TIPS

Harus Dicoba, Permainan Seru dengan Bot di Telegram!

by Dikdok | 17 Nov 2016
Harus Dicoba, Permainan Seru dengan Bot di Telegram!

Teman-teman tentunya pernah mendengar atau pun memakai aplikasi Telegram, bukan? Ya, Telegram merupakan aplikasi chat instant messenger berbasis cloud yang telah dirilis sejak Agustus 2013.

Memasuki awal tahun 2016, Telegram sendiri kian serius untuk memperbaiki layanan chatting miliknya itu. Alhasil, Telegram telah berhasil menyediakan berbagai fitur-fitur menarik, yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang paling diminati dari aplikasi Telegram adalah fitur Bot.

Bot sendiri merupakan software yang secara otomatis akan merespon setiap pesan atau pun perintah yang kalian berikan. Ada banyak Bot yang tersedia di Telegram ini. Contohnya saja, beberapa Bot Telegram yang terkenal seperti @jaconda dan @bangjonibot bisa bertindak sebagai asisten pribadimu. Beberapa Bot lainnya yang bisa dicoba-coba di Telegram adalah @youtube, @foursquare, @sticker, dan @music. Sejak fitur Bot ini diperkenalkan, banyak bermunculan game-game seru yang bisa dimainkan langsung dari chat Telegram dengan ringan. Semuanya gratis, tanpa iklan.

Dalam artikel kali ini, mari kita bahas beberapa Bot permainan yang bisa dimainkan untuk menghabiskan waktu senggangmu.

1. Werewolf Game

Jenis: Party Game, Roleplay
Penggunaan: Grup
Pemain: Minimal 5 orang, maksimal 35 orang

Merupakan salah satu Bot permainan yang paling populer yang ada pada aplikasi Telegram. Untuk memainkan Bot ini, kalian harus mengundang Bot @werewolfbot ke dalam grup. Kemudian, masing-masing pemain mengirim chat pribadi ke Bot dengan mengetik perintah “/start.” Setelah itu, ketik “/startgame” di dalam grup. Kemudian, pemain lainnya mengetik “/join,” Kalau tidak punya teman satu grup, bisa bergabung ke grup global permainan ini di http://werewolf.parawuff.com (silahkan pilih, ingin grup Bahasa Indonesia atau Inggris). Peraturan dan cara bermain juga ada di link tersebut.

2. Famili 100

Jenis: Game
Penggunaan: Grup
Pemain: Minimal 3 orang, selebihnya boleh ikut bermain tanpa join.

Pastinya, kalian pernah melihat acara Famili 100 di TV, bukan? Dalam acara tersebut, 2 keluarga berusaha untuk menebak jawaban yang terbanyak berdasarkan hasil survei kepada 100 orang. Bot ini memainkan permainan yang sama seperti pada acara tersebut. Tapi, pada Bot di Telegram ini, kalian hanya membutuhkan 3 pemain untuk bisa bermain Bot Famili 100. Pemain yang berhasil menebak jawaban teratas akan mendapat poin tertinggi. Untuk memainkannya di Telegram, cukup undang @fam100bot ke dalam grup, kemudian ketik “/start” dan pemain yang ingin ikut bermain dapat mengetik “/join.”

3. Tic-tac-toe

Jenis: Strategi
Penggunaan: Berdua (tanpa grup), dengan pemain acak atau teman.
Pemain: 2 orang.

Permainan sederhana yang sangat menarik untuk dimainkan ini juga bisa kita mainkan pada Bot permainan di Telegram. Jika ingin memainkan ini, kalian hanya perlu klik @oxbot, kemudian pilih ingin bermain dengan teman atau pemain lain secara acak.

4. UNO Card Game

Jenis: Permainan Kartu
Penggunaan: Grup
Pemain: Minimal 2 orang

Tentunya, kalian pasti kenal dengan permainan UNO, bukan? Kalau sudah kenal dengan permainan ini, kalian pasti tahu cara bermain permainan ini. Ya, pemain yang pertama kali berhasil menghabiskan kartunya akan menjadi pemenang. Caranya adalah dengan membuang kartu dengan angka atau warna yang sama. Untuk memainkan game ini di Telegram, kalian bisa mengundang @mau_mau_bot ke dalam grup yang berisi minimal 2 orang. Kemudian, lanjutkan dengan mengetik “/start” untuk memulai permainan. Pemain berikutnya bisa mengetik “/join” untuk bergabung dalam permainan.

5. Mafia Gangs Game

Jenis: Role Playing Game
Penggunaan: Sendiri
Pemain: Sendiri, namun dapat melawan geng pemain lainnya

Dalam permainan di Bot ini, kalian akan membentuk sebuah geng. Kemudian, membeli senjata, menguasai lahan bisnis, dan bertarung dengan geng lain untuk menjadi geng terkuat. Apabila tertarik ingin mencoba, dapatkan bonus 5000 cash untuk gengmu dengan klik @mafiagangsbot?start=I6B94BE8C91D1F64 kemudian ketik “/start.”

6. Andy English Robot

Jenis: Utility, Edukasi dan game
Penggunaan: Sendiri
Pemain: Sendiri

Dengan menggunakan Bot ini, kalian dapat dapat melatih keterampilan berbahasa Inggris dengan mendapatkan pemahaman mengenai grammar, atau pengetahuan lainnya. Cukup menarik, bukan? Untuk memulainya, klik @AndyRobot, dan mulailah berbincang dengannya.

7. Vote Bot

Jenis: Utility

Jika ingin merencanakan acara di grup tapi kesulitan untuk menentukan kepastian dari acara, kalian dapat menggunakan bot @vote untuk membuat polling yang bisa kalian bagikan pada teman-teman. Cukup membantu, bukan?

Sebenarnya, mungkin masih banyak lagi bot lainnya yang dapat digunakan dalam aplikasi Telegram. Apakah kalian punya bot favorit sendiri? Silakan isi di kolom komentar ya!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top