TIPS

Menjaga Data di Smartphone dari Pihak Tak Diinginkan!

by Eroneko | 08 Dec 2016
Menjaga Data di Smartphone dari Pihak Tak Diinginkan!

Keamanan dan privasi selalu menjadi pembahasan penting pada smartphone. Begitu banyak berita yang memaparkan bahwa betapa rentannya keamanan dan privasi pada smartphone, beberapa bahkan menunjukkan kasus pembobolan keamanan dan privasi pada smartphone. Sayangnya, ketakutan akan rentannya keamanan malah membuat fokus berpindah dari masalah keamanan menjadi brand smartphone mana yang lebih baik.

Karena itu, marilah berhenti sebentar unruk membandingkan dan membahas apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki keamanan dan privasi pada smartphone kita.

Kali ini, JurnalApps akan membahas apa pun yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kemanan. Jadi, kita bisa tetap menjaga informasi pribadi untuk tak terbocorkan ke pihak yang tak diinginkan. Meski pun informasi pribadimu terkesan remeh, namun informasi tersebut bisa disalahgunakan oleh orang lain. Menjaga informasi pribadi itu adalah suatu keharusan, teruslah membaca artikel ini untuk mengetahui bagaimana caranya.

Pasang Lock Screen pada Smartphone-mu

Kami sering mendengar jawaban “Saya tak pernah sembarangan menaruh HP, kok” atau “Aku tak pernah menghilangkan HP” atau “Saya bisa saja menghapus seluruh isi HP dari mana saja,” saat memberikan saran ini. Meski kami berharap agar kalian tak pernah kehilangan atau kemalingan smartphone, tak ada salahnya untuk berjaga-jaga, bukan?

Gunakan password, PIN, atau apa pun untuk menjaga smartphone-mu. Mudah dilakukan dan banyak aplikasi di Google Play yang bisa membantumu untuk memberikan perlindungan ekstra. Meski pun terlihat merepotkan untuk membuka layar dengan memasukkan PIN atau metode security lainnya, namun saat smartphone-mu dicuri atau dibuka oleh pihak yang tidak diinginkan, informasimu bisa lebih terjaga.

Hanya Install Aplikasi yang Dipercayai

Sederhananya, tetapkanlah dirimu untuk hanya men-download aplikasi melalui Google Play Store saja. Kalian memang bisa saja men-download aplikasi dari sumber lain yang kalian percayai, namun cara terbaiknnya adalah hanya melakukan instalasi aplikasi melalui Google Play.

Google memperbolehkan developer dari seluruh dunia untuk mendaftar dan memasang aplikasi mereka pada Google Play. Namun, setiap aplikasi yang masuk ke Google Play dicek dan dijaga agar tidak ada malware atau aplikasi jahat lainnya yang dapat merugikan pemakai Google Play. Karena itu, seluruh aplikasi Google Play dijamin aman untukmu.

Sumber lain untuk mendapatkan aplikasi dan dijamin aman adalah Amazon, website resmi smartphone-mu, dan toko aplikasi online bawaan smartphone-mu. Jangan download aplikasi apa pun jika kalian meragukan bahwa sumber tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Apakah Kalian Membutuhkan “Root”?

Apakah kalian butuh untuk melakukan root pada smartphone-mu?

Kami mengerti jika kalian telah membayar untuk membeli sebuah komputer kecil di genggaman tanganmu itu, dan kalian seharusnya memiliki hak untuk melakukan apa pun pada smartphone-mu. Termasuk melakukan root pada smartphone-mu.

Namun, dengan melakukan root pada smartphone-mu, keamanan dan privasimu malah terancam untuk terbuka pada pihak yang tak diinginkan. Belum lagi, adanya resiko yang membuat smartphone-mu bisa mati total atau tidak bisa digunakan secara normal kembali.

Dengan melakukan root akses pada smartphone-mu, aplikasi yang ingin mengambil data pada smartphone kalian tidak akan ditahan, dan seluruh data pada media penyimpananmu pun bisa diambil dengan mudah. Tentu saja, hal ini bisa diatasi jika kalian berhati-hati dalam menggunakan root akses dan mengerti tentang aplikasi yang kalian gunakan.

Tapi, jika kalian tidak membutuhkan root akses pada smartphone-mu, jauh-jauhlah dari root dan jangan melakukannya. Nantinya, mungkin akan lebih merepotkan untuk mengecek aplikasi yang kalian install untuk menjaga privasi dan keamananmu.

Hanya Membuka Link yang Kalian Percayai

Jika kalian mendapatkan kiriman link. Entah itu datang dari e-mail, SMS, atau chat di Facebook, apalagi dari seseorang yang tidak kalian kenal. Jangan pernah dibuka!

Banyak orang yang mencoba untuk memancing orang lain demi membuka link yang dapat membuat smartphone-mu berhenti beroprasi, atau mengambil data pribadi dalam smartphone-mu untuk kepentingan mereka. Bahkan, smartphone-mu bisa di hack untuk kepentingan pihak yang tidak diinginkan.

Percaya pada Orang yang Membuat Smartphone-mu

Beberapa perusahaan smartphone, seperti Samsung, LG, HTC, dan nama besar lainnya, menginginkan agar kalian tetap aman. Jika konsumen puas dan aman, maka mereka akan kembali lagi untuk membeli produk dari perusahaan yang sama. Karena itu, perusahaan smartphone ini memberikan security updates secara rutin agar pengguna smartphone tersebut tetap aman.

Mendapatkan keamanan di smartphone, berarti kalian bakal menukarnya dengan sedikit kenyamanan. Nah, sekarang apa yang kalian inginkan, data pribadimu tetap aman atau mendapatkan kenyamanan untuk melakukan apa pun pada smartphone-mu dengan resiko kena hack. Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top