TIPS

Data Terhapus di Android, Inilah Cara Mengembalikannya

by Nilla Essy | 14 Nov 2016
Data Terhapus di Android, Inilah Cara Mengembalikannya

Ada sangatlah banyak aplikasi tersedia di internet, tapi bagaimana memilih yang lebih baik di antaranya? Namun, kali ini, kami akan menjabarkan beberapa aplikasi mobile terbaik pada Android dalam mengembalikan data-data yang telah terhapus. Mari disimak ulasannya.

Terkadang, kita tidak sengaja menghapus beberapa file atau data penting pada perangkat yang kita miliki. Padahal, amat banyak pengguna smartphone yang menyimpan banyak data penting di perangkat Android-nya. Tapi, bagaimana jika Anda juga melakukan kesalahan ini? Jika Anda menggunakan PC, akan sangat mudah untuk mengembalikan data yang tidak sengaja terhapus atau file hilang, yaitu dengan melakukan recover data tersebut pada Recycle Bin. Bahkan, saat tidak sengaja menghapus data penting yang tersimpan pada memori PC, Anda dapat dengan mudah mengembalikan data tersebut dengan berbagai macam hard drive recovery tool.

Sesungguhnya, Anda pun dapat mengembalikan file yang hilang karena tidak sengaja terhapus pada perangkat Android dengan semacam recovery tool. Ada banyak sekali cara dan aplikasi yang dapat kita pilih dan gunakan di internet, namun bagaimana memilih yang terbaik di antaranya? Jadi, berikut ini akan kita bahas mengenai aplikasi-aplikasi terbaik apa saja yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang hilang pada perangkat Android.

Cara Mengembalikan Data yang Telah Terhapus pada Android

#1 Dumpster

Aplikasi Dumpster ini bekerja dengan cara yang sama persis dengan Recycle Bin pada PC Anda. Ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mengembalikan file yang hilang karena tidak sengaja terhapus pada perangkat Android. Aplikasi ini dapat mengembalikan seluruh data yang telah terhapus. Sangat mudah menggunakannya karena aplikasi ini sangat user-friendly. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimilikinya:

  • Aplikasi ini dapat mengembalikan foto, file lagu, video, dan banyak sekali tipe file (beberapa di antaranya, yaitu dengan format pdf, mp3, doc, avi, mp4, jpg, png, rar, ogg, txt, dan masih banyak lagi).
  • Tidak perlu melakukan rooting pada sistem Android Anda. Namun, jika Anda melakukannya, hal tersebut akan semakin meningkatkan kinerja aplikasi ini.
  • Tidak dibutuhkan koneksi internet saat menggunakannya.
  • Fitur baru: aplikasi ini dapat mengembalikan aplikasi yang tidak sengaja ter-uninstall.
  • Anda dapat mengembalikan data backup pada Dumpster dengan satu langkah saja.
  • Aplikasi ini dapat menampilkan data-data yang telah terhapus sebelum data tersebut di-recovery.
  • Dapat mengirim data ke aplikasi Dumpster dengan menggunakan fitur "Share" atau "Share to" dari berbagai macam file manager atau aplikasi galeri.
  • Dapat membuat jadwal untuk melakukan pembersihan data-data lama yang sudah terhapus secara otomatis.
  • Melindungi privacy Anda dengan lock screen khusus dan pembatasan akses.

Catatan: Aplikasi ini mampu mengembalikan data yang telah terhapus hanya jika aplikasi ini sudah ter-install sebelum Anda menghapus data tersebut.

#2 ES File Explorer

Aplikasi ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengembalikan file hilang karena telah terhapus pada perangkat Android. Aplikasi file manager ini memiliki sangat banyak fitur, termasuk fitur Recycle Bin. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk difungsikan sebagai file manager pada perangkat Android Anda.

Anda dapat dengan mudah menemukan opsi Recycle Bin hanya dengan membuka bagian menunya. Anda harus mengaktifkannya dengan membuatnya mengubah pengaturan menjadi ON untuk menggunakan opsi Recycle Bin.

#3 Mengembalikan data pada perangkat android dengan menggunakan PC

Terkadang, Anda tidak sengaja memformat SD Card pada perangkat Android Anda. Atau terkadang, SD Card Anda corrupt secara tiba-tiba. Aplikasi ini mampu mengembalikan data berupa foto dan video pada perangkat Android serta nomor kontak dan SMS pada SIM Card.

#4 Android Backup

Karena begitu banyaknya penyebab kerentanan keamanan, adalah hal yang sangat berguna jika Anda mengamankan data pada perangkat Android yang bahkan dapat rusak atau corrupt hanya gara-gara serangan virus dengan menggunakan aplikasi Android Backup ini. Aplikasi ini juga dapat membantu jika Anda tidak sengaja menghapus data sehingga file hilang pada perangkat Android Anda.

Itulah yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi-aplikasi yang dapat membantu mengembalikan file hilang yang tidak sengaja terhapus pada perangkat Android Anda dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top