TIPS

Inilah Tanda-tanda Ponselmu Disadap

by Dikdok | 09 Nov 2016
Inilah Tanda-tanda Ponselmu Disadap

Tindak penyadapan ponsel sebetulnya bukanlah hal yang asing lagi terjadi pada era sekarang ini. Namun, mungkin sebagian dari kita masih sering bertanya-tanya. Bagaimana cara-caranya hingga penyadapan bisa dilakukan? Atau, adakah cara yang cukup sederhana untuk mengecek sebuah ponsel sedang disadap atau tidak?

Ternyata, untuk mengetahui terjadinya penyadapan ponsel, ada beberapa tanda yang dapat dengan mudah untuk dipahami, lho. Penasaran? Yuk, langsung simak pemaparannya di bawah ini.

1. Adanya suara-suara yang mengganggu selama percakapan di ponsel

Jika ada suara-suara tidak biasa yang terdengar di saat sedang melakukan percakapan dengan orang lain di ponselmu, suara tersebut bisa jadi datang dari hasil penyadapan.

2. Kapasitas baterai menurun dan cepat panas

Tanda lain yang muncul bila sebuah ponsel disadap adalah berkurangnya kinerja baterai dan suhunya yang meningkat. Ketika sebuah ponsel sedang disadap, semua aktivitas di ponsel tentunya akan direkam. Hal ini menandakan bahwa ponselmu akan bekerja terus-menerus, dan akibatnya kapasitas baterai jadi cepat menurun dan juga cepat menjadi panas.

Untuk memastikan apakah ponselmu disadap atau tidak, dapat dicek dengan menggunakan baterai ponselmu di ponsel lain dengan model dan software yang sama. Lalu, bandingkanlah hasilnya. Bila ponselmu jauh menguras lebih banyak kapasitas baterai dibandingkan dengan ponsel lain dengan model dan software yang sama, maka ada kemungkinan kalau ponselmu memang sedang disadap.

3. Ponsel menunjukkan adanya aktivitas saat tidak digunakan

Apakah ponselmu sering membuat suara-suara ‘bip,’ ‘klik,’ atau suara-suara lainnya? Atau, layar ponselmu bahkan tiba-tiba menyala sewaktu kalian tidak menggunakannya? Bisa jadi, kalian sedang disadap. Atau, apakah ponselmu juga sering reboot/restart secara tiba-tiba? Jika begitu, mungkin juga ada pihak yang memiliki akses jarak jauh terhadap ponsel milikmu.

4. Proses shutdown berlangsung lebih lama

Sebelum sebuah ponsel dimatikan, ponsel tersebut tentunya harus menyelesaikan semua tugas-tugas yang sedang diproses. Jika pada ponsel yang tidak disadap hanya menyelesaikan tugas yang dioperasikan di ponselnya. Maka, pada ponsel yang sedang disadap, ponsel tersebut juga harus mengerjakan tugas tambahan, yaitu mengirimkan data yang ada pada ponsel ke pihak lain yang menyadap ponsel tersebut.

Oleh karena itu, jika ponsel membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk mati, ada kemungkinan ponselmu sedang mengirimkan informasi dari kegiatan-kegiatan di ponsel tersebut ke pihak lain.

5. Menerima pesan teks yang aneh

Apakah kalian pernah menerima pesan teks aneh yang berisi nomor, simbol, atau karakter yang acak? Jika iya, ini merupakan pertanda besar akan adanya penyadapan yang dilakukan secara amatir pada ponselmu.

Beberapa program, yang menggunakan fitur remote control dari sebuah perangkat lunak untuk memata-matai, kerap bekerja dengan cara mengirimkan pesan-pesan teks yang tersandi secara rahasia ke ponselmu. Pada beberapa kasus, SMS-SMS tersebut dapat memunculkan diri pada ponselmu jika programnya tidak berjalan dengan benar.

6. Penggunaan paket data yang meningkat

Beberapa aplikasi penyadapan menggunakan paket data tambahan untuk mengirim informasi yang dikumpulkan dari ponselmu. Oleh karena itu, cobalah periksa. Apakah ada peningkatan yang tidak wajar dalam penggunaan paket data bulananmu. Jika tagihan paket datamu melonjak, dan kalian tahu bahwa kalian tidak menggunakan paket data sebanyak itu, mungkin ada orang lain yang menggunakan paket datamu melalui penyadapan.

Sementara itu, penggunaan paket data dari program perangkat lunak mata-mata terbaik telah berkurang dan akan hampir mustahil untuk ditemukan celahnya, tetapi program perangkat lunak yang buruk akan menunjukkan penggunaan paket data yang signifikan.

Itulah beberapa tanda adanya penyadapan yang terjadi pada ponselmu. Makanya, kalian harus terus waspada, ya teman-teman! Beberapa pihak mungkin mengintai dirimu melalui ponsel yang ada dalam genggaman itu. Bagi anda yang memerlukannya, solusi dan tindakan preventif untuk penyadapan bisa ditemukan pada artikel ini

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top