REVIEW

Hobi Jajan dan Nongkrong di Mal, Bikin Asyik Lagi dengan Pomona

Anduril   12 Nov 2016
Hobi Jajan dan Nongkrong di Mal, Bikin Asyik Lagi dengan Pomona

Jika bertinggal atau kerap menyambangi ibukota Tanah Air tercinta, kalian pastinya mengetahui bahwa Jakarta adalah sebuah kota yang penuh dengan pusat perbelanjaan. Dan, jika ternyata kalian memang amatlah doyan untuk berbelanja, alias shopaholic, maka kalian mesti melirik sebuah aplikasi mobile baru yang bernama Pomona.

Mengapa begitu? Karena Pomono dihadirkan sebagai sebuah hyperlocal shopping companion, yang keberadaannya bertujuan untuk membuat pengalaman belanjamu jadi lebih interaktif, dan yang pasti, bakal makin lebih menguntungkan. Banyak berbelanja tapi tetap menguntungkan? Why not? Mari kita telusuri lebih lanjut di bawah ini.

Terlepas dari cap gaya hidup hedonis, Jakarta merupakan surga belanja yang menyediakan berbagai merek dan tenant dari A sampai Z. Terkadang, ada merek atau tenant unik yang tidak diketahui oleh orang banyak dan Pomona memiliki database merek dan tenant yang sangat luas hingga menjangkau tipe merek dan tenant yang unik.

Saat pertama kali menggunakan Pomona, kalian akan diminta membuat ID dan menentukan hadiah apa yang diinginkan.

Hadiah-hadiah yang disediakan beragam. Dari aksesoris hingga gadget terkini, yang salah satunya adalah iPhone SE. Tentunya, nilai hadiah ini akan berbanding lurus dengan jumlah poin yang harus dikumpulkan. Meski begitu, pengguna tetap dibebaskan untuk menentukan target hadiah yang dinginkan.

Hadir dengan UI yang smooth and sleek, Pomona menghadirkan tampilan menu yang mudah untuk dimengerti dan straight forward. Tidak ada penjelasan bertele-tele yang menyebalkan, hanya ada empat menu utama dan satu center button dengan fungsi yang bisa ditebak dari judulnya.

Pada dasarnya, Pomona merupakan aplikasi di kategori O2O (Online to Offline). Ibarat kata, aplikasi ini seperti permainan berbasis lokasi layaknya Pokemon Go, yang sempat heboh beberapa waktu lalu.

Dengan menggunakan GPS, Pomona akan menunjukkan mall terdekat yang memiliki merek atau tenant dengan promo tertentu. Bila kalian beruntung, selain memiliki promo, tenant tersebut akan menyediakan sebuah interaksi lain berupa check point dengan QR Code yang bisa dipindai. Setelah memindai QR Code yang disediakan oleh tenant, kalian akan mendapatkan Pomona poin.

Selain fungsi utamanya sebagai ritel luring, atau Pokemon Go-nya para penghobi belanja, Pomona nyatanya juga menyediakan sebuah guide yang isinya adalah artikel-artikel feature yang biasa disediakan oleh startup foodie atau fashionista dengan nama Pomona Guide.

Menurut kami, Pomona adalah sebuah aplikasi yang hadir sebagai alternatif pengganti iklan konvensional yang efektifitasnya bisa diperhitungkan dan scalable.

Mengapa kami bisa sampai mengambil kesimpulan seperti ini? Karena, iklan-iklan konvensional sejatinya hanya memiliki hit through 0,5 hingga 3 persen saja. Sementara, Pomona bisa mendeteksi keberadaan penggunanya dan menuntunnya secara langsung ke merek atau tenant yang sedang menggelar promosi atau telah bekerjasama dengan Pomona.

Tentunya, semuanya bakal berujung pada peningkatan penjualan pada merek dan tenant di area tersebut.

FYI, sudah ada sekitar 200 toko dan restoran di pusat-pusat perbelanjaan Jakarta yang saat ini sudah bekerjasama dengan Pomona. Jumlah pengguna Pomona diklaim telah mencapai 25 ribu, baik di platform Android mau pun di iOS.

Dengan berbagai fitur dan penawaran yang diberikan oleh Pomona, kami sangat tertarik untuk menggunakan aplikasi ini ketika berjalan-jalan di mal. Sayangnya, Pomona baru menjadikan wilayan Jabodetabek sebagai fokus pengembangan utamanya, dan hanya menyertakan mal-mal besar dengan kelas ekonomi tertentu.

Jadi, kami terpaksa bakal kembali ke cara tradisional saat berjalan-jalan di mal-mal yang berada di luar Jabodetabek. Well, pada akhirnya, kami harus cukup bersabar demi menanti perluasan layanan yang bakal dilakukan Pomona ke depannya. Meski begitu, dapat dipastikan bahwa aplikasi ini merupakan sebuah break through yang patut untuk diperhitungkan dan digunakan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top