REVIEW

Dari Kreator Camera360, April Jadikan Kolase Foto Lebih Manis

by Cle | 09 Nov 2016
Dari Kreator Camera360, April Jadikan Kolase Foto Lebih Manis

Apa jadinya jika Anda mempunyai banyak foto atau gambar untuk dimuat dalam satu tampilan? Jawabannya, pastilah dengan membuat kolase! Banyak sekali aplikasi di Android mau pun iOS yang menawarkan kemampuan untuk membuat kolase atau gabungan foto-foto. Semua aplikasi tersebut tentunya memiliki kelebihan mau pun kekurangan masing-masing, yang bakal bergantung pada kebutuhan pemakainya.

Selaku developer dari Camera360, PinGuo Inc. tidak mau ketinggalan untuk mengembangkan aplikasi yang dikhususkan untuk membuat kolase foto. Sebagaimana Camera360, aplikasi kolase foto bernama April ini lebih ditujukan untuk kaum hawa. Customization bernuansa warna pastel dari April memang 'Asia banget,' dan pastinya memberi hasil kolase yang lebih manis untuk dilihat.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi tersebut?

Pemilihan Foto dan Layout

Anda dapat memilih 1 sampai 9 buah foto dari Camera Roll mau pun folder lain pada gadget untuk digabungkan dalam satu kolase. Dilengkapi dengan portrait recognition intelligence (kecerdasan dalam mengenali foto), posisi objek foto secara otomatis akan terletak di tempat yang tepat. Untuk menukar letak foto yang satu dengan yang lain, cukup tap dan tahan di foto yang akan dipindah, lalu geser ke posisi yang diinginkan.

Selanjutnya, Anda dapat memilih layout dan menyesuaikan kolase sesuai mode (aspect ratio) yang tersedia, yaitu square, portrait, dan landscape. Aplikasi April tidak menawarkan jumlah layout yang terbatas. Tiap sisi foto bisa Anda geser sesuai kebutuhan, misalnya untuk dikecilkan, ditinggikan, atau dilebarkan. Semua tergantung kreasi dari Anda.

Efek Filter Foto yang Beragam

Aplikasi pengolah foto di smartphone pastinya tidaklah akan jauh-jauh dari efek filter foto. Filter memang solusi paling jitu untuk mengubah foto yang tadinya biasa saja menjadi lebih dramatis, atau lebih tepat menyoal tone warnanya. April pun dilengkapi dengan banyak pilihan filter yang dikelompokkan menjadi berbagai tipe.

Ada filter yang membuat foto jadi lebih terang, filter bernuansa cross-processing, retro, black and white, dan sebagainya. Intensitas filter juga bisa diatur dari skala 0 sampai 100. Umumnya, hasil foto yang dihasilkan berkesan lembut. Dalam update terbarunya (Oktober 2016), April juga menambahkan filter D1 sampai D12 yang didaulat sebagai efek pemercantik foto makanan.

Blok Magnet

Salah satu fitur favorit dari aplikasi April adalah magnet yang bisa Anda rancang sesuai selera. Magnet yang dimaksud adalah ikon dekoratif yang menempati satu blok tambahan pada kolase. Fitur magnet ini penting, lho. Yaitu, untuk menambah kesan imut atau kekinian pada kolase! Bukan hanya warnanya, logo dan tulisannya pun bisa di-custom. Unsur lain berupa waktu, tanggal, cuaca, suhu, atau nama kota yang tertera pada magnet secara otomatis akan menyesuaikan dengan kondisi saat kolase dibuat. Keren, bukan?

Border Dalam dan Luar

Hal lain yang perlu disesuaikan saat Anda membuat kolase foto adalah border, baik border dalam sebagai pembatas antar-foto mau pun border luar yang membingkai keseluruhan kolase. April memungkinkan Anda untuk mengatur ketebalan border dalam dan border luar secara terpisah. Anda juga dapat menentukan seberapa lancip atau melengkungnya sudut foto-foto.

Selain ukuran border, Anda juga bisa memilih warna dan tekstur (pola gambar) pada border. Intensitas akan seberapa terlihatnya tekstur juga dapat diatur dari skala 0 sampai 100. Jangan menguatirkan border yang warna-warni ini jadi terlihat norak, karena semua pilihan warna yang terdapat pada aplikasi April terbilang bagus, dan cenderung kalem. Bahkan, pilihan warna dan arah gradasi juga ada!

Teks dengan Font Pilihan

Bagi sebagian orang, aktifitas menghias foto terasa belumlah lengkap jika belum menambahkan teks. Aplikasi April bagaikan solusi one-stop-editing dengan font-font sudah tersedia tanpa perlu download lagi. Memang, tidak terlalu banyak pilihannya, namun semuanya itu bisa dibilang merupakan font kekinian yang enak dilihat.

Kalau sudah memilih font, kini saatnya bagi Anda untuk mengatur unsur-unsur penunjang tampilan teks. Antara lain warna, opacity, dan alignment teks (kiri, tengah, atau kanan; mendatar atau menurun).

Untuk mengganti ukuran, warna, dan pencerminan teks, Anda cukup tahan dan geser (pinch) dengan jari. Tekan teks untuk mengedit. Tekan tombol X jika ingin menghapus keseruhan teks.

Simpan dan Bagikan

Setelah semua proses selesai, Anda cukup melakukan tap pada simbol di bagian pojok kanan atas aplikasi untuk menyimpan kolase foto secara otomatis pada folder April. Pada layar akan dimunculkan aneka pilihan media sosial untuk mempermudah Anda untuk mengunggah foto kolase. Media sosial pilihan Anda tidak tersedia? Cukup lakukan tap pada menu Another untuk memilih opsi di luar dari aplikasi-aplikasi yang tersedia di smartphone Anda! Jangan lupa untuk mengecek menu sampai pada bagian yang paling bawah untuk mengatur kualitas kolase foto.

Kesimpulan

Aplikasi April saat ini memang masih memiliki kekurangan, yaitu masih kurang memadai untuk melakukan resize kolase foto sambil menjaga ukuran layout tetap fixed. Di luar hal tersebut, aplikasi ini tetaplah menyenangkan untuk jadi teman dalam berkreasi kolase sehingga patut untuk dicoba, khususnya bagi para wanita yang berjiwa muda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top