REVIEW

Kenang Masa Kanak-kanak dengan Game Pancasila 5 Dasar

by Eroneko | 10 Dec 2016
Kenang Masa Kanak-kanak dengan Game Pancasila 5 Dasar

Jaman dulu, saat smartphone dan komputer masih merupakan barang langka, banyak dari kita atau bahkan orang tua kita bermain dengan menggunakan apa pun yang ada. Termasuk di antaranya adalah permainan yang disebut “Pancasila Lima Dasar” atau "Gagarudaan.” Nah, Agate Studio membawanya kembali ke smartphone Android-mu!

Permainan unik yang menyenangkan dan bisa dimainkan dengan teman dalam jumlah berapa pun ini cukup sederhana dan dapat melatih kreativitas kalian. Agate Studio, developer lokal yang sudah terkenal dengan beberapa game seperti Valthirian Arc dan Football Saga, kali ini mencoba merambah kearifan lokal dan nostalgia dengan game yang satu ini.

Gameplay

Awalnya, pemain diharuskan untuk memiliki nick name untuk dapat bermain dan sebagai identitas. Setelah itu, kalian bisa menyambungkan game ini dengan akun Facebook atau Google+ agar dapat bermain bersama temanmu.

Cara bermainnya pun dibuat semirip mungkin dengan permainan aslinya. Bagi kalian yang tak sempat mengenal permainan ini, jangan khawatir. Game ini cukup mudah, kok. Pertama, kalian akan memilih kategori yang akan dijadikan fokus permainan. Bisa binatang, buah, negara, dan lain sebagainya. Setelah itu, tentukan jumlah jari yang akan kalian keluarkan. Nah, jari yang kalian dan musuh keluarkan akan dihitung untuk menentukan abjad huruf pertama. Nah, kemudian, tugasmu adalah menuliskan nama benda sesuai kategori dan abjad yang dipilih. Misalnya, saat kalian mendapatkan huruf “R” pada kategori buah, maka kalian bisa menuliskan buah yang berawalan “R.” Contohnya: “Rambutan.” Kalian bisa menulis sebanyak apa pun, sistem yang nantinya akan memilih mana yang benar.

Dalam setiap permainan, kalian akan mendapatkan sejumlah koin sebagai hadiah. Jangan khawatir, meski kalian kalah pun masih mendapatkan koin. Koin tersebut dapat kalian gunakan untuk membeli power up yang akan membuat permainan lebih seru dan lebih mudah.

INSTALL KUIS PANCASILA 5 DASAR DI SINI

User Interface dan Grafik

Memiliki grafis bergaya kartun dan user interface yang simpel, cerah dan lucu, game ini memiliki gameplay yang cukup manis. Cocok sebagai permainan simpel yang bisa kalian mainkan saat senggang atau saat ingin bermain bersama temanmu dengan santai.

Kelebihan

Game yang satu ini dapat meningkatkan proses kreatifmu dan juga menyenangkan untuk dimainkan bersama teman. Nostalgia bagi yang dulu pernah memainkannya. Bagi pemula yang baru mengetahui game ini pun cukup menyenangkan dan mudah dimengerti peraturannya.

Kelemahan

Game ini memiliki potensi yang bisa dikembangkan menjadi game serius. Sayangnya, masih kurang variasi dan hanya terbatas pada permainan yang monoton. Iklan yang sering muncul dapat menjengkelkan pemain. Namun, kalian bisa membayar sejumlah uang untuk menghilangkan iklan yang ada.

Game Kuis Pancasila 5 Dasar ini termasuk permainan yang dapat menjadi nostalgia bagi yang pernah memainkannya dulu. Memiliki interface yang lucu dan unik, Kuis Pancasila 5 Dasar juga mudah untuk dimengerti dan diikuti. Sederhana dan menyenangkan, kalian dapat men-download game ini di Google Play Store. Kalau sudah mencobanya, kasih komentar di bawah, ya!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top