REVIEW

Jegerrr! Belah Planet dengan Sekali Pukul! Strike the Planets!

Andy Chan   09 Jan 2018
Jegerrr! Belah Planet dengan Sekali Pukul! Strike the Planets!

Pernah membayangkan seperti apa kuatnya seseorang yang bisa menghancurkan sebuah planet dengan sekali pukul? Begitu dia memukul dataran yang menjadi tempatnya berdiri, maka sebuah planet pun terbelah menjadi dua. Siapakah yang bisa melakukan itu? Well, salah satunya adalah Arale dari Dr. Slump yang pukulannya bisa membelah Bumi, bahkan Suppaman pun bengong demi melihatnya. Tapi, kini tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mencarinya, karena Anda sendiri pun bisa membelah planet dalam sebuah game buatan Oridio yang berjudul Strike the Planets!

Dikisahkan adanya sebentuk wujud makhluk yang berbentuk manusia dan berwarna hitam yang bertualang dari satu planet ke planet lain dengan tujuan yang hanya satu-satunya saja, yakni membelah planet-planet tersebut menjadi dua bagian. Tugas pemain adalah membantunya untuk membelah planet tersebut dengan menyentuh layar pada saat meteran kekuatan pukulannya sudah penuh terisi secara tepat dan akurat.

Tidak ada pengendalian sama sekali, hanya ada satu cara interaksi dengan game ini, yaitu dengan cara menyentuh layar. Sebelum menyentuh layar, pemain harus memperhatikan meteran yang berada di samping medan permainan. Pada meteran tersebut, akan ada sebuah indikator yang merupakan batas toleransi pukulan sebuah planet. Meteran kekuatan pukulan akan terlihat naik dan turun, dan pemain harus menyentuh layar di saat meteran kekuatan tersebut sudah penuh terisi, atau paling tidak, sudah berada di atas indikator yang ada untuk bisa membelah planet.

Selesai membelah satu planet, maka dia pun akan langsung meluncur ke planet berikutnya dan kembali melakukan hal yang sama. Tapi, tingkat kesulitannya akan bertambah tinggi, karena indikator pada meteran di samping akan semakin dekat ke titik atas, sementara kecepatan naik dan turunnya meteran tersebut juga semakin cepat, sehingga apa yang merupakan titik sentuh di planet pertama, sudah pasti berbeda dengan titik sentuh pada planet keduabelas. Tidak ada life atau apa pun sama sekali, begitu pemain sampai gagal untuk membelah sebuah planet, maka terjadilah game over.

Tersedia tiga buah mode permainan. Yang pertama adalah Short Mode, dimana pemain bertugas untuk menghancurkan 12 buah planet. Apabila pemain sudah berhasil mengalahkan Short Mode dengan skor lebih dari 8000 points, maka ia akan membuka Long Mode. Pada Long Mode ini, pemain bertugas untuk menghancurkan 36 buah planet. Kumpulkan skor sebanyak 40.000 points dalam Long Mode, maka akan terbukalah Endless Mode, sebuah mode tanpa batas dimana pemain bisa menghancurkan planet dengan sebanyak-banyaknya tanpa ada batasan jumlah planet sama sekali.

Setiap planet yang ditampilkan pada Strike the Planets memiliki struktur yang berbeda-beda. Ada planet hijau, ada planet kristal, juga ada planet mekanik yang mirip dengan Death Star, dengan totalnya sebanyak 36 planet unik yang masing-masing ukurannya pun akan berbeda-beda. Namun, kesemua planet tidak akan ada yang bisa bertahan dari pukulan sang jagoan yang tampil antara memang berwarna hitam atau dia adalah sebuah siluet. Lagunya pun seru, cocok dengan nuansa penghancuran planet yang sedang terjadi di layar.

Strike the Planets merupakan sebuah game free-to-play yang senantiasa menampilkan iklan di layar. Terkadang, iklan tersebut malah tampil secara full-screen, sehingga agak mengganggu jalannya permainan. Game-nya sendiri tidak membutuhkan Internet, dan bisa terus-menerus dimainkan karena tidak ada sistem stamina atau energi yang membatasi permainan. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali, namun pemain bisa melakukan continue dengan cara menonton sebuah video iklan.

Kalau disebut sebagai game sederhana dan sangat casual, memanglah benar. Strike the Planets memang tidak memiliki kompleksitas sama sekali, dan game-nya memang hanya begitu saja. Tapi, pengembangnya patut diberikan jempol atas konsep menghancurkan planet dengan cara memukulnya hingga terbelah dua ini sampai akhirnya dijadikan sebuah game. Oleh karena itu, Strike the Planets patut untuk dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top