TIPS

Bagaimana Cara Bikin YouTube Kids Aman untuk Anak?

Dikdok   11 Jan 2018
Bagaimana Cara Bikin YouTube Kids Aman untuk Anak?

Diluncurkan sejak tahun 2015, YouTube Kids telah berperan sebagai sebuah platform video khusus anak-anak yang hanya menampilkan beragam konten yang ramah anak, seperti konten pendidikan, kartun, dan musik yang dikhususkan untuk anak-anak. Namun, sisi negatif dari internet nyatanya tetaplah sulit untuk dihapuskan. Masih saja, ada beberapa pihak yang berusaha membuat video-video palsu dengan konten-konten yang mengganggu, seperti PeppaPig meminum pemutih, Sipder-Man mengencingi Elsa, dan masih banyak lagi lainnya.

Lalu, apakah kini jadi tidak aman lagi untuk meninggalkan anak-anak kita dalam mengeksplorasi video-video di YouTube secara bebasnya?

Berbicara mengenai permasalahan ini, Google telah menyebutkan bahwa pihaknya telah berusaha untuk menghapus berbagai konten yang mengganggu tersebut. Namun, jika kalian tetap merasa tidak nyaman untuk meninggalkan anak-anak dengan kondisi seperti saat ini, maka kalian bisa menggunakan beberapa pengaturan kontrol orang tua yang dapat membantu untuk mengurangi resiko sehingga anak tak tersandung konten-konten yang tidak pantas.

Lalu, pengaturan apa saja yang harus dilakukan? Berikut adalah beberapa pengaturan yang bisa kalian lakukan untuk membuat YouTube Kids tetap ramah bagi anak:

Matikan fitur pencarian

Mematikan fitur pencarian pada YouTube Kids tentunya meminimalisir kemungkinan bagi sang anak untuk mengunjungi konten-konten yang negatif untuk mereka. Sebaiknya, cukup dengan menggunakan rekomendasi yang ditawarkan oleh algoritma Google.

Untuk menonaktifkan fitur pencarian, caranya cukup dengan memilih icon berbentuk gembok yang terletak di kanan bawah. Lanjutkan dengan memilih profil sang anak, dan matikanlah pengaturan pencarian.

Laporkan dan blokir video yang tidak pantas

Jika sebuah konten yang mengganggu sang anak ternyata muncul secara tiba-tiba, segera blokir konten tersebut agar tidak sampai muncul lagi nantinya. Kalian juga bisa melaporkan konten negatif tersebut secara langsung kepada pihak YouTube Kids. Karena, pihaknya memiliki tim yang dapat mengulas berbagai video yang telah banyak dilaporkan.

Untuk memblokir sebuah video, caranya cukup dengan memilih opsi tiga-titik dan memilih opsi blokir. Kalian bisa memblokir sebuah video yang tengah ditonton, atau jika dianggap ada sebuah channel yang mengganggu, maka kalian bisa langsung memblokir keseluruhan channel tersebut.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top