REVIEW

Inilah Pixel Dungeon, Sebuah Roguelike Modern dengan Beraneka Iterasi

Andy Chan   11 Jan 2018
Inilah Pixel Dungeon, Sebuah Roguelike Modern dengan Beraneka Iterasi

Mari kita kembali ke genre Roguelike, sebuah subgenre role playing game yang biasanya memiliki random dungeon, turn-based gameplay, grafis berbagis tile dan karakter yang kalau mati adalah permanen. Beberapa hal yang tidak disukai oleh gamers pada umumnya mengenai genre roguelike adalah tingkat kesulitan yang tinggi, mati permanen, serta grafisnya yang cenderung minimalis, bahkan aslinya hanya menggunakan karakter ASCII saja. Tidak ada yang bisa dilakukan mengenai mati permanen, karena itulah sebenarnya daya tarik Roguelike, namun Roguelike modern biasanya memiliki grafis yang lebih bagus. Hadirlah Pixel Dungeon, sebuah Roguelike modern buatan pengembang Rusia, Watabou.

Dikisahkan terdapat sebuah dungeon di bawah kota, level atasnya merupakan bagian dari sistem selokan di kota. Pemain berperan sebagai seorang petualang yang masuk ke dalam dungeon tersebut dan mencoba mendapatkan Amulet of Yendor di kedalaman dungeon tersebut atau mati mencobanya. Ya, Amulet yang sama dengan tujuan akhir game NetHack. Tapi hey, ceritanya sih tidak penting, dan yang pasti, Anda akan banyak mati dalam mencoba menjelajah dungeon tersebut.

Pixel Dungeon dimainkan dengan view dilihat dari atas. Pemain menggerakkan karakternya menggunakan layar sentuh, cukup menyentuh ke kotak mana untuk menyuruh karakternya berjalan ke kotak yang bersangkutan. Di bagian bawah game terlihat beberapa icon yang senantiasa menemani penjelajahan dungeon. Mereka adalah icon jam untuk menunggu satu turn, icon kaca pembesar untuk melakukan search, icon tanda tanya untuk mengecek informasi sebuah tile, icon backpack untuk mengecek inventory, serta icon senjata tembak. Apabila pemain bertemu dengan musuh, pemain bisa menembaknya dengan menggunakan icon senjata tembak, atau menyerangnya dengan menyentuh musuh tersebut di layar atau menyentuh icon musuh berwarna merah di bagian bawah layar. Musuh tidak akan bergerak selama pemain tidak bergerak, karena memang permainannya berjalan secara turn based.

Sepanjang perjalanan dalam dungeon, pemain akan menemukan berbagai macam benda, termasuk senjata, potion, scroll dan sebagainya. Seperti game roguelike lainnya, semua benda tersebut tidak teridentifikasi dan harus dicoba terlebih dahulu untuk mengetahui apa efeknya. Ini bisa menjadi sebuah situasi yang lucu, misalnya pemain tidak sengaja memanggil tiga buah wraith yang tidak bisa dibunuh, kemudian ketika sudah sekarat, dengan putus asa mencoba salah satu scroll berharap itu adalah scroll teleport, namun ternyata yang digunakan adalah scroll untuk menantang semua monster di lantai tersebut untuk datang menghampiri. Kematian yang bodoh, kan?

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan selain HP pemain adalah tingkat kelaparan. Selama di dalam dungeon, pemain semakin lama akan semakin lapar, sehingga perlu mencari makanan untuk bisa mengenyangkan perut. Kalau kelaparannya sudah fatal, HP pun akan menurun sampai tersisa 1 HP, dan tentunya sangat rentan mati apabila bertemu dengan monster. Oleh karena itu, tantangan dalam Pixel Dungeon selain bertahan hidup dari monster, juga menentukan kapan saat yang tepat untuk makan (dan tentunya mencari makanan dalam dungeon). Tapi Pixel Dungeon ini merupakan salah satu roguelike yang boleh dibilang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Mati itu sudah dijamin pasti terjadi, baik tidak sengaja, mati secara bodoh, ataupun sengaja bunuh diri.

Terdapat empat buah class yang bisa dimainkan dalam Pixel Dungeon, masing-masing memiliki kemampuan berbeda. Mereka adalah Warrior yang memiliki kemampuan tempur tertinggi, Mage dengan kemampuan sihir yang handal, Rogue yang jago dodge, serta Huntress yang jago melempar dan bersenjatakan bumerang. Tapi untuk bisa menggunakan Huntress, pemain harus mengalahkan boss ketiga terlebih dahulu.

Sebagai sebuah game roguelike modern, Pixel Dungeon tampil menggunakan grafis pixel art yang retro, tidak menggunakan ASCII Art. Memang grafisnya tidak secantik Darkness Survival yang semi 3D, namun sangat fungsional untuk menunjukkan penjelajahan sebuah dungeon. Animasi yang digunakan pun cukup minim, hanya ada animasi menyerang sederhana saja dari sprite-sprite yang ada. Anda bisa menyetel apakah ingin memainkan Pixel Dungeon secara landscape ataupun portrait.

Pixel Dungeon merupakan sebuah game yang murni gratis, tidak ada embel-embel sama sekali. Tidak ada yang namanya iklan, tidak butuh koneksi Internet, bisa dimainkan kapanpun karena tidak ada sistem stamina, juga sama sekali tidak ada mikrotransaksi. 100% gratis!

Source Code dari Pixel Dungeon itu bisa diakses oleh siapapun, oleh karena itu terdapat banyak sekali variasi dari Pixel Dungeon. Apabila kalian merasa Pixel Dungeon sendiri terlalu sulit, ada beberapa iterasi dari Pixel Dungeon yang pantas dicoba, masing-masing memiliki keunikan sendiri, yaitu:

Shattered Pixel Dungeon

Salah satu modifikasi yang paling populer dari Pixel Dungeon karena sangat balanced.

Skillful Pixel Dungeon

Ini modifikasi Pixel Dungeon dengan menambahkan skill-skill unik untuk membantu penjelajahan dungeon, baik pasif maupun aktif.

Yet Another Pixel Dungeon

Modifikasi dari Pixel Dungeon yang menambahkan pilihan tingkat kesulitan, Easy, Normal, atau Hard. Jangan salah, Easy pun tetap sulit. Asyiknya, semua karakter bisa langsung dipilih dari awal tanpa perlu unlocking. Jadi apabila ingin mencoba karakter Huntress, bisa dilakukan di sini. Sayangnya, semua class sudah dirubah menjadi Warrior, Brigand, Scholar, dan Acolyte, jadi mungkin akan berasa agak beda dengan Pixel Dungeon lainnya.

Remixed Pixel Dungeon

Inilah modifikasi keren yang menambahkan dua class baru, Elf dan Necromancer. Uniknya, Remixed Pixel Dungeon merubah seluruh game menjadi RPG normal, di mana pemain bisa masuk ke dungeon, keluar dari dungeon untuk berbelanja di kota. Versi ini juga memiliki pilihan tingkat kesulitan dan bisa melakukan save, namun menambahkan iklan.

Nah, kalau kalian merupakan salah satu pengguna Android, apapun kebutuhan roguelike kalian, pasti ada satu variasi dari Pixel Dungeon yang tersedia untuk kalian. Namun jika kalian adalah pengguna iPhone, maaf saja, kalian hanya bisa memainkan Pixel Dungeon yang asli saja, dan game-nya juga tidak gratis, harus membayar $2.99. Oleh karena itu, tidak ada varian dari Pixel Dungeon di iTunes.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top