REVIEW

Dragon Ball Z Dokkan Battle, Card Battle Rasa Dragon Ball

Anduril   09 Jan 2018
Dragon Ball Z Dokkan Battle, Card Battle Rasa Dragon Ball

Jepang mempunyai banyak game smartphone yang menarik, tetapi tidak ditranslasikan ke luar Jepang. Salah satunya adalah Dragon Ball Z Dokkan Battle. Beruntunglah, game tersebut dirilis global di pertengahan tahun 2015, yang artinya sudah memiliki bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa pengantarnya.

Dragon Ball Z Dokkan Battle hadir dengan genre Card Battle yang sangat populer dan juga menguntungkan di Jepang. Karena itu, game ini memiliki akar dasar yang sama dengan kebanyakan card battle. Tapi, untungnya, game ini tidak sekedar membuat kalian melakukan grinding saja, tapi juga menyediakan jalan cerita dan pertarungan yang strategis dan cepat khas serial Dragon Ball.

Cerita yang hadir cukup mirip dengan Dragon Ball Xenoverse, yang dirilis untuk console dan PC. Kalian dengan pasukan milik kalian harus melakukan investigasi terhadap misteri distorsi ruang waktu yang membuat banyak musuh dan berbagai kejadian menjadi campur aduk.

Kalian bakal dibawa kepada awal cerita Dragon Ball. Namun, dikarenakan distorsi waktu, maka akan ada musuh yang muncul duluan atau tidak sesuai dengan jalan cerita. Hal ini ditambah lagi dengan memori kami yang sudah sedikit karatan, sehingga membuat cerita dalam game ini jadi sedikit sulit untuk diikuti. Walau pun begitu, kami pada akhirnya berhasil juga untuk menikmati alur ceritanya.

Bayangkan kalian sedang memainkan monopoli. Setiap kocokan dadu akan menentukan jumlah petak yang bisa kalian langkahi, dan setiap petak mempunyai hadiah serta hukumannya sendiri. Kurang lebih, begitulah cara bermain Dragon Ball Z Dokkan Battle.

Bedanya adalah kalian akan diberikan tiga pilihan angka acak dan bukan satu seperti halnya pada monopoli. Setiap petak akan memiliki efek yang bermacam-macam, seperti misalnya menaikkan energi, memberikan item kepada kalian, mendapat serangan, sampai dengan melawan musuh.

Dengan diberikannya tiga pilihan angka yang diacak, maka kalian dapat mengatur strategi untuk menyelesaikan setiap level. Jadi, misalnya kalian sedang memiliki HP yang rendah, maka kalian dapat menggunakan pilihan ini untuk menghindari lawan yang berada pada tiga petak di depan kalian. Hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan berbagai item yang tersebar di dalam peta.

Tentu saja, inti dari game ini terletak dari pertarungannya, dan inilah yang benar-benar membuat kami jadi tidak bisa berhenti untuk bermain.

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memilih musuh yang mana yang akan kalian serang, lalu mengatur posisi pasukan kalian, kemudian memilih Ki Sphere untuk menyerang musuh. Setiap musuh akan mempunyai tipe Ki sendiri sehingga kalian harus memposisikan diri kalian dan juga memilih Ki yang efektif.

Setelah semua hal ini sudah kalian lakukan, maka kalian akan melihat animasi pertarungan yang seru. Walau pun tidak berupa animasi penuh, tapi jauh lebih baik dari kebanyakan card battle yang hanya menggerakkan kartu plus tambahan efek. Gaya animasi Dragon Ball Z Dokkan Battle mirip dengan komik yang dianimasikan sehingga tidak statis. Sang developer juga menyediakan berbagai animasi yang berbeda untuk setiap karakter sampai dengan gerakan-gerakan khusus yang mereka miliki.

Dragon Ball Z Dokkan Battle hanya menjual satu item freemium, yaitu Dragon stone. Dengan lima Dragon Stone, kalian bisa mendapatkan karakter dengan tingkat kelangkaan rare sampai dengan SSR. Dengan satu Dragon Stone, kalian dapat memulihkan energi kalian untuk terus bermain.

Dragon Ball Z Dokkan Battle memiliki semua hal yang kalian inginkan dari sebuah game Dragon Ball. Animasi pertempuran yang tidak membosankan serta kenangan nostalgia yang begitu kental dan terlalu berharga untuk dilewatkan begitu saja. Apa lagi, ini adalah game smartphone resmi pertama dari serial Dragon Ball yang tersedia untuk Indonesia.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top