istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
TIPS TRIK

Uniknya 6 Ide Marketing dengan QR Code Ini

Dikdok   11 Nov 2016
Uniknya 6 Ide Marketing dengan QR Code Ini

Di era ponsel canggih seperti sekarang ini, QR code adalah suatu sarana yang menghubungkan antara dunia offline dan online. Dengan adanya QR code, para pelaku bisnis dapat dengan mudah mengarahkan calon pengguna baru dan pelanggan setia ke toko online, akun media sosial, atau halaman promo milik mereka. Tetapi, masih juga banyak orang yang kurang mengerti dan memanfaatkan fungsi QR code dengan maksimal. Oleh karena itu, marilah kita sekarang membahas beberapa ide strategi pemasaran unik di Asia, yang menggunakan QR code dalam penggunaan sehari-hari.

Berikut adalah enam contoh ide pemasaran unik dengan memanfaatkan QR code:

1. Add Me!

Salah satu layanan chatting bernama WeChat telah memanfaatkan penggunaan QR code sebagai hal yang umum di China. Aplikasi WeChat memanfaatkan QR code yang telah ada sejak era '90-an ini untuk memudahkan para penggunanya dalam berbagi ID WeChat mereka karena bagi pengguna sebelumnya telah terbiasa dan lebih mudah untuk menambahkan satu sama lain di WeChat melalui nomor handphone. Pada akhirnya, QR code banyak digunakan oleh sebuah brand untuk menarik orang demi mengikuti akun resmi WeChat milik mereka.

Sebagai hasil dari semua itu, kita sekarang banyak melihat QR code di berbagai bidang usaha. Dari meja kasir, jendela toko hingga di sudut layar TV. Kita juga bisa menemui fitur ini di beberapa aplikasi media sosial lainnya.

2. Mencetak Foto Selfie

Cara ini telah diterapkan oleh beberapa toko untuk menarik pembeli sekaligus memasarkan diri mereka dengan sangat baik. Mereka melakukan ini dengan printer selfie khusus yang terhubung dengan beberapa aplikasi di smartphone.

Bila berada di sebuah toko yang mempunyai printer ini, kalian bisa mencetak fotomu yang berada di smartphone dengan memindai QR code pada layar printer terlebih dahulu. Biasanya, setiap toko akan memberikan foto selfie tersebut secara gratis sebagai bagian dari promo.

3. Memesan Bir di Bar

Sebuah bar di Jepang bernama Glass Dance, yang terletak di distrik Roppongi (Tokyo) menarik banyak pelanggan dengan sistem pemesanan yang unik dengan julukan 'QR Bar.'

Walau pun kalian bisa memesan dengan cara yang biasa, yakni dengan memesan langsung melalui karyawan bar, memesan via smartphone dengan menggunakan QR code ini memberi keunikan tersendiri yang tidak bisa dinikmati di tempat lain. Nah, sebelum menggunakan pelayanan ini, kalian harus men-download aplikasi ePayment bernama Znap terlebih dahulu, yang berfungsi sebagai aplikasi untuk menangani pembayaran non tunai.

4. Menarik Fans Facebook untuk Membeli di Toko Anda

Salah satu pusat perbelanjaan di Singapura pernah mempekerjakan empat maskot QR seukuran manusia dalam kostum yang dihiasi dengan QR code yang sangat besar. Maskot ini difungsikan dalam upaya menarik pembeli untuk mengeluarkan handphone mereka dan memindai QR code.

Hasil dari pindaian QR code ini akan diarahkan menuju halaman promo di pusat perbelanjaan tersebut. Agen pemasaran di balik promo itu mengatakan bahwa terdapat 8.618 orang yang meng-scan QR code dan terarah ke halaman promo. Terbukti bahwa promo tersebut telah menjadi cara yang efektif untuk digunakan sebagai strategi pemasaran, bukan?

5. Mengirim Angpao

Salah satu ide strategi penggunaan QR code yang paling memuaskan sejauh ini adalah untuk mendapatkan sesuatu dengan cuma-cuma, contohnya seperti uang gratis. Itulah yang dilakukan oleh Alibaba selama Tahun Baru China. Dengan strategi itu, pengguna Alipay dimungkinkan untuk membuat QR code demi dibagikan di media sosial yang mendorong keluarga atau teman-teman untuk mengirimkan uang kepada para penggunanya. Setelah uang dikirim ke pengguna Alipay, uang tersebut bisa disimpan dalam aplikasi wallet atau dihabiskan di berbagai website e-commerce pada sejumlah besar toko-toko pendukung.

6. QR Code Fashion

QR code sendiri sebenarnya tidak begitu menarik untuk dilihat oleh mata, tapi tidak mengartikan bahwa kode-kode tersebut tidak dapat dipercantik dan dihubungkan dengan pakaian. Mahasiswa di sekolah fashion Esmod di Beijing menjawab tantangan tersebut pada tahun 2012 dengan membuat pakaian hi-tech.

Itulah beberapa ide strategi pemasaran unik dengan memanfaatkan media QR Code. Semoga bisa menambah wawasanmu dalam membangun usaha, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top