TIPS

Meningkatkan Kualitas Suara & Menaikkan Volume di Android

Escravania   04 Jan 2018
Meningkatkan Kualitas Suara & Menaikkan Volume di Android

Tidak semua ponsel memiliki kualitas speaker atau tingkat volume yang dapat dibanggakan. Kedua masalah ini –ditambah dengan penempatan posisi speaker yang buruk– adalah faktor terbesar yang menghalangi Anda untuk menikmati berbagai suara yang berasal dari ponsel. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu meningkatkan kualitas suara dan meningkatkan volume pada Android.

Periksa pengaturan Anda

Anda dapat mengoptimalkan pengalaman audio pada Android milik Anda lewat pengaturan. Namun, tidak semua UI Android memiliki fitur ini. Jadi, cara ini tidak dapat diterapkan untuk semua orang. Jika perangkat Anda memilikinya, maka prosedurnya jadi mudah untuk dilakukan. Dan, setelah melakukannya untuk pertama kalinya, Anda dapat segera meningkatkan pengaturan audio di masa mendatang.

Untuk TouchWiz pada Samsung, Anda perlu mengaktifkan perangkat audio mana pun yang ingin Anda gunakan (jika Anda menggunakannya). Lalu, masuklah ke Pengaturan dan sentuh Suara. Dari sana, tekan Pengaturan audio. Anda akan melihat serangkaian pilihan untuk meningkatkan pengalaman audio.

MIUI dari Xiaomi, memiliki peningkat kualitas untuk headphone. Cukup dengan menyalakan dan memilih jenis perangkat audio yang Anda gunakan. Anda akan memiliki pilihan antara headphone dalam-telinga dan headphone normal.

Xperia UI menggunakan pengaturan ClearAudio dan memiliki equalizer, keduanya dapat Anda atur melalui pengaturan. Dengan Sense UI, Anda bisa mengaktifkan BoomSound, tapi sebenarnya tidak ada alasan untuk mematikannya, karena audionya sangat jelek tanpa BoomSound. Anda tidak dapat mengoptimalkan pengaturan audio dari Oxygen, Optimus, atau Android Stock.

Unduh aplikasi musik teranyar

Anda dapat mengganti aplikasi musik Anda dengan yang memiliki lebih banyak kontrol audio. Poweramp dan Equalizer+ adalah dua aplikasi pemutar musik yang direkomendasikan. Keduanya penuh sesak dengan tweak audio, preset, dorongan bass, dan banyak lagi. Pastikan agar folder musik Anda telah dicentang di pengaturan aplikasi.

Equalizer+ menyediakan EQ lima-band, sementara Poweramp menawarkan EQ 10-band untuk penyetelan yang serius. Anda harus membayar beberapa dolar untuk mengakses semua fitur terbaiknya, namun Anda tidak akan menyesal untuk melakukannya.

Unduh EQ (Equalizer)

Kontrol audio default pada kebanyakan ponsel, kecuali ponsel Sony dan OnePlus 2, tidak terlalu komprehensif. Beberapa menyertakan EQ dasar, namun seringkali hanya akan berfungsi dalam aplikasi musik default dan tidak memberikan kontrol atas audio yang diputar bukan melalui pemutar musik.

Walau tidak dapat memberikan keajaiban, EQ dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman audio Anda. Music Volume EQ and Bass Booster adalah dua aplikasi EQ yang direkomendasikan dan bisa didapatkan di Play Store.

Ketahui penempatan speaker Anda

Mungkin terdengar remeh, tapi hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah dari mana suara berasal dari ponsel Anda. Banyak ponsel yang memiliki speaker kembar, tapi seringkali hanya satu yang menghasilkan suara. Jika speaker Anda terhalang, maka kualitas suaranya pun akan jelek.

Ujilah di mana posisi speaker pada ponsel Anda dengan cara menyalakan sebuah lagu dan menutup lubang-lubang di ponsel Anda secara bergantian. Setelah Anda meyakini posisi speaker pada ponsel Anda, Anda akan tahu bagaimana cara untuk memposisikan ponsel Anda supaya suara dapat keluar dari speaker secara maksimal. Jangan menghalangi speaker, dan arahkan speaker hingga sedekat mungkin ke arah Anda.

Periksa apakah casing Anda menutupi speaker

Jika ponsel Anda memiliki casing pelindung, ini akan mempengaruhi kualitas suara yang didapatkan dari speaker. Semua getaran yang datang dari dalam ponsel Anda akan teredam oleh lapisan tambahan plastik atau karet yang tentunya tidak diperhitungkan oleh produsen pada saat merancang sistem speaker-nya.

Meski pun begitu, casing terkadang malah menutupi bagian penting ponsel seperti socket audio, mikrofon, atau speaker. Sebelum Anda membeli casing, pastikan agar casing tersebut tidak akan menutupi apa pun.

Gunakan headphone

Inilah sebuah fakta yang sederhana, bahwa kebanyakan speaker ponsel tidak dapat menghasilkan kualitas suara yang layak, bahkan setelah dibantu dengan aplikasi musik atau pun EQ. Di sinilah, sepasang headphone yang layak dapat membantu (beberapa pengaturan audio di ponsel, bahkan tidak akan bekerja tanpa adanya headphone yang terpasang).

Headphone akan memberikan peningkatan yang signifikan untuk audio ponsel Anda. Tidak semua headphone diciptakan sama, dan ada berbagai jenis yang diproduksi untuk berbagai situasi. Pastikan agar Anda sudah memilih dan menemukan headphone yang paling sesuai.

Tingkatkan volume speaker

Jika Anda me-rooting ponsel Anda, banyak aplikasi yang dapat meningkatkan volume yang maksimal dari sistem Android dengan sedikit tweak sederhana. Jika Anda tidak ingin me-rooting ponsel, atau merasa bahwa Anda hanya akan mendapatkan distorsi dari aplikasi penguat volume di Play Store, maka masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Kenali sedikit tentang gelombang suara. Jika Anda menempatkan ponsel Anda di sudut dan mengarahkan output speaker ke arahnya, maka Anda akan mendapatkan gema yang lebih keras, lebih ke arah bass daripada jika hanya ditembakkan ke ruangan. Logika yang sama juga berlaku untuk objek apa pun. Letakkan ponsel Anda di dalam kotak, menghadap ke sebuah mangkuk atau di dalam gelas (yang kosong, tentu saja), dan Anda akan takjub untuk mendengar speaker Anda tiba-tiba menjadi lebih keras dari biasanya.

Dengan sedikit berusaha dan melakukan tips di atas, maka kualitas suara pada perangkat Android Anda pun akan menjadi prima. Selamat mencobanya, ya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top