REVIEW

Inilah Bahaya Menggunakan Smartphone dengan Layar Pecah

Dikdok   06 Jan 2018
Inilah Bahaya Menggunakan Smartphone dengan Layar Pecah

Pernah menggunakan smartphone dengan layar yang pecah, mungkin karena terjatuh atau sebab lainnya? Jika pernah, kalian pasti merasakan bagaimana mengganggunya untuk menggunakan layar smartphone yang pecah, bukan?

Meski pun tidak akan selalu merusak fungsi dari layar tersebut, retakan yang ditimbulkan dari smartphone yang terjatuh (atau sebab lainnya) nyatanya juga sangat mengganggu kenyamanan pengguna. Bahkan, ada bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan layar yang pecah.

Berikut ini, bakal Jurnal Apps berikan penjelasan singkat mengenai bahayanya menggunakan smartphone dengan layar yang pecah:

1. Penurunan Fungsi Layar Sentuh

Meski pun masih dapat digunakan, pecahan layar smartphone pastinya akan menurunkan tingkat sensitivitas layar terhadap sentuhan. Dengan begitu, kalian akan membutuhkan usaha yang lebih untuk melakukan navigasi pada layar yang pecah. Pada kasus yang lebih buruk lagi, pecahan tersebut bahkan lama kelaman bisa menyebabkan keseluruhan layar menjadi sepenuhnya tidak berfungsi.

2. Kehilangan Proteksi

Dengan adanya retakan pada layar, bisa menyebabkan berbagai komponen yang ada di dalam smartphone jadi kehilangan proteksinya karena tidak tertutup secara baik oleh layar.

Sebagai contoh, misalnya saja di saat smartphone terkena cipratan air. Pada smartphone yang memiliki retakan pada layar, tentunya jadi akan lebih rentan untuk mengalami kerusakan, karena air bisa saja masuk ke dalam melalui celah yang ada sampai menuju komponen-komponen elektronik dari smartphone yang terletak belakang layar.

3. Risiko Melukai Jari

Pecahan membuat permukaan layar menjadi tidak halus dan rata. Bahkan, layar yang pecah juga bisa membuat adanya bagian lancip pada layar yang mencuat dan bisa melukai jari sang pengguna.

4. Kerusakan Mata

Menggunakan smartphone normal dengan durasi yang terlalu lama pun sudah bisa membuat mata menjadi rusak. Terlebih, apabila menggunakan layar yang retak, mungkin bisa membuat mata sang pengguna jadi lebih cepat lagi untuk rusak. Pasalnya, mata kita harus melakukan usaha yang lebih untuk mampu melihat dengan jelas pada bagian layar yang pecah.

5. Radiasi

Radiasi merupakan salah satu hal yang bisa ditimbulkan dari penggunaan smartphone. Dengan layar yang pecah, kondisi ini diyakini bisa menciptakan radiasi yang jauh lebih berbahaya terhadap sang pengguna smartphone.

Nah, itulah beberapa bahaya menggunakan smartphone dengan layar yang pecah. Semoga bisa membantu lebih mencerahkan, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top