TIPS

Hemat Energi Baterai HP, Inilah Tipsnya

by Ayu Handayani | 30 Nov 2016
Hemat Energi Baterai HP, Inilah Tipsnya

Memiliki smartphone dengan baterai yang cepat habis memang menyebalkan. Bagaimana tidak? Setelah 2 jam di-charge, ternyata sudah habis dalam jangka waktu 30 menit saja. Padahal, dengan baterai semacam Li-Ion (dan Li-Polymer), smartphone sebenarnya dapat bertahan lebih lama meski pun di-charge sebanyak apa pun dan sesering apa pun.

Tak jarang, kita sering mengalami baterai yang langsung drop hingga 50% lantas tak lama kemudian langsung mendadak kosong (0%). Tentu saja, hal ini susah untuk dihindari dan menjadikan Anda pun tidak bisa bertahan lama demi memakai smartphone sepanjang hari, kecuali jika Anda memiliki baterai cadangan. Di sisi lain, pada beberapa smartphone tertentu, seperti Google Nexus 5, baterainya cepat habis dirasa oleh kebanyakan orang di siang hari dan jadi perlu di-charge ketika malam hari tiba. FYI, rata-rata baterai Li-Ion dapat bertahan sampai 500 ‘cycles’ seumur hidup. Jadi, dengan melakukan metode tadi, baterai Google Nexus 5 yang ditanam itu malah akan cepat rusak dalam 15 bulan. Tapi, jika mengurangi intensitas charging, baterai smartphone Anda malah akan cepat habis.

Di sisi lain, smartphone dengan baterai kapasitas besar (>3000mAh) seperti Samsung Galaxy Note II, dan memiliki aksesori tambahan Qi charger yang dapat melakukan charging secara wireless, juga perlu mendapat perhatian khusus. Meski pun memiliki kapasitas besar, baterai ini malah jarang drop sampai di bawah 50%, namun tak jarang juga bisa mendadak rusak dalam jangka watu 3 hingga 4 tahun, dan jadi tidak bisa kita gunakan kembali, sama sekali.

Pada intinya, semua baterai terutama Li-Ion baterai tidak bisa benar-benar di-charge secara penuh dalam waktu yang lama. Masalah lainnya pada baterai Li-Ion, baterai jenis ini nyatanya mudah panas, sehingga jika Anda sedang berada di suatu tempat dengan suhu yang panas, kondisi ini malah dapat merusak baterai Anda. Berikut adalah cara terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menghemat daya baterai Anda.

  1. Ketika membeli smartphone, sebisa mungkin belilah baterai cadangan juga, dan lebih baik, pilihlah smartphone dengan baterai yang bisa dilepas dan dipasang kembali, bukan yang ditanam dalam smartphone.
  2. Charge baterai Anda sebisa mungkin agar bisa bertahan sepanjang hari.
  3. Hindari kondisi smartphone menjadi panas, yang biasanya terjadi ketika berada di dalam mobil di siang hari. Sebaiknya, Anda harus menaruh smartphone Anda di suatu tempat yang dingin.
  4. Matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan, matikan sinyal 4G Anda di area yang sekiranya tidak bisa mendapatkan sinyal 4G dengan baik. Cara ini dapat membuat daya baterai Anda menjadi lebih tahan lama.

Itulah beberapa cara yang bisa membuat daya baterai Anda menjadi lebih tahan lama. Selamat mencobanya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top