REVIEW

Praktisnya Video Call dengan Google Duo

by Eroneko | 26 Oct 2016
Praktisnya Video Call dengan Google Duo

Aplikasi yang diluncurkan bersamaan dengan Google Allo ini dimaksudkan untuk melengkapi kekurangan dan kelemahan Google Allo, yaitu ketiadaan fitur Video Calling. Mampu menghubungkan antara sesama smartphone Android atau pun menyeberang ke iPhone, yang merupakan platform 'tetangga,' Google membuat aplikasi ini dengan tujuan untuk menyaingi Apple FaceTime. Beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi video calling ini akan dijelaskan di review ini.

Fitur Knock Knock untuk mengetahui siapa yang melakukan video calling ke Anda

Fitur unik yang hanya terdapat di Google Duo ini memberikan preview menyoal siapa yang melakukan video calling ke Anda dengan cara mengambil video dari orang yang melakukan panggilan video. Jadi, Anda bisa melihat apa yang dilakukan orang yang menelepon, namun mereka bakal tidak bisa melihatmu sampai panggilan diterima.

Menurut Google, Knock Knock ini secara tidak langsung memaksamu untuk tersenyum sebelum panggilan diterima. Dengan begitu, si penerima akan dengan senang hati menerima panggilan dari Anda.

Jangan khawatir, Anda hanyalah bisa menerima Knock Knock dari orang yang sudah ada di contact list milikmu. Anda juga bisa memblokir orang yang tidak diinginkan. Sekedar tambahan informasi, orang yang Anda blokir tidak akan tahu kalau Anda memblokirnya. Anda pun bisa mematikan fitur Knock Knock ini pada menu setting Google Duo.

User Interface yang super sederhana!

Dengan tampilan yang sederhana namun intuitif, Anda bisa memulai video calling dengan cepat. Layar pertama hanyalah berisi tombol video call dan contact terakhir yang Anda hubungi. Saat melakukan video calling pun yang tersedia hanyalah tombol untuk mengganti kamera depan dengan kamera belakang, menutup telepon, dan mute. Yang dibutuhkan untuk menghubungkan Anda dengan orang lain hanyalah nomer telepon atau contact list di smartphone milikmu.

Berbeda dari Hangouts

Berbeda dari Hangouts, aplikasi lain buatan Google yang juga bisa digunakan pada komputermu dan mempunyai fungsi terkolaborasi untuk mengadakan meeting secara video call, Google Duo dibuat secara spesifik untuk melakukan video calling pada smartphone atau tabletmu. Menggunakan end-to-end encryption, video calling yang dilakukan dijamin tidak akan bisa dilihat oleh pihak ketiga, bahkan Google sendiri tidak memiliki akses untuk melihatnya.

Kelebihan

Google Duo memiliki user interface yang sederhana, intuitif, dan langsung ke fungsinya sebagai aplikasi video calling. Fungsi end-to-end encryption yang dimilikinya jauh mendahului Facebook Messenger, Skype, atau aplikasi penyedia fitur video calling lainnya, sehingga membuat Google Duo jadi terdepan dalam hal privasi. Pengguna pun bisa dengan mudah menghubungi teman tanpa melibatkan banyak kerepotan lagi.

Kelemahan

Namun, kesederhanaan tersebut juga menjadi kelemahannya. Begitulah, sudah banyak aplikasi penyedia video calling lainnya yang menyediakan banyak fitur dan kehebatan yang tidak dimiliki oleh Google Duo. Koneksi internet di Indonesia juga kadang menghambat untuk mendapatkan video call yang mulus, masih banyak lag, dan kadang terputus-putus.

Kesimpulan

Google Duo cocok untuk Anda yang menyukai hal sederhana dan langsung pada intinya. Video calling yang praktis dan aman dari jarahan pihak ketiga. Fitur Google Duo juga unik karena fitur Knock Knock yang dapat membantu Anda untuk melihat siapa yang melakukan video calling. Dapat diunduh gratis di Google Play dan Apps Store, langsung install aplikasi video calling yang praktis ini saja di smartphone-mu sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top