REVIEW

Panjat Tower Fortress yang Misterius, Selamatkan Umat Manusia dari Kemusnahan!

Andy Chan   08 Jan 2018
Panjat Tower Fortress yang Misterius, Selamatkan Umat Manusia dari Kemusnahan!

Sebuah menara misterius telah menjulang tinggi. Dari menara tersebut, keluarlah jejak asap hijau yang membuat semua orang menjadi sakit. Menaranya sendiri dipenuhi dengan makhluk-makhluk aneh yang siap untuk membunuh siapa pun yang berani memanjatnya. Namun, jika tidak ada orang yang berani untuk memanjat menara misterius tersebut, maka umat manusia akan musnah! Seluruh umat manusia membutuhkan seorang pahlawan pemberani. Apakah Anda adalah pahlawan tersebut? Demikianlah sepetik kisah latar belakang dari game buatan Nitrome yang berjudul Tower Fortress ini.

Pada intinya, Tower Fortress adalah sebuah game platforming dimana pemain harus memanjat ke arah atas untuk mencapai stage berikutnya. Di sepanjang perjalanan memanjat, pemain akan menemui berbagai macam makhluk aneh yang siap untuk membunuh Anda sebagai sang penyelundup menara. Terkadang, terdapat rintangan yang mematikan seperti paku. Namun, juga ada peti harta yang bisa berisikan berbagai benda untuk membantu perjalanan Anda. Pemain juga dilengkapi dengan senjata untuk membasmi para makhluk yang mengganggu tersebut.

Pengendalian permainan cukup sederhana, pemain diberikan sebanyak empat buah tombol virtual, yaitu tombol kiri dan kanan untuk bergerak ke kiri dan ke kanan, sebuah tombol melompat, serta sebuah tombol untuk menembak. Uniknya di sini, pemain bisa melompat hingga dua kali, dimana lompatan yang kedua akan membuat karakternya jadi melakukan spin yang mematikan dan bisa membunuh para makhluk aneh di menara.

Setiap membunuh para monster di menara tersebut, pemain biasanya bakal mendapatkan gems yang merupakan mata uang untuk membeli armor baru. Armor yang bisa dibeli tersebut memiliki fitur-fitur khusus. Misalnya, "Light Weight" merupakan armor yang memiliki daya gravitasi rendah sehingga bisa melompat lebih tinggi dari biasanya, "Iron Clad" yang memiliki HP lebih banyak tapi pemain akan mendapatkan random drop Health yang lebih jarang, dan sebagainya. Selain gems, monster terkadang juga menjatuhkan health pack untuk memulihkan HP, karena HP pemain terbatas, dan apabila terkena serangan monster hingga beberapa kali sampai HP habis, maka ia pun akan tewas. Dan, pemain harus mengulang lagi dari lantai yang paling bawah, kecuali ingin membayarkan sejumlah gems atau menonton iklan.

Pemain juga bisa mendapatkan berbagai senjata khusus seperti Machine Gun, Magnum, Rubber Gun, dan sebagainya yang bisa ditemukan ketika membuka peti harta. Selain itu, setiap membunuh sejumlah musuh, maka pemain akan bisa mendapatkan sebuah kunci yang fungsinya untuk membuka pintu atas dari ujung sebuah stage untuk mencapai sebuah ruangan khusus. Di dalam ruangan khusus tersebut, terdapat tiga buah power up yang bisa dipilih dan dipergunakan oleh pemain secara permanen sampai karakternya tewas. Ada banyak jenis power up yang menarik. Misalnya, ada power up untuk melakukan spin secara terus-menerus tanpa perlu melompat sebanyak dua kali, sebuah booster untuk melompat lebih tinggi, dan lainnya, yang mana keputusan pemain ingin mengambil power up yang mana akan bisa mengubah cara memainkan game-nya.

Kalau boleh dibilang, grafis dari Tower Fortress ini agak unik. Game ini menggunakan grafis 2D yang kelam, namun karakternya sendiri tampil secara chibi alias cebol. Dilihat dari artwork-nya, armor yang dikenakan oleh karakter utamanya mirip namun tidak sama dengan karakter utama dari serial game Metroid, Samus Aran. Dalam perjalanannya untuk memanjat menara, pemain ditemani dengan lagu 8 bit yang misterius, cocok dengan keasingan dari menara itu sendiri.

Tower Fortress bisa dimainkan secara free-to-play, meski pun pemain terkadang harus menghadapi iklan yang muncul. Ada dua cara untuk menghilangkan iklan. Seperti biasa, yang pertama adalah dengan mematikan koneksi Internet karena Tower Fortress tidak membutuhkan Internet kecuali untuk mengecek berbagai fitur yang tidak penting seperti leaderboard. Yang pasti, game-nya bisa dimainkan secara bebas kapan pun, karena tidak menggunakan sistem stamina/energi.

Game memanjat menara Tower Fortress ini seru, adiktif, dan menjadi sebuah tantangan tersendiri mengenai seberapa tinggi Anda bisa memanjat menara tersebut sebelum akhirnya tewas. Dengan adanya sistem power up acak serta susunan menara yang berubah-ubah setiap kali dimainkan, dipastikan bahwa setiap game tidak akan sama dan tantangan tetap bakal hadir berapa kali pun Anda memainkan game-nya. Saatnya bagi Anda untuk menyelamatkan umat manusia dari kehancuran dan taklukkanlah menara misterius Tower Fortress, di ponsel pintar Anda!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top