REVIEW

Bisakah Anda Keluar dari Lingkaran Kehidupan? Cari Tahu Jawabannya dalam Nirvana: Game of Life

Andy Chan   07 Jan 2018
Bisakah Anda Keluar dari Lingkaran Kehidupan? Cari Tahu Jawabannya dalam Nirvana: Game of Life

Menurut kepercayaan dari sebagian orang, apabila manusia itu telah meninggal, maka ia akan terlahir kembali di sebuah kehidupan baru, tentunya tanpa ingatan mengenai masa lalunya. Sang Kreator telah menciptakan Anda, sebuah jiwa yang dijadikan eksperimen oleh-Nya untuk hidup hingga berkali-kali sampai pada akhir perjalanannya. Bisakah Anda keluar dari lingkaran kehidupan yang diciptakan oleh Sang Kreator tersebut? Itulah kisah yang dibawakan oleh game berjudul Nirvana: Game of Life, buatan GoldTusks.

Dalam Nirvana: Game of Life, pemain akan berperan sebagai seorang manusia, mulai dari awal hidupnya sampai dengan akhir hayatnya, baik itu mati muda atau pun mati karena memang sudah waktunya. Cara bermainnya sangat mudah. Pemain diberikan sebuah kartu yang berisikan sebuah situasi. Selanjutnya, pemain bisa mengambil dua buah aksi untuk menyelesaikan situasi tersebut dengan melakukan swipe pada kartu ke arah kiri atau ke arah kanan. Sebelum melepaskan jari dari melakukan swipe, lihatlah di bagian atas mengenai aksi apa yang akan dilakukan apabila melakukan swipe ke arah kiri atau ke arah kanan.

Masing-masing aksi tersebut bakal memiliki konsekuensi tersendiri, dan biasanya akan mempengaruhi satu atau lebih stats yang terdapat di bagian atas layar. Keempat stats yang bisa dipengaruhi tersebut adalah Kesehatan, Kegembiraan, Popularitas, dan Keuangan. Pemain harus bisa mengatur keempat stats ini agar tidak sampai habis, dan juga tidak boleh sampai penuh. Apabila kesehatannya habis, maka karakter pemain akan mati karena sakit. Namun, kalau terlalu penuh, dia juga akan mati karena terlalu sehat. Hal yang sama juga berlaku untuk ketiga stats lainnya, dengan masing-masingnya memiliki kematian yang unik.

Biasanya, situasi yang diberikan cukup mudah untuk ditebak jawabannya. Misalnya, ketika karakter pemain masih kecil, sang nenek terlupa untuk mengunci pintu. Apakah Anda ingin menjelajah ke luar rumah, atau melompat-lompat di ranjang? Uniknya, ada beberapa kejadian yang bisa menyelamatkan Anda dari kematian. Misalnya, mendapatkan teman baik yang akan mencegah Anda untuk bunuh diri ketika sedang mengalami depresi.

Pemain diberikan masa permainan selama 750 tahun, dimana setiap menyelesaikan sebuah situasi, maka umur karakter pemain akan bertambah setahun. Karakter yang memiliki jenis kelamin random ini akan bertumbuh seiring dengan berjalannya umur. Mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga tua. Tentunya, itu apabila tidak sampai terjadi sesuatu yang dapat membunuhnya di waktu muda.

Setiap kali pemain mengalami kematian, maka akan terlihatlah kuburan yang bertambah sebanyak satu, kemudian pemain pun akan melakukan reinkarnasi untuk kembali menjadi seorang bayi. Tapi, ada sedikit intrik yang mungkin menarik di sini. Ada sebuah jiwa yang hilang dan menawarkan cara untuk bisa terlepas dari lingkaran kehidupan, sementara Sang Kreator sendiri menjanjikan pemain akan mencapai Nirvana ketika berhasil melewati 750 tahun tersebut. Semua itu bakal dikembalikan kepada pemain, apakah ingin mempercayai sang Kreator atau mempercayai jiwa yang hilang tersebut.

Di samping berbagai situasi normal kehidupan, seperti berteman, menikah, punya anak, dan lainnya, pemain terkadang juga bisa menghadapi hal-hal unik, misalnya mendadak dilatih menjadi seorang Assassin, atau malah berubah menjadi seorang Rockemon Trainer, atau bahkan dimasukkan ke penjara. Masing-masing kejadian akan memiliki deretan situasi yang unik untuk diselesaikan, bahkan pemain bisa mendapatkan skill khusus yang bisa mengubah hasil dari sebuah aksi tertentu.

Memang, Nirvana: Game of Life bukanlah game tercantik. Tidak ada tampilan gambar yang bagus, atau animasi yang menunjukkan situasi yang terjadi. Pemain hanya disuguhkan sebuah kartu saja dengan deskripsi kejadian di atasnya. Tampilan karakter pemain pun benar-benar retro, terlihat dari grafis pixel art yang selalu menemani di bagian kiri bawah layar. Lagu dan efek suara game ini juga sangat minimalis, tidak ada masalah untuk dimainkan tanpa suara sama sekali.

Nirvana: Game of Life merupakan sebuah game free-to-play yang 100% gratis. Tidak ada mikrotransaksi, tidak ada iklan yang mengganggu, tidak ada sistem stamina, dan tidak membutuhkan koneksi Internet. 100% bisa dimainkan kapan pun, di mana pun, tanpa gangguan. Game-nya sendiri masih dalam tahap beta. Jadi, mungkin masih akan ada kelanjutan pengembangan yang lebih baik lagi dari versi yang ada pada saat ini, yang katanya tidak kompatibel dengan beberapa perangkat ponsel pintar.

Inilah tantangan untuk pemain, seberapa lama Anda sanggup untuk bertahan hidup dalam kehidupan manusia? Atau, malah mau menjadikannya sebagai tantangan mengenai seberapa cepat Anda bisa mati? Rekor penulis adalah 4 tahun untuk kematian tercepat, dan 89 tahun untuk kematian terlama. Bisakah Anda mengalahkan rekor tersebut? Cari tahulah sekarang juga dalam Nirvana: Game of Life.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top