REVIEW

Warung Chain: Go Food Express

by Eroneko | 20 Oct 2016
Warung Chain: Go Food Express

Suka dengan Dinner Dash, Ramen Chain, atau game-game sejenis dalam genre time management? Touchten, developer asal Indonesia yang sukses mempopulerkan Ramen Chain, sekarang membuat gebrakan baru dengan Warung Chain. Membawa cita rasa lokal dengan menu warteg dan karakter lokal, akan membuat harimu jadi tak membosankan lagi!

Sebagai penerus dari game sebelumnya, Ramen Chain, Touchten mengangkat cita rasa khas lokal pada game time management terbarunya, Warung Chain. Menggebrak dunia game internasional dengan bertengger di puncak peringkat Google Play Store sekaligus mengalahkan COC sebagai game terlaris, Warung Chain bahkan dimasukkan ke dalam list feature oleh marketplace milik Google tersebut. Sehari setelah perilisan di IOS, game yang satu ini pun mendapatkan sambutan hebat, hingga 20.000 orang langsung mengunduhnya. Tak pelak, Warung Chain didapuk menjadi game terlaris di Indonesia saat ini. Bravo, Touchten!

Tampilan

Secara tampilan, visual yang ditampilkan merupakan upgrade dari Ramen Chain dan membawa cita rasa lokal Indonesia di dalam game. Hal ini langsung terlihat pada menu makanan yang bisa kalian sajikan, yang dimulai dari masakan khas warteg, seperti ayam, nasi, sayuran dan lain sebagainya. Tidak hanya makanan warteg, ada juga stage khusus yang memberikanmu pilihan lain, seperti martabak bandung dan bakso Malang, untuk disajikan kepada pengunjung warung. Pengunjung warung pun dibuat bermacam-macam. Mulai dari mahasiswa, pedagang asongan, polisi hingga beberapa pengunjung spesial yang berperilaku unik. Dari segi suara, kalian dapat mendengar logat obrolan yang familiar untuk berada di warteg lokal Indonesia dan celotehan para pengunjungnya. Meski pun musik yang disajikan repetitif, namun tidak membosankan dan cocok dengan suasana warung. Benar-benar serasa di warung sungguhan, dan kalian adalah pelayannya.

Mekanisme Game

Pada Warung Chain, kalian berperan sebagai pelayan warung yang menyiapkan masakan sesuai dengan order dari pengunjung. Setiap masakan memiliki bagian tersendiri yang sesuai dan dengan urutan yang berbeda. Jadi, jika kalian salah dalam menyajikan maka masakannya dianggap gagal dan harus dibuang –sayang sekali. Semakin cepat kalaian menyajikan masakan kepada pengunjung, semakin tinggi nilai dan uang yang kalian dapat. Karena dibuat bermacam-macam, pengunjung pun memiliki kesabaran yang berbeda. Ada yang ingin cepat, dan ada juga yang sabar menunggu masakannya jadi. Pintar-pintarlah dalam bermanajemen waktu dan menetapkan prioritas pada masakan untuk mendapatkan nilai dan uang yang banyak.

Kemudian, ada stage khusus Weekly Challenge yang memberikan bonus nilai dan koin. Jika kalian berhasil masuk dalam ranking 10 besar pada weekly challenge, nilai dan koin yang didapat pun bisa sangat besar. Lantas, untuk apakah nilai dan koin ini? Jangan khawatir, Warung Chain didukung dengan fitur Kadosaku. Nilai yang kalian dapat bakal berubah menjadi poin saku yang bisa diredeem pada fitur KadoSaku, yang berarti kalian bisa menukarkannya menjadi voucher belanja, barang, atau bahkan smartphone baru!

Kelebihan

Mengangkat konten lokal pada game, Warung Chain memberikan kesan familiar yang dapat membuatmu betah untuk memainkannya. Tampilan visual yang ditata rapi, kontrol yang simpel, dan suasana yang familiar membuat game ini wajar untuk dinobatkan sebagai game terbaik Indonesia.

Kelemahan

Sayangnya, game ini dipenuhi dengan monetisasi dan iklan yang bertebaran di mana-mana. Bahkan, setiap selesai game, kalian diberikan pilihan untuk memutar video iklan untuk menambah poinmu. Tentu saja, hal ini wajar karena game ini termasuk judul freemium. Jadi, kalian tidak perlu untuk membelinya namun akan dihadapkan pada banyak iklan.

Setiap permainan pun dibatasi oleh Life yang kalian punya. Jadi, saat kalian sudah bermain terlalu banyak dan menghabiskan life yang dimiliki, butuh beberapa waktu untuk mengisinya kembali. Namun, jangan khawatir, kalian bisa merogoh kocekmu untuk membeli Life demi dapat memainkannya kembali.

Kesimpulan

Game time management dari Touchten yang satu ini merupakan spin-off dari Ramen Chain dengan perbaikan di sana dan sini. Digarap dengan apik dan solid, namun iklan yang suka bermunculan dapat mengganggu keasyikan memainkan game seru yang familiar ini. Dengan konten yang variatif dan masakan lokal yang terlihat enak, tidak menutup kemungkinan bakal dimasukkannya masakan dari daerah lain yang dapat memperkaya game yang satu ini.

Saran kami sebelum mengunduh game ini, pastikan kalian dalam keadaan kenyang sebelum memainkannya. Takutnya, nanti malah 'ngiler' ke mana-mana.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top