TIPS

Ingin Mendengarkan Lagu di YouTube Tanpa Video?

Conny   16 Sep 2016
Ingin Mendengarkan Lagu di YouTube Tanpa Video?

Penetrasi jaringan 4G di Tanah Air mendorong layanan berbagi video dan streaming musik jadi semakin digemari. Salah satu layanan favorit yang kerap diakses adalah YouTube, yang memungkinkanmu untuk mengunggah video yang kalian kreasikan, menonton berbagai jenis video hingga berbagi video dengan teman-temanmu.

Tak hanya untuk melakukan streaming video, YouTube pun kerap dijadikan sebagai sarana orang untuk mendengarkan musik. Tapi, YouTube menolak disamakan dengan layanan berbasis langganan, seperti Spotify, dengan alasan bahwa mereka lebih mengandalkan musik, sementara YouTube adalah platform video dengan isi yang beragam serta didukung oleh iklan.

Dalam YouTube, terdapat banyak video musik yang diunggah oleh para penggunanya. Dari yang original milik artis-artis hingga hasil cover dari para pengguna kreatif lainnya. Selama ini, untuk mendengarkan musik di YouTube, kita harus sekaligus memutar videonya. Dampaknya, kita jadi memboroskan kuota data dikarakan mesti streaming musik sekaligus video.

Jika mengandalkan YouTube sebagai sarana untuk mendengarkan musik di PC, kalian harus mencoba ekstensi Listen Video - YouTube Music Player di Google Chrome. Selain itu, juga bisa dengan langsung mengunjungi https://www.listenvideo.com, yang menampilkan YouTube dengan layout seperti Spotify. Banyak kelebihan di sini dibanding dengan YouTube, seperti pencarian berdasar Album dan Genre.

Dengan YouTube Music, kita jadi lebih berhemat kuota karena bisa memilih untuk memutar musiknya saja, tanpa video. Atau, kita pun bisa sekaligus memutar video, tapi dengan kualitas yang lebih ringan. Begitulah, saat terdapat musik yang telah tersedia videonya, aplikasi ini bakal langsung memutar video tersebut secara otomatis. Jika tak tersedia, sistem hanya akan menampilkan cover art (sampul album).

Sejauh ini, YouTube Music barulah tersedia bagi pengguna platform Android dan iOS di Amerika Serikat secara gratis. Meski begitu, kita yang berada di Indonesia tetap bisa menikmatinya dengan cara tertentu. Unduhlah Hotspot Shield Free VPN Proxy dari Google Play Store terlebih dahulu dan jalankan. Kemudian, tambahkan YouTube Music ke dalam aplikasi yang akan dibuka aksesnya oleh Hotspot Shield.

Lantas, apakah fitur-fitur berbeda yang disediakan oleh YouTube Music? Simaklah di bawah ini.

  • YouTube Music memberikan keleluasaan bagi kamu untuk memutar musik saja, atau juga sekaligus menonton videonya. Dengan mengaktifkan opsi yang tersedia, kita bisa beralih dengan mudah dari mode Music ke mode Video. Saran kami, jika ingin berhemat kuota dan baterai, gunakanlah mode Music.

  • Dengan YouTube Music, kita bisa dengan mudah menggabungkan beberapa lagu favorit ke dalam satu file, lalu membuatnya tersedia dalam mode offline. Dengan demikian lagu favoritmu bakal mudah untuk didengarkan secara terus-menerus meski pun tanpa kuota internet. Fitur Offline Mixtape ini bisa digunakan untuk mengunduh lagu-lagu yang disukai di YouTube.

  • Berkat adanya keterhubungan dengan YouTube, maka kita bisa menikmati jutaan lagu dari jutaan musisi yang mengunggah videonya di YouTube. Kita pun tidak perlu lagi berpindah antar aplikasi hanya untuk mendengarkan lagu baru atau lagu hasil cover para musisi. Kini, kita bisa menikmatinya secara langsung di YouTube Music saja. Praktis, bukan?

  • Berbeda dengan aplikasi YouTube yang tak bisa diputar di background, YouTube Music memungkinkan kita untuk memutar musik yang didengarkan di latar belakang. Jadi, kita tetap bisa mendengarkan lagu yang diputar sembari tetap beraktivitas dengan menggunakan aplikasi lain.

  • Dengan menjajal YouTube Music, kita juga bisa menikmati layanan YouTube Red secara gratis selama 14 hari. Lalu, apakah keunggulan YouTube Red ini? Kita jadi tidak akan terganggu oleh iklan di saat menonton YouTube, bisa memutar video di YouTube secara offline, dan juga bisa memutarnya di background saat menggunakan aplikasi. Keren, bukan?

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top