TIPS

Kiat Memulai Bisnis Online dengan Baik

Dikdok   04 Jan 2018
Kiat Memulai Bisnis Online dengan Baik

Berwirausaha online dengan memanfaatkan media sosial belakangan ini telah banyak menjadi pilihan bagi masyarakat demi mulai membangun karirnya. Bukan hal yang aneh lagi, memang. Pasalnya, menjadikan media sosial untuk melakukan bisnis yang berbasis digital dianggap cukup menarik perhatian. Selain tidak membutuhkan toko secara fisik, bisnis online juga bisa menjangkau pelanggan dengan jarak yang lebih jauh dan lebih banyak. Tentunya, jika bisa dijalankan dengan baik, bisnis online ini bisa menghasilkan keuntungan yang sangat berlimpah bagi para pelaku bisnis tersebut.

Namun, sebagaimana halnya dengan menjalankan bisnis secara umum, bukan hanya keuntungan saja yang mungkin bakal didapatkan ketika menjalankan sebuah bisnis. Tidak sedikit pula yang mencoba jalur tersebut namun pada akhirnya gagal dan menyerah. Ada berbagai cara yang harus dipelajari terlebih dahulu agar lebih siap untuk menjalankan bisnis online secara baik.

Oleh karena itu, bagi kalian yang saat ini tengah mempersiapkan diri untuk memulai usaha online, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips di bawah ini untuk memulai bisnis online:

1. Maksimalkan Modal yang Ada

Untuk mulai menjalankan bisnis online tidak perlu menunggu sampai memiliki modal yang banyak. Sebaiknya, maksimalkan modal yang dimiliki untuk menjalankan bisnis yang memungkinkan.

Bahkan, jika tidak memiliki modal sama sekali, kalian masih bisa merintis usaha dengan memulainya sebagai reseller. Dengan menjadi reseller, kalian hanya perlu mencari distributor terpercaya dengan bidang usaha yang sesuai dengan passion yang kalian miliki.

2. Bergabung dalam Komunitas

Untuk mulai menjalankan sebuah hal yang dianggap baru bagi kalian, maka bergabung ke dalam komunitas yang menekuni hal serupa tentunya menjadi pilihan yang tepat. Dengan bergabung ke dalam komunitas, maka kalian akan bisa bertemu dengan berbagai orang yang memiliki minat yang sama untuk menjalankan bisnis online. Selain itu, kalian juga bisa berdiskusi dan berbagi beragam informasi baru serta melakukan konsultasi jika kalian membutuhkannya.

3. Lakukan Usaha Sesuai dengan Passion, dan Lakukan Promosi

Satu hal yang penting adalah mulailah bisnis yang sesuai dengan passion yang kalian miliki. Dengan mengikuti passion, kalian tentunya akan terus tertarik untuk mencari tahu tentang perkembangan dari usaha yang tengah kalian kerjakan itu. Lakukan promosi pula jika dibutuhkan, baik melalui endorsement atau pun paid promote.

4. Berikan Pelayanan Pelanggan yang Optimal

Satu hal yang pastinya telah banyak diketahui oleh para pelaku usaha adalah jadikan pelanggan sebagai raja. Hal tersebut harus dilakukan agar pelanggan merasa puas dan menjadi loyal terhadap usaha yang kita miliki.

Pelayanan yang baik, seperti fast response, pemberian informasi yang jelas, komunikasi yang sopan juga jangan sampai ditinggalkan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan yang kita miliki. Detil-detil lainnya pun harus diperhatikan dengan baik. Misalnya saja, pemberian bonus, garansi keamanan, kemudahan pembayaran, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa tips yang harus diperhatikan ketika akan memulai berbisnis online. Ayo! Segera buka bisnis online milik kalian sendiri, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top