TIPS

Di Android, Hemat Kuota Data dengan Opera Max

by Admin | 21 Jun 2016
Di Android, Hemat Kuota Data dengan Opera Max

Telah umum untuk diketahui, ketersediaan jaringan data (internet) secara relatif dibutuhkan oleh smartphone –tak hanya Android, tapi juga iOS, BlackBerry, dan Windows– sepanjang waktu untuk bisa bekerja dengan optimal.

Kebutuhan tersebut “memaksa” para pemiliknya untuk mengalokasikan dana yang lebih demi bisa menyediakan kuota di tiap bulannya, atau berlangganan layanan internet di rumah dan terhubung menggunakan fitur WiFi.

Ada beragam cara yang bisa ditempuh untuk menghemat kuota data internet. Dari mematikan koneksi di saat-saat tertentu, mengurangi aktivitas berselancar hingga memangkas waktu berinteraksi di media sosial atau streaming video.

Sayangnya, cara-cara di atas itu membuat interaksi kita di dunia maya jadi terbatasi. Nah, keberadaan Opera Max mungkin bisa membantu. Dengan menggunakan aplikasi ini, keseruan beraktivitas di internet tidaklah akan berkurang.

Berikut adalah panduan untuk menggunakan fitur-fitur di aplikasi buatan Opera tersebut.

  • Unduh dan install aplikasi Opera Max dari Google Play, lalu jalankan.
  • Setelah dijalankan, lakukan tap pada tombol Agree & Continue kemudian tap menu Connect untuk terhubung ke layanan Opera Max Cloud.


Opera Max dapat memblokir aplikasi yang menggunakan kuota internet di latar belakang

  • Berikutnya, Opera Max akan menampilkan notifikasi bahwa koneksi telah berhasil dibuat. Lakukan tap pada tombol Ok untuk menutup jendela tersebut.
  • Sekarang, lakukan tap pada tombol menu di sudut kiri atas, dan tap App Management.


Mengatur Opera Max Cloud dan penggunaan kuota internet oleh aplikasi

  • Di panel ini, kita dapat membatasi penggunaan data oleh aplikasi yang ada di smartphone. Ada tiga jenis jendela panel yang bisa diatur ulang, yaitu Background, Mobile, dan WiFi.
  • Lakukan tap pada menu yang pertama, Background. Pengaturan ini digunakan untuk memblokir penggunaan data oleh aplikasi ketika berjalan di latar belakang. FYI, jangan langsung membatasi semua aplikasi, pilihlah aplikasi yang tak terlalu penting saja.
  • Lanjut ke menu Mobile Accesss. Pengaturan ini diaktifkan untuk memblokir penggunaan kuota khusus paket data seluler kita. Terakhir, aturlah juga daftar hitam aplikasi untuk jaringan WiFi.


Membatasi penggunaan data di latar belakang, data mobile dan WiFi

  • Selesai. Kini, kita bisa merasa lebih tenang untuk berselancar di internet, karena Opera Max akan bekerja terus-menerus untuk memantau dan membatasi aplikasi yang kerap menggunakan data internet tanpa sepengetahuan kita.
  • Untuk melihat berapa banyak yang dihemat, lakukan tap pada tombol menu dan tap Mobile Usage atau WiFi Usage.


Memeriksa statistik penggunaan data

Tags :
Tips android
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top