TIPS

Tanpa 4G, Inilah Tips Bebaskan Android dari 'Lemot'

by Cle | 25 Oct 2016
Tanpa 4G, Inilah Tips Bebaskan Android dari 'Lemot'

Jaringan 4G mungkin sudah lumrah digunakan oleh sebagian dari Anda. Namun, bila 4G belum tersedia atau bukanlah pilihan tepat bagi Anda, yang perlu dilakukan adalah mengusahakan kecepatan jaringan 3G dengan semaksimal mungkin. Performa smartphone memang tak bisa 'disulap' jadi secepat kilat, tapi Anda setidaknya bisa mencoba tips-tips berikut untuk pengalaman berinternet yang tidak membuat naik darah.

Facebook Lite

Anda penikmat social networking platform yang satu ini? Tanpa disadari, aplikasi Facebook yang selama ini Anda gunakan adalah 'biang kerok' dalam penggunaan data dan baterai! Saatnya untuk beralih ke Facebook Lite. Aplikasi ini didesain untuk menampilkan Facebook dengan simpel, atau dengan kata lain: seperlunya saja, sehingga alur data dan pemakaian baterai tidak berlebihan. Tentunya, bermanfaat juga untuk meningkatkan 3G experience Anda.

Opera Max

Opera Max merupakan solusi komplit untuk Anda yang memerlukan akses penuh dalam mengontrol pemakaian data dan memaksimalkan kecepatan browsing. Apps ini memiliki banyak fungsi yang cukup bersahabat dengan pengguna jaringan 3G. Opera Max juga secara aktif mengoptimalkan konten streaming.

Sebagai tambahan, Opera belum lama ini telah meningkatkan performa Opera Max sehingga optimalisasi data diklaim mencapai 23% jika dibandingkan tanpa menggunakan aplikasi tersebut. Wow! Browsing hampir seperempat kali lebih cepat dengan penggunaan data yang sama. Kenapa tidak?

Browsing Tanpa Gambar (Disable Images)

Untuk menikmati browsing tanpa ’lemot,’ coba pilih opsi Text Only pada browser Anda. Fitur ini akan membuat browser Anda membuka sebuah laman website tanpa memuat gambar-gambar yang tersedia. Yup, Anda kini dapat terhindar dari internet traffic. Memang, tidak semua browser mendukung mode Text Only, namun Anda pada umumnya dapat menemukan opsi tersebut pada menu Settings.

Web Browser yang Tepat

Chrome adalah browser yang sempurna bagi kebanyakan orang. Kemampuan sinkronisasinya dengan berbagai perangkat, aplikasi, password, dan bookmark sungguh memudahkan kehidupan masyarakat. Namun, perlu Anda ketahui bahwa web browser dari Google ini terhitung boros dalam hal pemakaian data. Anda yang concern dengan hal ini mungkin bisa memilih browser lain, seperti Opera Max yang sudah disebutkan sebelumnya atau Opera Mini untuk versi lebih ringan.

Hapus Cache

Jika Anda sudah mencoba berbagai metode namun layanan internet 3G masih terasa lambat, mungkin masalahnya bukanlah pada jaringan melainkan pada perangkat yang Anda gunakan. Versi-versi Android terbaru sudah lebih baik dalam mengelola pemakaian memori pada sistem. Namun, tetap saja jika cache pada smartphone Anda penuh, maka memori gadget Anda itu bisa turut ‘dimakan’ dan membuatnya jadi lambat. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan ialah menghilangkan cache tersebut.

Caranya? Bukalah bagian Settings > Applications, kemudian pilih aplikasi yang akan Anda bersihkan. Setelah itu, pilih Clear Cache. Lain masalahnya, jika Anda tidak yakin aplikasi apa yang bermasalah. Tidak ada salahnya untuk mencoba apps pembersih cache dengan fungsi Clear All. Salah satunya adalah App Cache Cleaner.

Uninstall Aplikasi yang Menyita Memori

Sekali lagi, meski pun Android sudah lebih baik dalam mencegah aplikasi yang menyita memori, tetaplah masih ada background apps rakus yang membuat gadget jadi ‘lemot.’ Widget yang terpasang juga demikian, bahkan lebih banyak menyedot memori. Untuk meningkatkan performa, sebaiknya hindari memasang widget dan uninstall aplikasi yang jarang Anda pakai.

Ubah Pilihan Mode Jaringan (Preferred Network Mode)

Jika penggunaan memori sudah dikurangi dan Anda yakin penyebab lambatnya performa adalah masalah jaringan, marilah kembali mengecek mode jaringan yang Anda pilih. Lokasinya bisa berbeda pada tiap perangkat, tapi cobalah cari di sekitar menu konektivitas jaringan pada Settings.

Pada beberapa perangkat, GSM disebut juga sebagai 2G, sedangkan WCDMA berarti 3G. Pilihan default yang biasanya adalah “GSM/WCDMA/LTE auto,” yang membuat gadget secara otomatis tersambung pada koneksi yang tersedia. Namun, sinyal 4G sendiri masih lemah atau belum tersedia di beberapa wilayah, sedangkan sinyal 3G cukup kuat. Sebaiknya, langsung saja arahkan pilihan pada koneksi 3G atau 2G tanpa membuat perangkat Anda tidak fokus karena melakukan pencarian terhadap jaringan 4G yang tidak muncul juga.

Cobalah untuk terus bereksperimen dengan opsi-opsi berbeda, supaya Anda mengetahui pilihan mana yang bisa meningkatkan kecepatan dengan konsisten. Sebagian menu mungkin membutuhkan waktu selama beberapa saat untuk bereaksi.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top