REVIEW

Punch Out Terlahir Kembali Sebagai Prizefighters di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   10 Jan 2018
Punch Out Terlahir Kembali Sebagai Prizefighters di Ponsel Pintarmu

Pernah tahu mengenai game NES di tahun 80'an dulu yang berjudul Mike Tyson's Punch Out? Dalam game tersebut, pemain berperan sebagai Little Mac, seorang petinju amatir yang mencoba untuk naik ranking sambil mengalahkan semua lawan yang ada, mulai dari Glass Joe, Piston Honda, Bald Bull, Super Macho Man, sampai akhirnya melawan sang legenda sendiri, Mike Tyson.

Nah, terinspirasi dari game Mike Tyson's Punch Out tersebut, Koality Game telah membuat sebuah game yang mengisahkan perjalanan karir seorang petinju amatir yang mulai dari ranking paling bawah untuk menanjak sampai menjadi nomor satu di dunia dengan judul Prizefighters.

Tidak seperti Punch Out, pada Prizefighters, pemain diberikan kesempatan untuk memberikan nama pada petinjunya dan juga kemampuan untuk mengkustomisasi penampilannya. Ada cukup banyak kustomisasi di sini, mulai dari warna kulit, rambut, warna rambut, jenggot, kumis, warna sarung tinju, warna celana dan warna sepatu.

Seperti yang sudah disebutkan, pemain mulai dari ranking paling bawah, yaitu ranking 30. Dia harus mencoba mengalahkan ke-29 petinju lainnya yang memiliki ranking lebih tinggi untuk akhirnya bisa mencapai ranking pertama. Pemain bisa menantang petinju yang memiliki ranking tidak jauh berbeda, dan apabila berhasil mengalahkannya, maka dia akan merebut ranking dari petinju tersebut.

Pada saat pertandingan tinju berlangsung, pengendalian permainan semuanya murni menggunakan touch screen yang modern, tidak menggunakan virtual gamepad. Pemain memiliki empat buah daerah untuk disentuh, kiri atas dan kanan atas untuk meninju kepala menggunakan tangan kiri dan kanan, serta kiri bawah dan kanan bawah untuk meninju badan. Untuk menghindar dari serangan, pemain hanya perlu melakukan swiping ke kiri atau ke kanan, dan untuk melakukan blocking, pemain tinggal melakukan swiping dari atas ke bawah untuk block bawah, dan swip dari bawah ke atas untuk block atas.

Selain gerakan dasar tersebut, terdapat juga pukulan kuat yang bisa dilakukan apabila pemain sudah mengumpulkan power. Caranya adalah dengan menyentuh dan menahan sentuhannya di posisi yang ingin dipukul. Hal ini bisa dilakukan apabila icon sarung tinju di bawah layar sudah terisi, dan dijamin pukulannya akan sangat fatal apabila berhasil mengenai lawan.

Tapi bukan berarti Anda bisa memainkannya sembarangan, karena ada meteran stamina yang berkurang setiap kali petinju Anda mengeluarkan pukulan. Apabila stamina ini habis, maka pemain tidak bisa bergerak untuk sementara waktu sampai stamina kembali terisi. Sangat penting untuk memperhatikan penggunaan stamina agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sedikit kendala mungkin ada pada pengendalian dengan sistem touch yang boleh dibilang tidak terlalu akurat, terutama pada saat mencoba melakukan dodge dan blocking.

Setiap berhasil mengalahkan lawan, pemain akan mendapatkan Prize berupa uang dan experience yang bisa digunakan untuk melakukan upgrade stats dan memilih skill unik. Pada akhirnya, petinju tersebut akan memiliki stats unik sesuai dengan cara bermain yang diinginkan oleh pemain.

Grafis kartun yang digunakan oleh Prizefighters sangatlah menawan. Semua petinju yang hadir dalam game ini dibuat secara acak, sehingga tidak ada dua game yang memiliki lawan yang sama. Meskipun begitu, mereka tidak memiliki kharisma yang unik, karena kurang lebih semuanya memiliki animasi yang sama, tidak seperti Punch Out dengan karakter-karakter uniknya. Meskipun begitu, setiap pukulan yang mengenai lawan sangat berasa kekuatannya, dan animasi Knock Out mereka pun selalu menarik untuk disaksikan.

Prizefighters hadir secara free-to-play yang benar-benar bebas dari kendala yang biasa menghantui game-game bermodel free-to-play. Tidak ada iklan yang mengganggu, tidak ada sistem stamina, juga tidak butuh koneksi Internet sama sekali untuk dimainkan. Ada sedikit mikrotransaksi untuk membeli uang, itu saja.

Bagi kalian yang menginginkan sebuah klon dari Punch Out, mungkin akan kecewa dengan karakter-karakter yang tidak memorable dalam Prizefighters. Tapi game ini mengambil sedikit elemen dari simulasi tinju macam Fight Night, jadi boleh dibilang game-nya menjadi agak semi realistik, namun dikemas dengan permainan ala arcade yang seru. Tapi bagi penggemar Punch OUt, Prizefighters boleh dibilang merupakan game turunan dari Punch Out yang cocok dimainkan di ponsel pintar Anda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top