EKSKLUSIF

Aplikasi Dalam Berita Episode 2 - Hari Kereta Api Nasional

by Conny | 29 Sep 2016
Aplikasi Dalam Berita Episode 2 - Hari Kereta Api Nasional

71 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 28 September 1945, sejumlah anggota AMKA (Angkatan Moeda Kereta Api) menyatakan ketegasan sikap untuk mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan sekitar 1 bulan sebelumnya. Inilah yang melandasi ditetapkannya Hari Kereta Api Nasional, yang selalu diperingati tiap tanggal 28 September.

Sejak itu, kemajuan bangsa Indonesia pun tak terlepas dari peran serta salah satu transportasi darat ini. Ikut merayakan Hari Kereta Api Nasional, Pakde kali ini bakal membahas 6 aplikasi mobile, yang berkutat soal perkeretapian. Dari yang bisa dijadikan referensi pengetahuan sejarah singkat perkeretapian, melakukan pemesanan tiket kereta api sampai game-game yang bertema kereta api dari berbagai genre.

Lokomotif Kereta Api Indonesia

Dihadirkan oleh Ondien Dev, aplikasi ini merupakan sebuah e-Book yang berisikan sejarah singkat atas dunia perkeretaapian di Indonesia. Dengan disertai banyak koleksi gambar mau pun foto dari lokomotif-lokomotif yang pernah digunakan di jaman dulu hingga lokomotif terbaru yang masih dioperasikan di Indonesia, Lokomotif Kereta Api Indonesia bakal terasa menarik dan cocok untuk dijadikan referensi.

Paper Train Reloaded

Pernah memainkan game Air Traffic Control? Nah, Paper Train –yang sempat rilis untuk iOS per 5 tahun lalu– nyatanya bisa memindahkan fitur-fitur dari game itu ke atas rel (baca: kertas). Kini, dirilis ulang dengan subjudul ‘Reloaded’ dan menyeberang ke Android, game ini jadi kian menyenangkan. Begitulah, kalian bakal bermain sebagai Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) di game yang beraroma puzzle ini.

Train Conductor World

Mirip dengan game sebelumnya tapi berbeda, Train Conductor World kembali bakal menempatkanmu sebagai PPKA namun tidak lagi tampil di selembar kertas tipis melainkan dengan tampilan yang penuh secara 3D. Bahkan, tak hanya bisa mengutak-atik rel, kalian pun dimampukan untuk gila-gilaan dalam hal memberi kustomisasi terhadap banyak kereta api. Pernah membayangkan kereta api bermesin roket?

Euro Train Simulator

Dikembangkan sebagai sebuah game simulasi kereta api bagi platform mobile, Euro Train Simulator pun digadang-gadang memiliki tampilan yang penuh kualitas dan konten yang padat serta memiliki banyak destinasi utama dari berbagai belahan dunia. Memiliki interface yang mudah dipelajari secara intuitif, game ini menjagokan Career Mode dengan banyak skenario serta tambahan kereta api dan jalur baru.

Indonesian Train Simulator

Juga merupakan hasil karya dari pengembang Euro Train Simulator, Indonesian Train Simulator adalah langkah selanjutnya dari Highbrow Interactive paska kesuksesan yang mereka raih setelah mengerjakan Indian Train Simulator, yang penuh terobosan itu. Beranjak dari judul-judul sebelumnya, game ini pun dilengkap dengan fitur-fitur baru, seperti keberadaan sistem pemindahan jalur rel dan sinyal kereta api.

KAI Access

Dirilis resmi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), aplikasi ini menghadirkan banyak kemudahan bagi calon penumpang kereta api dalam hal mendapat informasi, promo, dan melakukan pemesanan tiket kereta api secara online, di mana pun dan kapan pun. Kalian tak perlu khawatir dengan keakuratannya, karena jadwal yang dimunculkan sudah online dan dikeluarkan secara real time dari server milik PT KAI sendiri.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top