REVIEW

Coup

Anduril   18 Oct 2016
Coup

Ingin main card game yang free-to-play? Tapi, takut dengan aturan super rumit yang biasanya menyertai sebuah card game? Nah, silakan coba Coup, sebuah game free-to-play yang melibatkan diplomasi, gertakan, dan kepandaian untuk mengelabui lawan.

Banana & Co merilis versi Digital dari Coup, sebuah card game yang kini dilengkapi dengan artwork baru yang lebih komikal. Coup sendiri dimainkan layaknya Love Letter atau Werewolf, hal itu mengartikan bahwa kalian akan memainkan sebuah permainan yang berhubungan dengan saling tebak-menebak karakter yang sedang kalian mainkan. Tentunya, dilakukan tanpa menunjukkan ekor kalian ke orang lain.

Pada versi card game, kalian bisa bekerjasama dengan teman kalian sampai akhirnya salah satu dari kalian mesti berkhianat. Sayang, pada versi digitalnya ini, kita tidak bisa melakukan hal tersebut karena Banana & Co tidak menerapkan fitur untuk mengintip kartu teman.

Dalam versi multiplayer-nya, kalian bisa bermain dengan teman atau musuh secara acak. Karena adanya berbagai batasan, permainan multiplayer Coup berjalan sederhana dan minim interaksi. Untunglah, inti permainan Coup masih tersampaikan dengan cukup lengkap pada versi digitalnya ini.

Saat bermain, kalian akan diberi dua kartu karakter dan tiga buah kopi dari setiap karakter yang tersedia. Pada masing-masing giliran, kalian bisa memilih untuk menjalankan berbagai kemampuan yang dimiliki setiap karakter. Di antara berbagai kemampuan tersebut termasuk mencuri dua gold, mengambil pajak (3 gold), membunuh lawan (bayar 3 gold), menukar kartu, dan melakukan kudeta atau Coup (bayar 7 gold). Beberapa kemampuan bisa diblok dengan karakter lain, tetapi khusus untuk kudeta dan mengambil 1 gold, aksi ini bersifat absolut dan tidak bisa dicegah.

Coup jadi menarik ketika kita diperbolehkan untuk berbohong dan mengeluarkan kemampuan dari karakter yang sejatinya tidak berada di tangan kita. Saat kita menjalankan kemampuan, pihak lawan bisa menantang kita dan mengeluarkan mosi tidak percaya. Bila mereka benar, maka kita harus rela untuk kehilangan satu karakter yang tidak bisa digantikan, dan vice versa.

Dengan aturan yang mudah dan gameplay yang cepat, Coup menawarkan sebuah card game yang sangat enak untuk dimainkan, sampai kalian menyentuh bagian freemium dari game ini. Karena freemium, kalian akan menemukan berbagai sistem monetization yang menggelikan. Yang pertama, kalian bisa membuang semua iklan dengan membayar sejumlah uang. Membeli Rep yang merupakan ongkos untuk bermain. Membeli kosmetik berupa artwork klasik dari karakter-karakter Coup, dan yang paling parah adalah upgrade Spy yang bisa dipakai untuk melihat statistik pemain lain atau pun menyembunyikan statistik yang kalian miliki.

Dari sudut pandang bisnis, Coup adalah sebuah adaptasi sukses dengan berbagai elemen bermain yang ditingkatkan. Melalui game ini, kalian bisa mengenalkan card game kepada orang awam secara gratis tanpa harus membeli apa pun. Hal itu mengartikan bahwa akan ada banyak orang yang memainkan Coup, dan mungkin saja, beberapa orang akan membeli item-item freemium. Dari sudut pandang pemain, Coup adalah sebuah card game yang menyenangkan dan sederhana. Tapi, Coup sejatinya bukanlah game utama yang akan kami mainkan di saat menunggu bus atau saat 'magabut' di kantor.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top