REVIEW

4 Aplikasi Mobile Kekinian dari 4 Online Marketplace Terbesar Tanah Air

by Nilla Essy | 10 Nov 2016
4 Aplikasi Mobile Kekinian dari 4 Online Marketplace Terbesar Tanah Air

Di jaman digital seperti sekarang ini, ada sangat banyak inovasi yang hadir dan telah mengubah bagaimana cara manusia hidup setiap harinya. Mulai dari cara kita mengobrol dengan orang lain, mencari berita atau informasi hingga berbelanja kebutuhan harian. Kini, perkembangan online marketplace di Indonesia pun kian pesat seiring dengan semakin mudahnya penggunaan teknologi yang menguntungkan produsen mau pun konsumen. Tidak hanya dapat diakses pada web browser di desktop PC, semua online marketplace kini berlomba-lomba untuk memanjakan penggunanya dengan makin memudahkan transaksi melalui mobile apps.

Sebagai bahan pertimbangan Anda, berikut adalah perbandingan mobile apps dari beberapa online marketplace terbesar yang ada di Indonesia.

1. Sale Stock

Cara Registrasi
Anda dapat mengisi data pada halaman registrasi. Hingga saat ini, registrasi belum bisa dilakukan dengan akun social media seperti online marketplace lainnya. Tapi, jika Anda sudah memasukkan barang ke dalam keranjang belanja tanpa melakukan registrasi terlebih dahulu, Anda barulah dapat melakukan registrasi dengan akun Facebook atau Google saat hendak memproses transaksi tersebut.

Katalog Produk
Kategori produk tampil dengan banyak pilihan menu berupa icon dan dapat dipilih berdasarkan filter tertentu. Pada informasi produk di bagian depan, terdapat informasi berupa foto produk, nama produk, ukuran produk (jika ada), dan harga serta berapa banyak produk tersebut disukai atau di-Like. Sedangkan pada rincian produk, terdapat informasi yang tidak begitu banyak. Hanya ada rincian mengenai produknya saja, seperti warna dan bahan.

Metode Pembayaran
Metode pembayaran dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: Bayar di tempat (COD), Bank Transfer, Bayar via BCA Virtual Account, atau Kartu Kredit.

Jenis Pengiriman
Tidak ada opsi jenis pengiriman yang bisa dipilih karena ongkos kirim gratis, sehingga jenis pengiriman tidak ditentukan oleh pembeli.

Kelebihan dan Kekurangan Utama
+ Bisa dibilang aplikasi Sale Stock merupakan aplikasi online marketplace yang paling “hidup” dibanding yang lain. Pada aplikasi ini, terdapat menu Blog dan Rumpi yang semakin memperkaya konten dan semakin menambah kesan “hidup” sehingga aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai marketplace saja.
+ Terdapat menu OOTD (Outfit Of The Day) yang dapat membuat para konsumennya “eksis” karena bisa tampil pada halaman Sale Stock dengan mengenakan outfit yang telah mereka beli.
- Tidak terdapat kolom ulasan barang dan fitur tanya jawab seputar produk yang ingin dibeli pada halaman masing-masing produk seperti di aplikasi marketplace lainnya.

INSTALL SALE STOCK DI SINI

2. Lazada

Cara Registrasi
Anda dapat mengisi halaman registrasi, atau hanya dengan menguhubungkan aplikasi ini dengan akun Facebook atau Google.

Katalog Produk
Katalog produk ditampilkan dalam bentuk tab menu, bukan icon dengan ilustrasi tertentu. Pada informasi produk di bagian depan, terdapat informasi berupa foto produk, nama produk, harga, dan rating dari produk tersebut. Sedangkan pada rincian produk, terdapat informasi tambahan berupa informasi seller, rincian produk serta rating dan ulasan.

Metode Pembayaran
Metode pembayaran dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: Bayar di tempat (COD), Bank Transfer, HelloPay, Kartu Kredit, dan cicilan.

Jenis Pengiriman
Untuk saat ini, tidak ada pilihan jenis pengiriman yang bisa dipilih karena ongkos kirim gratis ke lebih dari 30 wilayah, sehingga jenis pengiriman tidak ditentukan oleh pembeli.

Kelebihan dan Kekurangan Utama
+ Berani memberikan perlindungan pembeli secara 100%.
+ Tampilan interface-nya sangat menarik dan user friendly.
- Tidak terdapat informasi di mana lokasi seller. Informasi seller hanya berisi nama dan rating-nya saja serta produk-produk lain yang dijual.

INSTALL LAZADA - SHOPPING & DEALS DI SINI

3. Tokopedia

Cara Registrasi
Anda dapat mengisi halaman registrasi, atau hanya dengan menguhubungkan aplikasi ini dengan akun Facebook, Google+, atau Yahoo.

Katalog Produk
Kategori produk yang tampil pada menu Beranda dibuat dengan sangat cantik melalui ilustrasi icon dari masing-masing kategori produk. Pada informasi produk di bagian depan, terdapat informasi berupa foto produk, nama produk, harga, dan nama serta lokasi seller atau toko. Sedangkan pada rincian produk, terdapat informasi tambahan berupa kualitas, akurasi, total diskusi dan mengenai produk, rincian serta deskripsi produk, dan reputasi seller.

Metode Pembayaran
Metode pembayaran dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: Bank Transfer, Virtual Account, KlikBCA, BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, Mandiri e-cash, BRI e-Pay, Kartu Kredit/Debit, Cicilan Kartu Kredit, Indomaret, 7-Eleven, Kantor Pos, dan Alfamart/Alfamidi/Lawson.

Jenis Pengiriman
Tokopedia menggunakan beberapa ekspedisi, yaitu: JNE, TIKI, RPX, Wahana, Pos Indonesia, Pandu, First, GoJek, SiCepat, dan Ninja Xpress.

Kelebihan dan Kekurangan Utama
+ Bisa dibilang, aplikasi Tokopedia merupakan aplikasi online marketplace yang paling lengkap, karena Anda seolah dapat membeli segalanya dengan aplikasi ini, seperti membayar tagihan listrik, membeli pulsa handphone hingga membayar PDAM.
+ Berbeda dengan aplikasi sejenis, mobile apps Tokopedia ini tidak hanya diperuntukkan bagi pembeli, namun juga dapat digunakan oleh Seller atau Toko yang ingin menjual produknya.
- Jika ingin memilih jenis pengiriman dengan GoJek, aplikasi ini sedikit sulit mendeteksi lokasi di mana Anda berada sehingga membutuhkan waktu sendiri untuk menentukan lokasinya.
- Mungkin akan lebih baik jika ingin membeli barang yang sama dalam jumlah banyak, aplikasi ini memungkinkan pembeli mendapat harga khusus.

INSTALL TOKOPEDIA DI SINI

4. Elevenia

Cara Registrasi
Anda dapat mengisi halaman registrasi, atau hanya dengan menguhubungkan aplikasi ini dengan akun Facebook atau Line.

Katalog Produk
Katalog produk tampil sangat menarik dengan beberapa menu: Category, Deals, Top 100, dan Promo. Hal ini akan memudahkan penggunanya untuk mencari produk berdasarkan promo tertentu. Pada informasi produk di bagian depan, terdapat informasi berupa foto produk, nama produk, dan harga. Sedangkan pada rincian produk, terdapat informasi tambahan berupa tingkat kepuasan, ulasan, Q&A, jenis dan biaya pengiriman, rincian produk serta informasi seller.

Metode Pembayaran
Metode pembayaran dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: Bank Transfer, ATM, Kartu Kredit, Internet Banking, e-Money, Indomaret/PosPay.

Jenis Pengiriman
Untuk jenis pengiriman, hanya terdapat pilihan Reguler dan Express Delivery.

Kelebihan dan Kekurangan Utama
+Jika Anda menggunakan paket data XL, maka Anda akan mendapat bonus kuota sebesar 10MB saat pertama kali mengakses aplikasi ini.
+ Aplikasi Elevenia menampilkan sangat banyak jenis voucher diskon yang dapat Anda pilih saat berbelanja, yang mana sebagian besar hanya bisa didapatkan jika bertransaksi dengan menggunakan mobile apps Elevenia.
+ Jika ingin membuat ulasan dari suatu produk yang telah dibeli, Anda dapat menyertakan lampiran foto pada kolom ulasan Anda.
- Sama seperti aplikasi Lazada, tidak terdapat informasi mengenai lokasi seller atau toko pada halaman depan katalog produk.
- Versi terbaru dari aplikasi ini cukup sering crash.

INSTALL ELEVENIA – JUAL BELI ONLINE DI SINI

Demikianlah perbandingan mobile apps untuk beberapa online marketplace besar di Indonesia yang mungkin dapat Anda pilih. Semoga bisa menjadi gambaran bagi Anda yang ingin berbelanja secara online dengan menggunakan mobile apps. Dan, patut diperhatikan pula, tiga di antara nama-nama di atas itu, yaitu Sale Stock, Lazada, dan Elevenia, bakal berpartisipasi secara aktif untuk esok hari, tanggal 11 November 2016, yang menjadi saat untuk berlangsungnya Hari Belanja Online Nasional (yang juga dikenal sebagai Harlbolnas) di tahun ini. Persiapkanlah diri Anda untuk diskon-diskon yang segera mulai diberlakukan pada jam 00.00 nanti.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top