TIPS

Smartphone Panas, Mungkin Anda Tak Pernah Sangka Penyebabnya

by Ayu Handayani | 18 Oct 2016
Smartphone Panas, Mungkin Anda Tak Pernah Sangka Penyebabnya

Apakah smartphone Anda ketika digunakan sering terasa panas? Jangan terus-menerus khawatir, dan ketahuilah alasannya! Penggunaan smartphone yang berlebihan bisa membuatnya menjadi panas. Alasannya bermacam-macam, bisa dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang dibuka atau pun karena digunakan terlalu lama. Ponsel yang panas terjadi bukan dikarenakan kualitas yang terlalu murah. Hal ini dapat terjadi pada semua OS dan semua merk ponsel. Tapi, bukan hanya itu saja rupanya, lho. Berikut adalah penyebab smartphone Anda menjadi panas.

1. Penggunaan WiFi yang Berlebihan

Smartphone bisa menjadi panas karena Anda menggunakan WiFi secara terus-menerus. Biasanya, hal ini terjadi bagi para pengguna android, dimana banyak aplikasi yang berjalan di background. Dan, tanpa Anda sadari, masing-masing dari aplikasi tersebut memanfaatkan WiFi yang ada sehingga bisa membuat smartphone menjadi panas.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan aplikasi Anda yang tidak terpakai. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dapat mengidentifikasi aplikasi yang tidak terpakai dan membuat aplikasi yang tidak digunakan bakal dimasukkan ke dalam mode hibernasi.

2. Kondisi Kabel Charger dan Baterai Usang

Jika jenis ponsel Anda adalah tipe lama, maka kondisi panas bakal sering menyerang ponsel Anda. Cobalah cek kabel charger Anda. Bisa jadi, kabel Anda sudah usang dan tidak bisa melakukan pengisian baterai dengan sempurna. Biasanya, kabel charger yang sudah usang bisa memengaruhi performa baterai Anda dan membuat ponsel menjadi panas.

Membersihkan aplikasi Anda yang tidak terpakai dengan mengikuti cara yang telah dipaparkan pada poin pertama juga bisa membuat penggunaan baterai sebagai sumber daya pada smartphone Anda menjadi berkurang, dan kondisi overheating pun bisa teratasi.

3. Case Smartphone yang Buruk

Saat ini, berbagai macam case handphone dengan bahan yang bermacam-macam dijual di pasaran. Jika case smartphone Anda terbuat dari plastik, silikon, atau pun kulit maka ponsel menjadi tertutup dan membuat panas jadi terperangkap dan akhirnya memanas. Cara mengatasinya, Anda bisa membuka case smartphone agar panas bisa keluar. Juga, Anda bisa letakkan di lantai yang dingin agar dapat segera normal kembali. Tapi, berhati-hatilah agar jangan sampai terinjak.

Itulah tiga penyebab yang tidak Anda sadari membuat ponsel Anda menjadi panas. Segera lakukan pertolongan pertama ketika Anda sudah mengidentifikasi alasannya agar ponsel Anda bisa tetap bertahan lama.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top