TIPS

Tetap Nyaman Berkomunikasi Saat Berada di Luar Negeri

Vindy Alyssa   13 Oct 2016
Tetap Nyaman Berkomunikasi Saat Berada di Luar Negeri

Bepergian ke luar negeri tentunya banyak hal yang musti dipersiapkan dengan matang. Mulai dari itinerary, barang-barang yang harus dibawa, dan pastinya layanan selular untuk selalu tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga atau pun teman.

Jika berencana travelling ke luar negeri dalam waktu dekat, berikut adalah tips yang dapat membantu Anda agar selalu terkoneksi walau berada di luar negeri:

  1. Mendaftarkan paket roaming

Sebelum bepergian, pastikan bahwa kartu SIM Anda bisa digunakan di luar negeri. Masing-masing operator memiliki layanan dan paket roaming yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan ini, Anda pun bisa menggunakan nomer Anda saat di luar negeri.

  1. Bandingkan tarif internasional dari beberapa operator

Beberapa operator di Indonesia menawarkan paket roaming dengan tarif dan layanan yang berbeda. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan suatu operator, ada baiknya jika Anda membandingkan tarif dan layanan dari beberapa operator terlebih dahulu untuk mendapatkan penawaran terbaik. Contohnya, pada saat musim haji, para operator berlomba-lomba untuk memberikan promosi terbaik dengan harga yang sangat miring untuk memikat customer.

  1. Gunakan operator lokal setempat

Jika merasa paket roaming harganya cenderung mahal, Anda bisa menggunakan operator lokal di negara tujuan. Pastinya, harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan paket roaming dari operator Indonesia. Namun, Anda harus cek terlebih dahulu, apakah operator yang ingin Anda pakai dapat digunakan sesuai dengan jaringan di ponsel Anda. Misalnya di Jepang, beberapa tourist SIM card hanya bisa digunakan di ponsel dengan jaringan CDMA saja.

  1. Sewa Mi-Fi bisa menjadi alternatif

Jika bepergian dengan kerabat dalam jumlah yang cukup banyak, ada baiknya jika Anda menyewa Mi-Fi. Tentu, harganya akan menjadi sangat murah jika Anda berbagi dengan teman seperjalanan. Umumnya, Anda bisa menemukan penyewaan Mi-Fi di bandara saat Anda tiba di negara tujuan.

  1. Cari tahu informasi steker listrik di negera tujuan

Ada baiknya jika Anda mencari informasi mengenai steker listrik di negara tujuan sebelum Anda pergi. Pada umumnya, steker listrik dan tegangan voltase berbeda-beda di tiap negara. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan kepala steker dan converter yang sesuai dengan negara tujuan untuk menjaga gadget Anda supaya tidak rusak.

Dengan tips-tips di atas, Anda bisa tetap berkomunikasi dan tidak ketinggalan untuk eksis di social media selama liburan. Selamat mencoba, have a pleasant trip!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top