TIPS

Efek Buruk Jika Terlalu Sering Bermain Facebook

Dwi K   10 Jan 2018
Efek Buruk Jika Terlalu Sering Bermain Facebook

Facebook merupakan salah satu atau mungkin social media terbesar di dunia. Hampir setiap orang mempunyai akun Facebook untuk sekedar bersosialisasi di Dunia maya. Dengan banyaknya pengguna social media ini, banyak waku kita yang dihabiskan disini.

Selain berguna untuk bersosialisasi, seperti chatting atau sekedar melihat-lihat timeline, ternyata Facebook mempunyai sisi negative yang harus diwaspadai.

Berikut adalah beberapa sisi negative facebook yang harus dihindari dan diwaspadai.

Pertemanan Dunia Nyata Vs Pertemanan Dunia Maya

Sering kali kita melihat orang asyik sendiri dengan gadgetnya padahal sedang bekumpul dengan teman-temannya. Banyak diantaranya ternyata sibuk dengan temannya di dunia maya. Disini mereka seperti menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Seharusnya ada waktu untuk teman online dan ada waktu untuk teman dunia maya.

Jika kita terlalu sering berinteraksi di Facebook dan mengacuhkan dunia maya, kemungkinan untuk memecah pertemanan sangatlah besar dan membuat hubungan kita dengan teman akan menjadi buruk. Apalagi jika kita memang tidak berinteraksi dengan teman di dunia nyata dan hanya teman di Facebook.

Selingkuh

Seperti yang kita bahas tadi, Facebook seringkali mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Kita pasti merasakan mudahnya terkoneksi dengan orang baru dengan menggunakan Facebook. Nah kedekatan disini bisa menjadi boomerang apabila tidak diberi batasan. Kedekatan dengan orang baru atau orang lama bisa membuat kita merasa nyaman dan malah berpotensi selingkuh apabila sudah berpasangan.

Batasilah kedekatan di facebook dengan tidak banyak membagi informasi personal dan limit interaksi.

Depresi dan Stres

Sosial media memang tempat kita untuk sharing status, foto, dan video. Baik untuk hanya sekedar bercerita atau hanya ingin sekedar sharing.ternyata banyak user Facebook yang depresi dan stress ketika melihat unggahan di timeline mereka. Mengapa demikian?

Ternyata banyak user yang membandingkan kehidupan pribadinya ddengan hasil upload timeline mereka. Mereka menganggap dirinya gagal dibandingkan temannya yang berhasil dalam karir, keluarga dan keuangan. Misalnya ada yang sudah naik jabatan, punya momongan atau liburan ke luar negeri. Mereka mengangap kehidupan mereka itu gagal sehingga mereka merasa stress dan depresi

Informasi Pribadi Tersebar

Seringkali banyak user Facebook yang terlalu banyak share informasi pribadinya di akun. Mulai dari kegiatan shari-hari, foto keluarga, bahkan sampai ada kartu kredit!

Terlalu banyak share status juga tidak baik. Memang ini akun milik kita, namun tidak harus share status apalagi sampai membahas masalah internal keluarga.

Hal ini juga tidak baik bagi pekerjaan, karena banyak user Facebook yang dipecat akibat membuat status yang ofensif. Atau malah kita jadi sulit dapat pekerjaan karena banyak HRD sekarang yang mengecek status social media untuk mengetahui pribadi kita sevara lebih personal

Gunakanlah Facebook sebagaimana mestinya. Jangan menggunakannya terlalu dalam sehingga akun pertemanan malah jadi merusak pertemanan.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top