TIPS

Cara Atasi Android Lemot, Performa Kembali Seperti Baru

by Ayu Handayani | 30 Nov 2016
Cara Atasi Android Lemot, Performa Kembali Seperti Baru

Siapa yang tidak kesal ketika performa Android kita menurun, terlebih karena menjadi 'lemot,' sih ? Bagaimana tidak? Membuka aplikasi saja bisa membuat kita membutuhkan banyak waktu lama, terutama ketika di saat-saat genting. Parahnya, fenomena Android lemot bisa terjadi pada smartphone keluaran mana pun. Agar Anda terbebas dari masalah Android yang lemot, simak caranya untuk kembali menaikkan performanya seperti baru.

1. Bersihkan cache Anda (Android 6.0 Marshmallow)

  1. Ke menu Setting
  2. Lalu ke bagian Applications
  3. Klik aplikasi dengan spesifik yang mau Anda bersihkan
  4. Klik Storage
  5. Clear Cache

2. Hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan

Banyak dari kita menginstall berbagai aplikasi yang direkomendasikan oleh teman padahal kita tidak benar-benar membutuhkannya. Kemudian, dibiarkan di situ, padahal kita tidak pernah membukanya. Hal ini membuat aplikasi tersebut memakan space dan terkadang berjalan secara background tanpa kita sadari, yang tentunya akan membuat baterai cepat habis dan menghabiskan RAM, bahkan menghabiskan data kita juga.

Agar Anda terhindar dari masalah ini, segeralah tekan dalam beberapa saat yang lama pada aplikasi yang ingin Anda delete, kemudian tarik ke icon trash. Atau, Anda bisa ke Setting, pilih Applications, dan hapuslah semua aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Jika smartphone Anda memiliki aplikasi bawaan, Anda mungkin tidak bisa menghapusnya secara total, namun Anda dapat memilih disable melalui cara yang sama dengan di atas.

3. Lakukan Factory Reset pada smartphone Anda

Sebelum melakukan reset pada smartphone Anda, sebaiknya lakukan back up dulu pada smartphone Anda. Hal ini memang cukup ribet, namun melakukan factory reset dapat menghapus semua bug yang menyebabkan smartphone Anda lemot.

Sebelum memulainya, lakukan:

  1. Back up Data
    Pastikan semua foto, file mau pun data lainnya sudah di-backup dari smartphone Anda sebelum melakukan reset.
  2. Charge smartphone Anda terlebih dulu
    Menghapus data dapat memakan banyak waktu, pastikan Anda charging smartphone Anda tersebut sampai penuh sebelum memulainya.

Lantas, restart smartphone Anda (Android 6.0, tergantung jenis keluaran Smartphone Anda), dan simaklah cara melakukan Factory Reset dengan baik di bawah ini.

  1. Buka 'Settings'
  2. Di bawah 'Personal," pilih Backup dan Reset.
  3. Pilih Factory data reset > Reset phone atau Reset tablet.
  4. Jika smartphone Anda memiliki kunci berbentuk pattern, PIN, atau password, Anda diharuskan untuk memasukkan kunci tersebut.
  5. Ketika sudah masuk, klik Erase Everything untuk menghapus semua data dari perangkat smartphone Anda.
  6. Jika smartphone Anda sudah selesai menghapus, pilih Reboot device
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top