EKSKLUSIF

Aplikasi Dalam Berita Episode 5 - Alo, Dokter! Ini Harimu! Selamat, Ya!

by Conny | 24 Oct 2016
Aplikasi Dalam Berita Episode 5 - Alo, Dokter! Ini Harimu! Selamat, Ya!

Tepat pada 66 tahun yang lalu, Dr Soeharto dan beberapa rekannya melegalkan berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan dasar hukum di hadapan notaris. Oleh karena itu, demi mengenang jasa-jasa dari para pendiri organisasi profesi yang telah dirintis sejak tahun 1926 tersebut, pemerintah Indonesia pun mencanangkan peringatan Hari Dokter Nasional di tanggal 24 Oktober pada tiap tahunnya.

Meski begitu, jika dirunut lebih ke belakang sebelum adanya organisasi, yang juga dikenal dengan nama Indonesian Medical Association (IMA) itu, profesi dokter di Tanah Air tercatat telah mulai dirintis sejak didirikannya STOVIA pada tahun 1902. Bahkan, jauh sebelumnya lagi, Belanda sebagai pihak penjajah yang berkuasa sudah mendirikan sekolah dokter Jawa bagi rakyat pribumi pada tahun 1851.

Begitulah, para dokter di Indonesia sudah mengabdikan dirinya bagi dunia yang mereka tinggali selama ratusan tahun. Menjadi pihak yang ahli dalam bidang penyakit dan pengobatan, para superhero di dunia nyata ini memprioritaskan penyelesaian semua masalah kesehatan tanpa memandang jenis penyakit, organologi, golongan usia, dan jenis kelamin dari pasien yang mereka hadapi di tiap saatnya.

Beranjak dari tanggal 24 Oktober 2016, kurang dari sebulan kemudian, Indonesia pun memperingati Hari Kesehatan Nasional, yang biasanya selalu diiringi dengan kegiatan pendidikan & penyuluhan kesehatan untuk masyarakat. Sejarah diperingatinya HKN ini sendiri bermula pada akhir era 50-an, ketika malaria berkembang dengan subur menjadi penyakit yang umum untuk diidap oleh rakyat Indonesia.

Melalui Dinas Pembasmian Malaria, yang belakangan berubah nama jadi Komando Operasi Pembasmian Malaria, pemerintah secara serius melakukan pembasmian penyakit itu dengan bantuan dari USAID dan WHO. Sejarah pun mencatat hadirnya Presiden Sukarno yang secara simbolis melakukan penyemprotan nyamuk malaria, yang terjadi di Desa Kalasan (Yogyakarta) pada tanggal 12 November 1964.

Sejak adanya momentum itu, tanggal 12 November pun dikenal sebagai HKN sampai sekarang. Karena kesehatan adalah hak bagi setiap orang, dan tergerak oleh kedua hari nasional yang diperingati secara berdekatan tersebut, JurnalApps pun membahas beberapa aplikasi yang bisa memberikan akses menuju sumber daya di bidang kesehatan, yaitu para dokter, melalui Aplikasi Dalam Berita kali ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top