TIPS

Lupa Password di Facebook? Pakai Trusted Contacts Saja!

Dikdok   03 Jan 2018
Lupa Password di Facebook? Pakai Trusted Contacts Saja!

Biasanya, banyak memiliki akun media sosial dengan berbagai password yang berbeda-beda merupakan salah satu penyebab utama sehingga seseorang jadi terlupa akan password dari akun-akun yang dimilikinya itu.

Berusaha untuk memahami hal tersebut, setiap layanan media sosial pun pada akhirnya menyediakan cara-cara tersendiri untuk mengembalikan password kepada para penggunanya, tidak terkecuali halnya dengan Facebook.

Memiliki fitur yang bernama Trusted Contacts, yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna untuk mendapatkan sebuah password pengganti sementara dengan mudahnya dari pesan yang diterima oleh rekan mereka di Facebook.

Tentunya, sebelum melakukan hal itu, pengguna harus memiliki kontak di Facebook yang benar-benar bisa dipercaya olehnya. Nantinya, Facebook juga akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui, apakah benar bahwa pengguna memang terlupa dengan password-nya dan apakah rekan yang didaftarkan pada fitur Trusted Contacts benar-benar mengenal dirinya.

Nah, bagi kalian yang para pengguna Facebook, sudah merasa penasaran menyoal bagaimanakah cara untuk menggunakannya? Berikut akan Jurnal Apps jabarkan pada artikel di bawah ini:

Akses halaman fitur aplikasi Facebook

Yang pertama kali harus dilakukan adalah membuka aplikasi Facebook melalui smartphone dan melakukan login ke akun yang kalian miliki. Lanjutkan dengan memilih opsi menu yang terletak pada pilihan icon paling kanan dari tab.

Setelah itu, lakukan navigasi menuju opsi Help & Settings > Account Setting > Security and Login.

Pengaturan keamanan dan login akun

Jika sudah masuk ke halaman Security and Login, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan opsi Choose 3 to 5 friends to contact if you get locket out.

Menu tersebut bakal mengharuskan kalian untuk memilih sebanyak 3 hingga 5 kontak rekan di Facebook yang bisa membantu kalian pada saat tidak bisa melakukan login atau terlupa dengan password. Pilihlah menu tersebut.

Halaman fitur Trusted Contacts

Bagi kalian yang baru pertama kalinya menggunakan fitur ini, maka kalian nantinya akan menerima halaman berisi penjelasan fitur tersebut. Pilihlah menu di bawahnya untuk mengaktifkan fitur ini untuk diaktifkan di kemudian waktu.

Selanjutnya, kalian akan disuguhkan dengan sebuah halaman yang berisikan daftar teman-teman kalian di Facebook yang bisa Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam fitur Trusted Contacts. Lanjutkan proses dengan memilih sebanyak 3 hingga 5 kontak untuk didaftarkan pada fitur Trusted Contacts kalian.

Pastikan agar kalian telah memilih teman-teman Facebook yang bisa kalian percaya, misalnya saja anggota keluarga terdekat yang juga menggunakan Facebook atau pun sahabat yang sangat dekat dengan kalian.

Kalian juga bisa melakukan perubahan atas daftar teman-teman Facebook yang ada di dalam fitur Trusted Contacts dengan cara masuk lagi ke fitur ini dengan mengikuti urutan langkah yang sudah diberikan tadi.

Semoga membantu, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top