TIPS

SD Card Tak Bisa Diformat, Inilah Cara Mudah Mengatasinya!

Eroneko   02 Dec 2016
SD Card Tak Bisa Diformat, Inilah Cara Mudah Mengatasinya!

Terkadang SD card kita mengalami masalah, error, dan tidak bisa diformat. Jangan khawatir, JurnalApps tahu cara mengatasinya! Simak panduan lengkap cara memperbaiki SD Card yang tak bisa diformat di bawah ini!

Melakukan format kepada SD card berarti kalian menghapus seluruh data pada sd card dan mengosongkan isinya. Melakukan format pada SD card dibutuhkan saat si pemilik SD card sudah tidak perlu lagi dengan data pada SD card, atau bisa juga karena alasan lainnya. Karena itulah, pada smartphone, terdapat pilihan untuk melakukan format pada SD card dengan cepat. Namun, terkadang pilihan untuk melakukan format pada SD card tidak bisa dieksekusi dengan lancar pada smartphone kalian, tak peduli berapa kali pun kalian mencoba. Permasalahan format SD card ini umum terjadi, namun jangan khawatir, JurnalApps tahu metode untuk mengatasinya, dan memastikan kalian bisa melakukan format pada SD card kalian.

Apa yang harus dilakukan jika Android gagal melakukan format pada SD card?

Metode yang digunakan untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, dan yang harus kalian lakukan hanyalah mengikuti panduan ini. Maka, kalian akan bisa melakukan format pada SD card kalian.

Langkah-langkah yang harus dilakukan saat Android gagal melakukan format pada SD card:

  • Saat kalian tidak bisa mengeksekusi format pada SD card, bisa jadi karena SD card tersebut terganggu dengan jalannya sistem pada Android. Namun, jika kalian tidak bisa mengakses SD card-mu, maka kalian harus menggunakan perangkat lain, yaitu komputer untuk melakukan format.
  • Sambungkan SD card ke komputer menggunakan card reader atau langsung sambungkan smartphone kalian menggunakan kabel data. Namun, pastikan bahwa SD card kalian muncul di komputer agar bisa memperbaikinya.

  • Setelah sukses menyambungkan SD card kalian ke komputer (yang menggunakan Windows), pergi ke My Computer kemudian cek ikon SD card kalian. Setelah itu, klik kanan pada SD card dan pilih “Format”
  • Kalian akan melihat jendela “Format” dimana terdapat pilihan dan preferensi yang bisa kalian atur di layar. Pilih File System “FAT32” dan kemudian tekan tombol “Format” di bagian bawah windows.

  • Sekarang komputermu akan melakukan format pada SD card, dan biasanya prosesnya cepat. Namun, jika gagal melakukannya, kalian masih bisa menggunakan SD card kalian seperti biasa.

Jika kalian mengalami masalah saat menggunakan SD card-mu di smartphone Android, kalian bisa mencoba menggunakan USB OTG sebagai alternatif tempat penyimpanan. Cari SD card reader dan sambungkan ke OTG smartphone kalian untuk mengecek, apakah masalahnya ada di card slot smartphone kalian atau ada di SD card-nya.

Begitulah cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah format SD card, yang dapat dengan mudah dilakukan asal kalian mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan. Sekarang, coba praktekkan cara di atas dan kabari kami kalau kalian mengalami masalah, ya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top