REVIEW

Serunya "Terjun Bebas" bersama Frozen Free Fall

Andy Chan   02 Jan 2018
Serunya "Terjun Bebas" bersama Frozen Free Fall

Siapa yang tidak pernah mengetahui tentang salah satu film animasi Disney yang berjudul Frozen? Adaptasi dari sebuah dongeng tersebut mengisahkan dua kakak-beradik, Elsa dan Anna, para putri pewaris dari kerajaan Arendelle. Pada saat penobatannya menjadi seorang ratu, Elsa tidak sengaja melepaskan salju dan es dengan menggunakan sihir, sehingga rahasianya jadi terungkap ke muka umum, dan Elsa pun akhirnya melarikan diri dikarenakan rasa malu yang tak terhingga. Namun, tanpa disadarinya, Elsa telah menyebabkan musim dingin yang tiada akhir di negeri Arendelle, sehingga Anna sebagai sang adik pun meminta pertolongan dari Kristoff, Sven, dan Olaf untuk bisa menemukan Elsa dan mengembalikan adanya musim panas di Arendelle.

Demikianlah kisah yang sebenarnya tidak terlalu ada hubungannya dengan sebuah game keluaran Disney untuk ponsel pintar yang berjudul Frozen Free Fall ini. Karena, game-nya sendiri memiliki genre puzzle match-three yang sudah umum untuk ada pada ponsel pintar.

Seperti game match-three pada umumnya juga, tujuan dari permainan ini sangatlah sederhana. Biasanya, pemain dituntut untuk mencapai sebuah goal yang diberikan oleh game-nya, baik mencapai sebuah target dengan jumlah gerakan terbatas, mencapai target dalam batasan waktu tertentu, atau pun menjatuhkan sebuah benda ke posisi paling bawah dalam batasan langkah tertentu.

Untuk bisa mencapai target tersebut, pemain harus menggeser kristal-kristal yang ada di layar agar tiga atau lebih warna yang sama bisa disejajarkan. Dan, kemudian kristal tersebut akan hancur, lalu kristal yang berada di atasnya akan terjun bebas ke bawah. Yes, Free Fall.

Apabila pemain berhasil menyusun sebanyak empat atau lebih kristal yang sama, maka akan ada item khusus yang membantu permainan pula, seperti angin dingin, gunung es, atau gletser. Berbeda dengan game match-three lainnya, item khusus ini memiliki warna tersendiri, sehingga tidak bisa langsung digunakan pada saat itu juga. Pemain harus menukar item khusus tersebut dengan dua atau lebih kristal yang berwarna sama untuk bisa menggunakannya. Ini membuat game-nya jadi membutuhkan lebih banyak strategi jika dibandingkan dengan game puzzle match-three pada umumnya.

Dalam memainkan game-nya, pemain bisa ditemani oleh karakter-karakter Frozen, seperti Elsa, Anna, Hans, Sven, Olaf, dan lainnya. Masing-masing karakter memiliki kemampuan power-up khusus, misalnya Elsa yang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah kristal yang berwarna sama akan menghilang dari medan permainan secara sihir, atau Anna memiliki sebuah obor untuk membakar satu baris kristal. Tapi, yang perlu diingat, power up ini hadir secara terbatas. Dan, untuk bisa mendapatkannya, pemain harus membeli dengan menggunakan uang asli.

Terdapat sebanyak tiga buah peta untuk dimainkan. Mulai dari peta musim dingin, musim panas, hingga peta tanpa batas. Namun, sayangnya, untuk bisa memainkan peta musim panas dan tanpa batas itu, pemain harus menyelesaikan sejumlah stage terlebih dahulu, yakni 75 untuk peta tanpa batas, dan 285 untuk peta musim panas. Bagi yang tidak sabar, maka kalian bisa langsung membeli peta tersebut dengan menggunakan uang asli. Tapi, dijamin kalian akan merasa puas, karena ada ratusan stage yang siap untuk menantang kemampuan kalian dalam bermain puzzle match-three.

Frozen Free Fall diberikan secara cuma-cuma oleh Disney, alias bisa dimainkan secara free-to-play. Namun, game ini menggunakan sistem stamina berupa Life, yang hanya akan berkurang apabila pemain sampai gagal dalam menyelesaikan stage. Game ini tidak memiliki iklan, dan tidak membutuhkan koneksi Internet untuk bisa dimainkan. Tetapi, mikrotransaksinya cukup banyak. Mulai dari pembelian Move tambahan, Power Up, Tools, sampai ke jam pasir. Semuanya bakal dibutuhkan untuk lebih mempermudah permainan.

Bagi penggemar Frozen, hadirnya karakter-karakter Frozen di sini sangatlah menawan. Ada Elsa dan Anna yang masih anak-anak, juga ada mereka dalam versi dewasa, berikut dengan karakter-karakter favorit seperti Olaf, dimana mereka akan tampil dengan grafis 3D yang menemani pemain dengan reaksi yang unik ketika sedang berkutat demi menyelesaikan puzzle. Uniknya, pemain bisa memainkan game ini secara portrait mau pun landscape, sesuai dengan selera masing-masing. Namun, jika Anda mengharapkan ada lagu "Let It Go," maka bersiaplah untuk kecewa, karena tidak ada lagu tersebut dalam Frozen Free Fall. Pemain akan ditemani oleh lagu-lagu yang bernuansa musim dingin yang santai dan pelan.

Frozen Free Fall hanyalah merupakan satu di antara sekian banyak game yang menggunakan genre puzzle match-three. Meski pun game ini sebenarnya seru, namun rasanya tidak bisa direkomendasikan ke gamer pada umumnya, kecuali kepada anak-anak yang masih kecil dan mereka yang memang merupakan fans dari Disney's Frozen.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top