TIPS

Punya Smartphone Baru? Lakukan Pengaturan ini Dulu sebelum Menggunakannya

Dikdok   07 Jan 2018
Punya Smartphone Baru? Lakukan Pengaturan ini Dulu sebelum Menggunakannya

Bagi yang baru saja memiliki smartphone anyar dipastikan bahwa kalian pada saat ini sedang semangat-semangatnya untuk mengeksplorasi seluruh fitur dan kemampuan dari smartphone kalian itu. Namun, di balik kecanggihan smartphone baru yang kalian miliki tersebut, seringkali didapati pengaturan default dari smartphone yang tidak akan nyaman untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari. Bahkan, pengaturan standar dari smartphone tersebut terkadang bisa saja membuat kita jadi merasa jengkel bila sampai tidak diubah.

Oleh karena itu, Jurnal Apps kali ini akan memberikan ulasan mengenai fitur default apa saja yang sebaiknya diubah untuk menciptakan smartphone baru kalian itu hingga menjadi lebih nyaman untuk digunakan.

1. Pengaturan Suara dan Getaran saat Menyentuh Layar

Suara dan getaran pada smartphone mungkin bukanlah hal yang mengganggu jika digunakan dengan tepat. Namun, bila suara dan getaran selalu muncul setiap kita menekan layar pastinya akan jadi cukup mengganggu, bukan? Bukan hanya itu saja, menggunakan kedua fitur ini setiap layar terkena sentuhan tentunya akan membuat baterai menjadi semakin cepat untuk habis pula.

Untuk itu, guna menghentikan suara dan getaran terhadap respon sentuhan di layar, caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih opsi Settings > Sounds > Other sounds.
  • Sesampainya pada laman ini, kalian bisa menonaktifkan berbagai hal, seperti suara kunci layar, suara pengisian, suara sentuh, getaran sentuh, dan masih banyak lagi.

2. Pengaturan Suara dan Getaran Keyboard ketika Mengetik

Keyboard juga memiliki pengaturan tersendiri terkait suara dan getaran. Jika dirasa mengganggu, kalian juga bisa menghilangkan suara dan getaran melalui sedikit pengaturan, lho! Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih opsi Settings > Language and input > Virtual keyboard.
  • Pilih keyboard yang kalian gunakan
  • Dalam preferensi, nonaktifkan ‘Keyboard sound‘ dan ‘Keyboard vibration.‘

3. Auto-Correct

Auto-correct mungkin memang cukup membantu untuk memperbaiki setiap kata yang salah diketik. Namun, banyak orang yang sayangnya tidak menggunakan kata baku dalam berkirim pesan. Dengan begitu, bukannya jadi membantu, fungsi dari sistem auto correct ini malah jadi mengganggu.

Oleh karena itu, untuk mengubah pengaturan Auto Correct, kalian bisa melakukan cara berikut:

  • Buka opsi Settings > Language and input > Virtual keyboard
  • Pilih keyboard yang kalian
  • Pada pengaturan keyboard, pilih opsi ‘Text Correction.‘
  • Lanjutkan dengan menonaktifkan opsi ‘Auto replace.‘

4. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan

Kebanyakan produsen sebuah perangkat telah menempatkan beberapa aplikasi bawaan mereka sendiri pada smartphone yang diproduksinya. Padahal, setiap aplikasi bawaan belum tentu akan digunakan oleh sang pemilik smartphone. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak digunakan agar tidak sampai jadi membuang kapasitas memori dengan sia-sia.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top