REVIEW

Pakai Evie Launcher, Lebih Cerdas Gunakan Smartphone Android

by Eroneko | 12 Nov 2016
Pakai Evie Launcher, Lebih Cerdas Gunakan Smartphone Android

Yang paling membedakan smartphone Android dengan smartphone lainnya adalah kebebasan untuk mengatur tampilan, program, bahkan hampir apa pun di dalamnya bisa diubah tergantung selera. Cara paling mudah untuk mengubah dan mengatur tampilan adalah dengan menggunakan launcher. Hanya dengan beberapa langkah saja, gadget Android milikmu bisa terasa berbeda dari segi tampilan dan pemakaian. Begitu banyak pilihan launcher di Google Play Store, namun muncullah pilihan launcher terbaru bernama “Evie Launcher” yang mungkin bisa menjadi pilihanmu.

Apakah yang membedakan Evie Launcher dengan launcher lainnya? Sekilas, Evie Launcher mirip seperti launcher standar pada umumnya. Namun, yang membedakannya adalah kemampuan universal search. Hanya dengan menggesek layar ke bawah, Evie Launcher akan memberikan pilihan untuk menggunakan smartphone-mu dengan efektif.

Lalu, bagaimanakah universal search bekerja, dan apakah gunanya untuk pemakaian kita sehari-hari? Penulis telah mencoba Evie Launcher, dan lumayan kecanduan dengan kemudahan pemakaiannya. Cukup gesek ke bawah, dan kalian bisa mencari file, program, contact number, bahkan melakukan pencarian di internet hanya dengan mengetik di search bar. Misalnya yang kalian cari adalah aplikasi yang belum terpasang sekali pun, universal search akan memberikan pilihan untuk melakukan instalasi atas aplikasi tersebut secara langsung dari Google Play Store atau tidak.

Dari segi penampilan, Evie Launcher mirip dengan launcher standar, tapi ditambahkan dengan beberapa perubahan. Yang pertama adalah app drawer yang dihilangkan, tapi kalian bisa mengaksesnya dengan menggeser dari kiri ke kanan. Kemudian, kalian bisa menggeser dari kanan ke kiri untuk mengakses Setting. Buat yang terbiasa menggunakan Google Now, Evie Launcher terintegrasi dengan Google Now dan bisa diakses dengan menggesek ke arah atas. Kalian pun bisa langsung mengucapkan “OK Google” setelah swipe ke atas untuk menggunakan fitur Google Now paling canggih, Google Assistant dengan suara. Mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian, tapi saat kalian sudah terbiasa maka penempatan app drawer ini sangatlah efektif dan lebih cepat digunakan daripada memencet tombol app drawer.

Evie Launcher mengandalkan kesederhanaan dan fitur yang efisien. Tidak terlalu banyak pilihan dan fitur yang ribet dan perlu untuk diatur, kalian bisa langsung menggunakan launcher yang efektif dan nyaman dipakai ini. Meski begitu, kalian masih bisa mengatur beberapa hal, seperti mengganti icon atau mengatur layout homescreen di gadget-mu.

Awalnya, Evie Launcher hanya memberikan satu homescreen dan satu halaman lagi untuk shortcut dan widget. Layar yang terbatas ini memaksa pemakai untuk lebih efisien dalam menggunakan ruang yang tersedia. Sekilas, tampilan yang efisien dan sederhana ini mirip seperti iOS, tanpa app drawer dan dengan app serat widget yang ditampilkan pada dua homescreen saja.

Kalian juga bisa menambahkan shortcut untuk hasil searching-mu di universal search. Dengan begitu, kalian tidak perlu ribet lagi dalam menggunakan universal search untuk menggunakan aplikasi atau perintah lainnya.

Kelemahan Evie Launcher adalah terbatasnya fitur untuk mengubah penampilan. Beberapa batasan Evie Launcher antara lain bakal membuat kalian tidak bisa mengubah ukuran icon, tidak bisa menggunakan live wallpaper, dan tidak bisa mematikan icon label. Yang bisa dilakukan hanyalah sekedar mengubah wallpaper dan icon pack. Itu saja. Jika kalian adalah orang yang tak terlalu peduli dengan hal tersebut dan mengutamakan optimisasi serta efisiensi penggunaan smartphone, maka Evie Launcher dibuat khusus untukmu. Tidak ribet tanpa fitur-fitur tak berguna, dan penggunaan yang smart.

Kesimpulan

Dengan fitur yang sedikit namun efisien dan tepat guna, Evie Launcer menjadi salah satu launcher terbaik yang mengutamakan penggunaan yang smart dan cepat. Dengan fitur dan penggunaan yang minimal, maka beban pada prosesor smartphone dan RAM pun menjadi sedikit. Smartphone-mu pun dimaksimalkan penggunaannya dan menjadi lebih cepat dibanding dengan launcher standar atau bawaan yang dipakai sebelumnya.

Berbekal desain yang indah dan animasi yang elegan tanpa mengurangi performa smartphone-mu, Evie Launcher merupakan launcher terbaik menurut penulis untukmu yang menyukai efisiensi dan kinerja tanpa ribet. Evie Launcher sudah tersedia di Google Play Store dan bisa di-download secara gratis. Jadi, segera cobalah launcher yang satu ini dan maksimalkan kinerja smartphone-mu.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top