REVIEW

Populer di Webtoon LINE, Si Udin Bermain Puzzle 5 Dasar

by cynthcecilia | 14 Nov 2016
Populer di Webtoon LINE, Si Udin Bermain Puzzle 5 Dasar

Karakter bocah plontos yang mengenakan seragam SD ini mungkin sudah tidak asing lagi dilihat apabila Anda merupakan pengguna setia LINE Indonesia. Selama ini, karakter buatan Niksen tersebut memang cukup terkenal pada platform stiker yang terdapat pada aplikasi chatting asal Jepang tersebut. Sejauh ini, stiker Si Udin sudah diunduh sebanyak 120.000 unduhan di LINE Sticker. Namun, tidak hanya itu saja, karakter Si Udin juga popular di Webtoon. Akun komik strip Si Udin telah di-subscribe oleh 628.000 subscriber. Sedangkan, Instagram Si Udin telah diikuti 114.000 followers. Melihat kesuksesan tersebut, Si Udin akhirnya merambah ke dalam bentuk game dengan judul “Si Udin: Puzzle 5 Dasar.”

Game ini merupakan hasil kolaborasi antara tiga entitas yang berbeda, yaitu kreator karakter Si Udin (www.siudin.com), developer game Pictologi (Puzzle House), dan developer game Tebak Gambar (Kardus Imajinasi). Beberapa orang yang terlibat dalam proyek game Si Udin, antara lain Niksen (kreator Si udin), Allen, Lukis Cindera (Graphic Designer & Illustrator), Fendy (Puzzle House), dan Widyatri (Kardus Imajinasi). Hebatnya, masing-masing dari pembuat game ini sedang berada di negara yang berbeda-beda. Saat ini, Niksen sedang bekerja di Malaysia, tim Puzzle House berada di Singapura, dan tim Kardus Imajinasi berada di Jakarta. Namun, mereka tetap bisa produktif menyelesaikan game ini hanya dalam waktu pengerjaan selama tiga bulan saja.

Cara Bermain Game “Si Udin: Puzzle 5 Dasar”

Di dalam game ini, permainan utama yang disajikan ialah menyusun kata dari huruf-huruf yang telah disediakan. Bisa dibilang genre yang digunakan adalah puzzle dan word. Ada ratusan kata yang siap untuk dimainkan. Mulai dari nama gunung di Indonesia, nama stasiun, cabang olahraga, nama pulau, nama buah, nama hewan, nama mall di Pulau Jawa, dan masih banyak lainnya. Pemain dapat memilih kata-kata tantangan sesuai dengan kategori yang memang diinginkan. Permainan ini mirip dengan permainan di tahun ’90-an yang bernama ABC 5 Dasar atau Pancasila 5 Dasar. Sudah pernah mendengar, bukan? Walau mengusung kata puzzle di bagian depan judul, yakni “Puzzle 5,” game ini tidak bisa dibilang murni sebagai permainan puzzle karena di dalamnya tidak ada unsur teka-teki trivia.

Namun, kini Anda bisa bermain ABC 5 Dasar atau Pancasila 5 Dasar dengan cara yang berbeda. Anda cukup memencet tap saja, sehingga kecepatan jari Anda akan diuji dalam game ini. Saat menjalankan game ini, akan muncul kumpulan huruf pada layar yang harus dibentuk sebuah kata. Pemain harus membentuk sebuah kata dari kumpulan huruf tersebut dengan cepat. Tidak ada aturan permainan ABC 5 Dasar yang tradisional mau pun pola khusus yang harus diikuti untuk menyelesaikan game ini. Tugas pemain hanya memastikan tidak ada satu huruf pun yang menyentuh bagian dasar layar.

Si Udin sebagai karakter utama akan bertindak sebagai penyemangat yang muncul pada saat pemain naik level, kalah, atau pada saat melanjutkan permainan. Ada beberapa ikon yang akan Anda temukan pada saat bermain, antara lain ikon power-up, seperti koin, hati, dan bom. Ada 20 pilihan level yang akan ditempuh oleh pemain. Masing-masing level mempunyai variasi kalimat yang berbeda-beda. Ada juga fitur leaderboard yang berguna untuk mengukur skor masing-masing pemain.

Semakin banyak pemain berhasil menyusun kata-kata, maka semakin cepat pula huruf-huruf yang akan bermunculan. Peluang kekalahan tentu akan menjadi lebih besar. Apabila pemain gagal melakukan tap pada salah satu huruf saja, maka permainan akan selesai secara otomatis. Karakter Si Udin akan muncul untuk menyarankan Anda bermain lagi supaya bisa mencapai reward bintang yang telah ditentukan. Apabila Anda setuju dengan saran dari Si Udin, maka pemain akan diajak untuk menyaksikan iklan video secara otomatis. Namun, apabila tidak setuju, pemain akan langsung dibawa menuju ke halaman utama.

Game ini ditargetkan bagi para pelajar dan mahasiswa yang memiliki kegemaran bermain game untuk melatih kecepatan. Selain itu, kata-kata yang muncul juga sangat Indonesia. Diharapkan pengetahuan para pemain mengenai Indonesia bisa semakin bertambah dan terasah.

Fitur-fitur yang Ada di Game “Si Udin: Puzzle 5 Dasar”

Ada beberapa fitur yang disedikan oleh game “Si Udin: Puzzle 5 Dasar,” antara lain:

  • Karakter si Udin, karakter populer yang ada di platform Webtoon dan stiker LINE
  • Ribuan kata ABC 5 Dasar atau Pancasila 5 Dasar
  • High Quality BGM & SFX
  • Leaderboard yang bisa digunakan untuk perbandingan skor dengan pemain lainnya
  • Ukuran size kecil, sehingga bisa hemat kuota
  • Soal-soal ABC 5 Dasar atau Pancasila 5 Dasar terus di-update
  • User Interface yang sederhana dan mudah dipahami

Game ini dibuat dengan harapan dapat menghibur sekaligus menyebarkan virus Udin melalui game mobile yang bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja. Bagaimana? Anda tertantang untuk menguji kecepatan sekaligus ketepatan menyusun huruf menjadi sebuah kata? Kini, Anda bisa mengunduh game ini melalui App Store dan Google Play Store. Bagi Anda yang mengaku sebagai penggemar karakter Si Udin, jangan sampai tidak mencoba game ini, ya.

Rating di Google Play Store

Jika dilihat dari Google Play Store, game “Si Udin: Puzzle 5 Dasar” sejauh ini telah diunduh sebanyak lebih dari 10.000 pengguna. Game ini mendapatkan ulasan dengan rating 4,1. Sebanyak 261 pengguna memberikan rating dan testimoni. Ada sebanyak 158 pengguna yang memberikan rating 5; 38 pengguna memberikan rating 4; 27 pengguna dengan rating 3; 14 pengguna dengan rating 2; dan 24 pengguna dengan rating 1. Ada beberapa pengguna yang memuji game ini karena dapat membantu menghilangkan kebosanan, mengasah otak, dan menambah pengetahuan. Namun, ada juga yang memberikan saran dan kritik untuk game ini, seperti jumlah iklan yang banyak sehingga mengganggu, jangka waktu yang terlalu cepat saat menjawab hingga kesan monoton pada game ini. Ada sebagian pengguna yang mengatakan bahwa game ini mirip dengan game Piano Tiles. Namun, sebagian pengguna tetap mengapresiasi game ini karena merupakan karya asli anak bangsa. Game ini juga tidak kalah dengan game-game lain yang dibuat oleh developer asing.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top