TIPS

Cara Sembunyikan Gambar & Video WhatsApp dari Galeri

Ayu Handayani   06 Dec 2016
Cara Sembunyikan Gambar & Video WhatsApp dari Galeri

Aplikasi WhatsApp saat ini telah memiliki milyaran pengguna yang mengirimkan dan menerima pesan, foto, video, lokasi, dan lain-lainnya. Bahkan, Anda kini sudah bisa menerima fotodan video dari grup juga, yang tiba-tiba muncul di galeri Anda tanpa Anda ketahui.

Dari galeri, Anda pun bisa melihat foto dari kamera Anda mau pun video yang dikirimkan oleh teman. Namun, jika Anda tidak menginginkan foto dan video tersebut ada dalam galeri Anda, Anda perlu melakukan metode-metode berikut ini.

Cara Pertama (Dilakukan tanpa memerlukan download atau pun install aplikasi)

  1. Buka File Explorer pada smartphone Anda.

  1. Ke folder WhatsApp dalam File Manager, dan buka folder dengan nama Media di sana. Selanjutnya, Anda bisa melihat semua isi folder WhatsApp termasuk WhatsApp Images dan WhatsApp Video.

  1. Sekarang, beri nama folder WhatsApp Images menjadi ".WhatsApp Images" (tanpa tanda petik) jika Anda ingin menyembunyikan fotoWhatsApp dari galeri Anda.

  1. Beri nama WhatsApp Video menjadi ".WhatsApp Video"(tanpa tanda petik) untuk menyembunyikan video WhatsApp dari galeri Anda.

  1. Sekarang, buka Settings -> Apps manager, dan Anda akan melihat galeri pada bagian All. Klik bagian tersebut.

  1. Geser ke bawah dan klik bagian Clear Cache.

Sekarang, Anda sudah bisa menyembunyikan foto mau pun video dari WhatsApp di galeri Anda!

Cara Kedua (Dilakukan dengan men-download & meng-install aplikasi ES File Explorer)

  1. Anda perlu men-download dan meng-install ES File Explorer pada smartphone Android-mu.

  1. Sekarang, Anda ke bagian "Internal Storage," dan klik bagian tersebut.

  1. Cari folder "WhatsApp."

  1. Kemudian, Anda akan melihat folder "Databases" dan "Media," klik pada folder Media.

  1. Sekarang, di folder Media, tekan folder untuk beberapa saat dan akan ada pilihan "Hide." Selanjutnya, Anda tidak akan melihatnya pada galeri Anda lagi.

Jika Anda ingin mengembalikan foto mau pun video di galeri, cobalah ke aplikasi ES File Explorer. Dari bagian kiri, akan ada pilihan "Show Hidden Files." Set menjadi Enable. Restart smartphone Anda, dan Anda akan kembali melihat file yang telah Anda sembunyikan.

Itulah metode-metode untuk menyembunyikan foto dan video dari WhatsApp di galeri Anda. Cara ini tentunya akan membuat Anda menjadi lebih merasakan privacy dan menghindarkan Anda dari kejadian yang memalukan. Anda juga bisa kembali memunculkan foto mau pun video yang Anda sembunyikan dengan mengubah nama folder seperti semula. Selamat mencobanya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top