REVIEW

Gratis, Streaming Musik Legal lewat Aplikasi JOOX

Anna   24 Nov 2016
Gratis, Streaming Musik Legal lewat Aplikasi JOOX

Merasakan dirimu sebagai pecinta musik? Dan, ingin mendengarkan lagu-lagu artis favoritmu kapan saja, di mana saja dengan mudah? JOOX adalah solusinya!

Bagi kalian yang belum mengetahuinya, JOOX adalah aplikasi music streaming legal untuk smartphone dan PC yang dikembangkan oleh Tencent. JOOX sendiri sudah membuka layanannya di Indonesia sejak Oktober 2015 dan mendapatkan hype yang tinggi dari pecinta musik Tanah Air. Penasaran dengan fitur-fitur apa saja yang ditawarkan dan cara menggunakannya? Simak ulasan kami tentang JOOX di bawah ini.

Mainkan Musikmu

Sebelum bisa menikmati fitur yang ditawarkan JOOX, kalian harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran akun baru bisa dilakukan dengan e-mail atau sinkronisasi akun Facebook. Setelah berhasil melakukan login, kalian akan dibawa ke beranda JOOX. Di beranda, terdapat tiga menu yang terdiri dari My Music, Discover, dan Radio. Menu pertama, My Music, memberikan fitur yang mempersilahkan pengguna untuk membuat playlist dan memilih lagu-lagu favoritnya. Selain menawarkan pilihan lagu yang bisa kalian putar secara online, JOOX juga akan menampilkan Imported Songs atau lagu-lagu yang terdapat di perangkatmu.

Kalian bisa mengatur konfigurasi JOOX dengan cara mengetuk opsi “Setting” yang terdapat di beranda. Di menu “Setting” ini, kalian bisa mengatur bahasa, “theme gallery,” dan “timer.” Opsi “timer” ini sangat berguna bagimu yang ingin mendengarkan musik sebagai pengantar tidur.

Sesuaikan Musik dengan Mood-mu via Discover

Menu kedua JOOX adalah menu Discover. Menu ini menawarkan pencarian lagu berdasarkan judul, artis, atau album. Pencarian juga dapat dilakukan berdasarkan kategori genre yang kalian suka. Selain itu, juga ada fitur Editor’s Pick yang berisi lagu-lagu hasil kurasi dari orang-orang industri musik dengan tema yang berbeda. Tema-tema playlist yang ditawarkan pun bisa disesuaikan dengan mood kalian atau berdasarkan momen-momen tertentu, seperti #Wedding, #RomanticDinner, #Travel, atau #PrayForParis. Bagi kalian yang pecinta musik lokal, JOOX menawarkan fitur Local Flavour yang berisi lagu-lagu buatan artis-artis lokal dari segala masa. Dan, untuk yang selalu ingin up-to-date dengan lagu-lagu baru, kalian bisa memantau bagian New Release yang tentunya selalu diisi dengan lagu-lagu rilisan terbaru dari artis-artis seluruh dunia. Lebih serunya lagi, JOOX juga menawarkan fitur Lyrics yang menampilkan lirik lagu untuk menemanimu “ber-karaoke” sembari mendengarkan musik.

Cari Lagu Baru dengan Radio

Untuk kalian yang bingung atau sedang bosan dengan playlist yang ada, tidak ada salahnya untuk menjajal fitur Radio. Jangan salah kaprah dengan “radio” yang kita jumpai sehari-hari, fitur Radio yang ditawarkan JOOX ini merupakan fitur dimana kalian bisa memainkan lagu secara acak. Untuk mempermudah pencarian lagu-lagu baru, Radio JOOX menawarkan beberapa pilihan yang bisa kalian pilih. Mulai dari Genre, Hits, Mood, Activities, Sport hingga Throwback. Kalian hanya perlu memilih mana yang cocok dengan suasana hatimu, dan biarkan musik mengalir.

Berlangganan atau Tidak?

Pertanyaan terakhir yang selalu kita tanyakan tiap kali menjajal aplikasi freemium adalah satu: Perlukah kita mengeluarkan uang untuk berlangganan? Secara pribadi, lebih memilih untuk menggunakan fitur gratis daripada membayar karena penulis sendiri sudah cukup dipuaskan dengan fitur-fitur gratisnya. Namun, bagi kalian yang menginginkan fitur-fitur premium-nya seperti memainkan lagu secara offline, ingin memainkan lagu tanpa batas, tanpa diganggu iklan, dan mengatur kualitas suara, kalian hanya perlu membayar Rp 49.000/bulan.

Buat yang ingin mencicipi layanan VIP dari JOOX, kalian bisa mendapatkannya secara gratis dengan cara membagikan lagu yang sedang kalian dengarkan ke akun media sosialmu. Dengan cara ini, kalian bisa mendapatkan free pass VIP selama satu hari. Bagi yang merupakan pengguna JOOX untuk pertama kalinya, kalian juga berkesempatan mendapatkan akses VIP selama satu bulan pertama.

Kesimpulan

Sebagai aplikasi yang music streaming legal dan bisa digunakan secara gratis, JOOX sangat berguna dan mudah untuk digunakan. Keunggulan utama JOOX terletak di fitur Lyric dan Timer yang tidak dimiliki oleh semua aplikasi music streaming. Perpaduan aplikasi music streaming serta music player, ditambah dengan penawaran satu hari akses VIP hanya dengan membagikan lagu yang sedang didengarkan ke media sosial juga merupakan keunikan JOOX lainnya yang tidak ditawarkan oleh aplikasi music streaming lainnya. Secara keseluruhan, JOOX merupakan aplikasi music streaming yang unik dan merupakan pilihan alternatif yang bagus dalam mendengarkan musik.

Tertarik untuk mencoba JOOX? Kalian bisa mendapatkan aplikasinya secara gratis di Play Store dan App Store. Sudah pernah mencoba aplikasi JOOX? Kalian bisa menuliskan impresi dan pendapatmu tentang aplikasi ini di kolom, ya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top