REVIEW

Golf Zero, Sebuah Permainan Golf Platforming yang Menantang

Andy Chan   07 Jan 2018
Golf Zero, Sebuah Permainan Golf Platforming yang Menantang

Hampir semua orang sudah tahu mengenai permainan Golf. Dalam cabang olah raga tersebut, pemain harus memukul bola golf dengan menggunakan sebuah tongkat golf sampai bola golf tersebut akhirnya masuk ke lubang yang berada di tujuan. Namun, apa jadinya kalau permainan golf tersebut digabungkan dengan sebuah game platforming? Hasilnya adalah Golf Zero, sebuah game golf buatan Colin Lane dan Brad Erkkila yang menantang dan unik.

Tujuan dari permainan Golf Zero, tentu saja, adalah untuk memasukkan bola golf ke dalam lubang tujuan. Namun, lokasi dari lubang golf tersebut agak absurd, dan pemain harus menggerakkan karakternya agar berada dalam posisi yang tepat untuk memukul bola golf yang ada agar bisa sampai masuk ke lubang. Permainan mengambil tempat di sebuah lokasi 2D dengan tampilan dari samping. Pemain pun bisa melihat-lihat medan permainan untuk melihat posisi tujuan akhir bagi bola golf berada di mana, dan melihat betapa absurdnya rintangan yang harus dilalui untuk bisa memukul bola golf ke lokasi tersebut.

Pemain mengendalikan karakternya dengan menggunakan virtual gamepad. Tersedia tombol kiri dan kanan untuk menggerakkan karakternya ke kiri dan ke kanan, sebuah tombol lompat untuk melompat, serta sebuah tombol swing untuk memukul bola golf. Uniknya, pemain bisa memukul bola golf di mana pun, termasuk ketika sedang melompat di udara. Saat memukul bola golf, waktu akan terhenti selama tiga detik. Dan, dalam tiga detik tersebut, pemain bisa mengatur arah pukulan bola golf dengan menggunakan tombol kiri dan kanan, serta menyentuh tombol swing untuk memukulnya.

Platforming pada Golf Zero ini cukup unik. Selain bisa melompat dan mendarat pada platform-platform yang disediakan, karakternya juga bisa bertengger di dinding, meski pun dia akan pelan-pelan merosot turun ke bawah. Kemampuan pemain untuk bisa mengendalikan karakternya adalah sesuatu yang penting, karena ada banyak benda berbahaya di layar, termasuk paku-paku yang mematikan serta makhluk-makhluk yang juga sama berbahayanya.

Setiap stage biasanya memiliki sebuah balon untuk dipecahkan dengan menggunakan bola golf. Dengan memecahkan balon tersebut dan memasukkan bola golf ke lubang, maka pemain akan mendapatkan medali emas. Terkadang, ada syarat tambahan untuk mendapatkan medali emas. Misalnya, hanya boleh menggunakan satu bola golf saja dari tiga bola golf yang disediakan.

Tersedia sebanyak 80 stage untuk diselesaikan, dan apabila sudah berhasil menyelesaikan 80 stage yang edan dan dipenuhi dengan berbagai jebakan yang mematikan tersebut, masih ada mode bernama Speed Run pula untuk beradu cepat dengan pemain lain dalam menyelesaikan sebuah stage. Malah, pada stage 41, terdapat saingan yang juga bertujuan untuk memasukkan bola golf ke lubang tujuan, sehingga pemain harus lebih cepat lagi dalam melakukannya.

Golf Zero menggunakan grafis 2D, namun tampak sadis dengan roda gergaji yang siap untuk mencincang karakter utama game ini, yang sepertinya merupakan makhluk aneh yang imut, hingga penuh darah. Animasinya memang sederhana, tapi game ini tetap menawan dengan lagu-lagu retro yang seru.

Memang, Brad Erkkila sebagai salah satu developer-nya menyediakan Golf Zero secara free-to-play, tidak ada sistem stamina, tidak ada mikrotransaksi, dan juga tidak membutuhkan koneksi Internet untuk bisa dimainkan. Namun, game-nya akan menyuguhkan video iklan setiap kali pemain sampai gagal dalam menyelesaikan sebuah stage. Dan, percayalah, semakin lama, stage-nya akan semakin sulit, sehingga bersiaplah untuk lebih sering menonton iklan yang mengganggu tersebut apabila Anda sedang memainkannya dengan koneksi Internet menyala.

Golf Zero merupakan sebuah game yang benar-benar menantang, dimana memasukkan bola golf ke lubang itu pada intinya lebih penting jika dibandingkan dengan keselamatan diri sendiri. Jadi, bersiaplah untuk melompat-lompat demi melakukan platforming sambil menghindari berbagai rintangan maut dan pukullah bola golf tersebut sampai masuk ke lubang. Tidak peduli setelah bola golf tersebut masuk ke lubang, apakah Anda bakal mati tercincang oleh roda gergaji atau pun tercempelung masuk ke dalam laut. Seru, bukan? Inilah game golf terunik yang patut untuk dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top