TIPS

Inilah Cara Menggunakan Fitur Otentikasi Dua Faktor di WhatsApp

Dikdok   02 Jan 2018
Inilah Cara Menggunakan Fitur Otentikasi Dua Faktor di WhatsApp

Fitur otentikasi dua faktor (two-factor authentication, atau disingkat sebagai 2FA) merupakan sebuah sistem keamanan tambahan berlapis yang dirancang untuk memastikan bahwa hanyalah sang pengguna akun saja yang bisa mengakses akun miliknya sendiri, bahkan jika orang lain juga mengetahui kata sandi dari pengguna akun tersebut.

Dianggap sebagai salah satu sistem keamanan yang cukup ampuh dalam melindungi akun dan privasi dari para pengguna online, sistem otentikasi dua faktor ini pun telah banyak digunakan oleh berbagai layanan. Salah satunya juga digunakan oleh layanan perpesanan WhatsApp.

Pada aplikasi WhatsApp, ketika fitur otentikasi dua faktor ini diaktifkan, pengguna nantinya akan diminta untuk memasukkan nomor PIN yang telah ditetapkan sebelum bisa mengakses WhatsApp. Hal inilah yang tentunya akan membuat para penyusup akan jadi lebih sulit untuk membobol sebuah akun WhatsApp milik para pengguna.

Bagi kalian yang belum pernah menggunakan fitur ini di WhatsApp dan merasa penasaran untuk mencobanya, maka Jurnal Apps kali ini akan memberikan penjelasan singkat mengenai cara penggunaannya. Marilah disimak secara bersama-sama pada artikel di bawah ini:

Cara untuk mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor cukup mudah.

Guna mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor di akun WhatsApp kalian, cukup dengan membuka aplikasi dan mengklik Settings > Account > Two step verification > Enable.

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memasukkan 6 angka yang akan dijadikan sebagai PIN pada setiap saat kalian akan berusaha untuk melakukan verifikasi atas nomor telepon kalian di WhatsApp.

Kalian juga akan diberikan pilihan untuk menyematkan alamat e-mail. Langkah ini berguna untuk berjaga-jaga jika kalian terlupa dengan 6 angka PIN yang kalian miliki. WhatsApp akan mengirimkan sebuah tautan kepada kalian yang dapat melumpuhkan fitur otentikasi dua faktor ini di akun kalian. E-mail tersebut juga bisa berperan sebagai peringatan ketika ada seseorang yang berusaha untuk mengakses akun kalian.

Untuk membantu pengguna agar bisa mengingat PIN yang mereka miliki, WhatsApp secara periodik juga akan meminta kalian untuk memasukkan PIN yang kalian miliki.

Nah, sistem otentikasi dua faktor ini cukup membantu, bukan? Segera mencobanya di gadget kalian, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top