REVIEW

iPhone Lawas Mulai Lelet? Kenali Tanda-tandanya!

Dikdok   01 Jan 2018
iPhone Lawas Mulai Lelet? Kenali Tanda-tandanya!

Belum lama ini, telah ramai diperbincangkan mengenai kesengajaan dari Apple untuk memperlambat kinerja iPhone lawas dengan tujuan agar kualitas komponen baterai di dalamnya masih bisa berjalan dengan baik dan terhindar dari beragam masalah.

Meski begitu, hal tersebut nyatanya malah sukses mengundang banyak komentar negatif dari para pengguna iPhone, terutama bagi mereka yang merasa dirugikan oleh Apple. Hal tersebut bisa dimaklumi. Pasalnya, mereka menganggap raksasa teknologi tersebut sengaja melakukan penurunan kinerja iPhone tersebut untuk memaksa para pengguna jadi beralih ke iPhone generasi yang lebih baru.

Sebagaimana dilansir dari CNET, ternyata ada beberapa tanda yang akan bisa didapati ketika perangkat iPhone mulai melambat. Berikut adalah beberapa tanda tersebut:

Waktu untuk menjalankan aplikasi jadi terasa lebih lama dibandingkan dengan biasanya

Untuk mengecek apakah iPhone kalian mulai melambat atau tidak, maka kalian bisa mencoba untuk menutup aplikasi dan menjalankannya kembali setelah itu. Jika proses menjalankan kembali aplikasi tersebut jadi terasa lebih lambat dibandingkan dengan biasanya, maka ada kemungkinan performa iPhone milik kalian itu telah menurun.

Scrolling terasa lebih berat

Hal kedua yang mengindikasikan performa iPhone yang melambat adalah ketika melakukan proses scrolling layar. Jika ketika kita tengah melakukan scrolling, iPhone terasa lebih lambat dan kurang mulus, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa sudah saatnya untuk mengganti ke iPhone terbaru.

Tingkat kecerahan layar semakin meredup

Meski pun kita telah mengatur kecerahan layar secara maksimal, namun jika layar iPhone masih tidak seterang seperti pada awal kali dibeli, maka hal tersebut merupakan pertanda lainnya yang mengindikasikan performa iPhone telah menurun.

Suara speaker tidak senyaring seperti biasanya

Jika kita juga mendapati bahwa suara speaker pada iPhone seakan terdengar kurang senyaring dibandingkan dengan biasanya, maka hal ini juga merupakan sebuah pertanda bahwa performa iPhone kita sudah diturunkan oleh Apple.

Flash kamera sering tidak menyala

Hal ini mungkin pernah terjadi pada sebagian dari kalian. Ya, ketika sedang menggunakan kamera, lampu flash seringkali tidak bisa berfungsi, maka segeralah untuk memperbarui versi iPhone kalian.

Frame rate di dalam game menurun

Bagi kalian yang para gamers, jika tengah asyik bermain game di iPhone dan kalian mendapati bahwa game tersebut jadi bergerak lebih lambat dibanding dengan biasanya, maka hal itu pun merupakan pertanda bahwa perangkat iPhone yang kalian gunakan sudah dikurangi performanya oleh Apple. Pasalnya, dengan bermain game akan bisa memperparah keadaan baterai secara lebih cepat.

Aplikasi di latar belakang memuat ulang saat dijalankan kembali

Sebagaimana yang kita ketahui, terdapat berbagai macam aplikasi yang terus berjalan di belakang layar untuk mengambil data baru meski pun sedang tidak dijalankan. Nah, jika hal tersebut tidak dilakukan oleh perangkat iPhone kalian, maka bisa jadi hal tersebut merupakan pengaruh dari penurunan performa oleh Apple.

Nah, apakah salah satu pertanda tadi juga ada di iPhone lawas kalian? Waspadalah.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top