada halaman ini. Jadi, teruslah memberikan masukan untuk aplikasi ini agar Caping ke depannya bisa tampil lebih baik lagi.

Cukup banyak keunggulan dan fitur menarik dari aplikasi Caping ini, bukan? Sayangnya, versi terbaru untuk perangkat Android-nya (versi 3.1.0) masih memiliki beberapa bug:

  • Selalu terdapat masalah saat Anda login dengan akun social media. Tapi, Anda tetap dapat masuk ke dalam aplikasi ini dan melakukan login ulang. Hal ini tentunya cukup merepotkan.
  • Jika Anda ingin menulis komentar pada halaman apa pun, field tempat Anda menulis komentar dan menambahkan foto tampil dengan background hitam sehingga saat Anda menuliskan komentar, Anda tidak dapat membaca hasil ketikan Anda.

Meski pun demikian, Caping terus menjadi salah satu aplikasi berita unggulan dan paling banyak digunakan oleh para netizen. Saat ini, tercatat ada lebih dari 60.000 orang yang sudah menggunakan Caping dan didukung pula oleh sangat banyak situs berita favorit untuk memperkaya kontennya. Jadi, Anda tidak punya alasan untuk tidak menggunakannya, bukan?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top