TIPS

Tanpa Menekan Tombol, Inilah Cara Screenshot di Android

Conny   12 Aug 2016
Tanpa Menekan Tombol, Inilah Cara Screenshot di Android

Kemampuan untuk melakukan screenshot atas tampilan layar yang sedang digunakan merupakan salah satu fitur yang sangat berguna di smartphone. Di perangkat Android, fungsi screenshot ini sudah banyak dikembangkan oleh vendor. Dari penggunaan kombinasi beberapa tombol hingga penggunaan sensor. Namun, nyatanya ada cara lain yang lebih mudah untuk melakukan screenshot di Android, lho.

Bagi kami sendiri, yang selalu berupaya untuk menyediakan tips & trik untuk kalian, fungsi screenshot ini amatlah penting dan sering digunakan. Nah, karena sering menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume untuk melakukannya, bakal repot jika kedua tombol tersebut malah cepat menjadi rusak. Untuk mengakalinya, beginilah cara kami melakukan screenshot di Android tanpa menekan tombol.

Digarap Ice Cold Apps, Screenshot Easy adalah aplikasi yang akan memudahkan kita untuk mengambil screenshot di Android. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi lain, Screenshot Easy menyajikan beragam metode pengambilan screenshot. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengambil screenshot dengan mudah dan cepat, tanpa harus menekan kombinasi tombol tertentu (selama pas dengan metodenya).

Selain ukurannya yang ringan, Screenshot Easy bisa digunakan pada perangkat Android yang belum di-root atau pun sudah di-root. Berikut adalah cara menggunakan untuk aplikasi ini:

  • Unduhlah Screenshot Easy dari Google Play Store. Setelah itu, lakukan instalasi di Android agar bisa melakukan screenshot di Android tanpa menekan tombol lagi.
  • Setelah Screenshot Easy terpasang, bukalah aplikasi tersebut. Selanjutnya, Screenshot Easy bakal mendeteksi metode screenshot apa yang dibekalkan secara default pada smartphone Android milikmu.

  • Pada tampilan awal, pengguna akan dihadapkan pada beragam metode yang tersedia di Screenshot Easy. Di sini, kalian bisa memilih metode lain yang disukai, yakni Overlay Icon, Shake, tombol kamera (jika ada), atau metode default, yaitu kombinasi tombol. FYI, kami memilih untuk mengaktifkan metode Overlay Icon. Setelah itu, tekan pilihan Start Capture untuk mulai mengaktifkan fitur Screenshot Easy.

  • Selanjutnya, kalian bakal mendapati sebuah tombol melayang pada tiap tampilan Android-mu. Nah, tombol inilah yang akan digunakan untuk screenshot. Yep, tak perlu menekan kombinasi tombol lagi.

  • Kian unik, tiap hasil screenshot yang diambil via aplikasi ini bisa langsung diedit sebelum dibagikan.

Tags
Tips
Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top