TIPS

Strategi Gunakan Skype dengan Efektif!

by Eroneko | 05 Dec 2016
Strategi Gunakan Skype dengan Efektif!

Skype adalah salah satu aplikasi video call paling terkenal sejak jaman internet masuk Indonesia. Namun, saat rilis di smartphone, aplikasi yang satu ini juga tak lolos dari hasil video yang pixelated (jelek). Untuk memaksimalkan Skype dan menggunakannya secara efektif, tentunya dengan kualitas video call yang lebih baik, penggunaan baterai yang lebih sedikit, atau untuk memaksimalkan fitur lainnya, JurnalApps mengumpulkan tips dan trik terbaik yang bisa kalian gunakan untuk Skype!

Memperbaiki kualitas video call pada Skype

Koneksi Wi-Fi dengan Skype terkadang tidak klop, koneksi turun, video menjadi kotak-kotak, atau audio terputus-putus. Salah satu cara terbaik untuk menggunakan Skype adalah dengan menggunakan koneksi data smartphone, apalagi jika kalian menggunakan kartu LTE atau 4G, video call yang kalian lakukan bisa menjadi lebih lancar daripada koneksi Wi-Fi.

Namun, kelancaran video call di Skype yang menggunakan koneksi 4G bakal tergantung pada layanan provider kalian. Belum lagi, video call akan menghabiskan banyak kuota internet. Jadi, jika tidak ingin menghabiskan kuota internet 4G kalian dengan cepat, kalian mesti tetap menggunakan Wi-Fi.

Langkah selanjutnya untuk memperbaiki kualitas video call adalah dengan menurunkan resolusi video pada pengaturan. Dengan menurunkan resolusi video pada Skype, video call yang kalian lakukan akan lebih lancar, suara lebih jelas, dan lebih nyaman untuk berkomunikasi.

Cara menurunkan resolusi video pun cukup mudah. Cukup buka aplikasi Skype, bukalah menu dengan ikon berbentuk tiga garis, kemudian pilih “Settings.” Setelah itu, pilih Video Quality dan atur pada posisi Low. Dengan begini, kalian akan menghabiskan kuota internet lebih sedikit, dan video call yang lebih lancar.

INSTALL SKYPE DI SINI

Satu cara lagi, jangan gerak-gerakkan smartphone kalian saat sedang melakukan video call. Walau pun kalian menggunakan koneksi 4G atau menggunakan koneksi Wi-Fi, terkadang saat kalian mengubah posisi smartphone maka sinyal yang diterima akan terganggu dan menyebabkan lag atau kualitas video call pun menurun.

Membatasi pemakaian kuota internet pada Skype

Android memiliki pengaturan “Restrict background data,” yang bisa kalian gunakan untuk menghentikan Skype menyedot kuota internet saat tidak digunakan. Caranya mudah. Cukup pergi ke “Settings,” kemudian bukalah “Apps” dan pilih “Skype.” Setelah itu, bukalah “Data Usage,” kalian bisa menghidupkan fitur “Restrict background data” untuk menghentikan Skype dari status aktif dengan sendirinya. Namun, kelemahannya adalah jika ada panggilan video call masuk, kalian tidak akan mengetahuinya kecuali kalian sudah membuka Skype.

Skype sendiri memiliki pengaturan untuk membatasi penggunaan kuota internet. Cukup rendahkan resolusi video, dan matikan download moji otomatis untuk menghemat kuota internet.

Mengurangi pemakaian baterai pada Skype

Untuk mengurangi penggunaan baterai saat menggunakan Skype, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan. Pertama, gunakanlah voice call daripada video call. Caranya cukup dengan menggunakan tombol berbentuk telepon, dan jangan menggunakan tombol berbentuk kamera.

Kalau kalian terlanjur terhubung via video call, pencetlah tombol kamera berwarna biru untuk mematikan kamera dan mengubah panggilan menjadi voice call.

Cara lain untuk menghemat daya baterai adalah dengan cara menurunkan tingkat keterangan layarmu. Meski pun tidak terasa untuk video call berdurasi pendek, namun keawetan baterai akan sangat terasa untuk panggilan video call selama berjam-jam.

Pastikan Skype kalian dalam kondisi paling update. Dengan begitu, bateraimu akan lebih awet.

Mengirimkan video messages

Cara lain untuk menghemat daya baterai dan kuota adalah dengan mengirimkan video messages. Caranya cukup mudah. Pencet tombol berbentuk plus pada sudut kanan bawah dari Skype dan akan muncul pilihan. Kemudian, pilihlah ikon yang berada di sudut kanan atas, yang berbentuk balon berisi kamera untuk menggunakan video message.

Sekarang, kalian bisa merekam video, memberikan efek, dan mengirimkan video message ke temanmu.

Mengakses emoticon tersembunyi

Jika kalian suka memakai emoticon pada Skype, ada emoticon rahasia yang bisa kalian gunakan. Namun, untuk menggunakan emoticon tersembunyi, kalian harus mengetik kata yang tepat dan memberinya tanda kurung. Beberapa yang bisa kalian coba:

  • Pool party (poolparty)
  • Snail (snail)
  • Good luck (goodluck)
  • Island (island)
  • Umbrella (umbrella)
  • Rainbow (rainbow)
  • Can you talk (canyoutalk)
  • Camera (camera)
  • Plane (plane)
  • Car (car)
  • Computer (computer)
  • Games (games)
  • Hold on (holdon)

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa membuka tautan ini.

Apakah kalian mengetahui tips dan trik lain tentang Skype, atau memiliki pertanyaan tentang trik di atas? Tulis saja di kolom komentar, ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top