TIPS

7 Cara untuk Berhemat Kuota Data di Smartphone Android

by Tian He | 27 Sep 2016
7 Cara untuk Berhemat Kuota Data di Smartphone Android

Kebutuhan akan internet dan berbagai aplikasi yang juga membutuhkan koneksi internet semakin banyak. Tanpa internet, smartphone Anda akan terasa tidak berguna. Saking banyaknya keperluan data yang digunakan, terkadang kita tidak sempat untuk memantau atau bahkan mengatur jumlah data yang akan kita pakai. Alhasil, teman-teman mesti merogoh kocek lagi untuk membeli paket data yang sesuai kebutuhan.

Di kesempatan kali ini, JurnalApps akan mencoba membantu teman-teman agar bisa mengatur atau bahkan mengurangi pemakaian data di smartphone Anda. Silahkan ikuti 7 cara yang terdapat di bawah ini.

1. Selalu monitor penggunaan data Anda

Saat Anda membeli paket data, hal pertama yang harus dilakukan adalah memonitor penggunaan data. Lebih tepatnya lagi, mencari tahu aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan data, dan berapa banyak data yang digunakan. Perangkat Android Anda sebenarnya sudah menyediakan fitur Data Monitoring yang tertanam di bagian pengaturan smartphone. Namun, apabila Anda merasa kurang berguna, aplikasi Onavo Count mungkin bisa membantu.

Aplikasi ini membantu kita untuk memonitor aktifitas penggunaan data, sehingga kita bisa lebih efisien dalam hal menggunakannya. Cara penggunaannya pun mudah, silahkan klik "Enter Plan Info," kemudian ikutilah instruksi yang diberikan.

2. Pakai fitur Data Saver pada browser Chrome

Apabila memakai browser Chrome, Anda bisa menggunakan fitur Data Saver yang tersedia di bagian pengaturan pada aplikasi tersebut.

3. Gunakan koneksi data yang memiliki kecepatan lebih rendah

Secara tidak langsung, fitur jaringan 4G yang sekarang sedang naik daun juga meningkatkan penggunaan data pada perangkat Android Anda. Batasilah kecepatan internet dengan mengganti ke jaringan yang lebih rendah, seperti 3G atau bahkan EDGE (2G). Anda akan terkejut melihat seberapa banyak data yang bisa Anda hemat setelah berganti ke jaringan tersebut.

4. Batasi penggunaan data di background

Hampir semua aplikasi sosial media yang kerap diakses akan tetap menggunakan data Anda walau pun aplikasi yang bersangkutan sedang tidak dijalankan. Hal ini dikarenakan perangkat Android secara umum akan mengijinkan paket data tetap boleh digunakan walau pun aplikasi sedang tidak dijalankan. Untuk membatasi penggunaan data di belakang layar (background), Anda bisa menyalakan fitur "Restrict Background Data." Pengaturan tersebut pada umumnya terdapat pada bagian pengaturan jaringan anda.

5. Matikan fitur auto update pada aplikasi Google Play Store Anda

6. Matikan koneksi data Anda saat sedang dalam perjalanan

Selain membantu agar Anda tidak menggunakan smartphone pada saat sedang berkendara, Anda juga menghemat penggunaan data selama perjalanan.

7. Hapus semua aplikasi sosial media Anda

Ini saran pribadi dari saya. Hapuslah semua aplikasi sosial media Anda, dan coba akses semuanya melalui browser saja. Karena lebih mudah diakses, Anda akan lebih sering menggunakan aplikasi sosial media yang mengakibatkan penggunaan data yang banyak. Jadi, akseslah Facebook, Twitter, dan sosial media lainnya dari browser pilihan Anda sendiri. Selain mengurangi intensitas mengakses (karena agak merepotkan), secara tidak langsung, fitur-fitur seperti push notification dan background data tidak akan berjalan karena Anda mengaksesnya melalui browser.

Selamat berhemat kuota data!

Tags :
Tips Trick android
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top