TIPS

Mitos Android yang Dipercaya Orang, Benarkah Demikian?

Dwi K   30 Dec 2017
Mitos Android yang Dipercaya Orang, Benarkah Demikian?

Android memang merupakan OS (Operating System) yang sedang merajai dunia dan bersaing dengan iOS milik Apple. Dengan banyaknya gadget berbasis Android yang beredar hingga kini, maka tentunya banyak mitos yang tersebar terkait dengan penggunaannya. Padahal, semua kabar burung itu belumlah tentu menyoal kebenarannya.

Apa saja rumor yang beredar soal OS yang satu ini?

Semua Android Sama dan Tidak Ada Perbedaan

Sebenarnya, hal ini tidak bisa disamakan secara merata. Mengapa? Karena, setiap pabrikan smartphone itu membekali gadget produksi mereka dengan berbagai macam modifikasi atas OS Android yang telah disesuaikan dengan hardware alias perangkat keras berbasiskan Android itu sendiri.

Jadi, kegunaan MIUI milik Xiaomi misalnya tidaklah akan sama dengan FunOS milik Vivo karena secara spesifikasi hardware-nya berbeda antar kedua gadget tersebut. Begitulah, jika sudah pernah menggunakan beberapa merek Android pastinya akan bisa merasakan perbedaan isi berikut fitur-fitur yang tersedia, walau pun semuanya itu secara keseluruhan bakal mirip antar satu sama lainnya karena base-nya memang OS Android itu sendiri.

Spesifikasi Mahal Sama dengan Smartphone Bagus

Secara teknis, smartphone mahal memang bisa memiliki semua spesifikasi hardware yang mumpuni, namun hal itu bukanlah berarti bagus untuk semua task yang kita mau. Jika kita ingin menghasilkan selfie yang kece, maka smartphone khusus gaming bukanlah pilihan yang terbaik bagi kita.

Sangat banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, dan itu tidaklah harus dibayar dengan mahal.

Android adalah Tempat Malware dan Virus

Sebenarnya, hal ini bisa iya dan juga bisa tidak. Karena, pada kenyataannya, sangatlah banyak malware dan virus yang memang mengincar OS yang satu ini.

Namun, ini bisa juga dikembalikan lagi kepada para penggunanya, karena jika kita menggunakannya dengan baik, seperti men-download aplikasi di Play Store dan tidak membuka link-link yang mencurigakan, maka handphone kita yang berbasiskan Android itu akan aman dari malware dan virus.

Oleh karena itu, selalu pastikan diri jika ingin men-download aplikasi, lakukan verifikasi apakah market app yang kita tuju sudah benar serta aplikasinya sendiri berasal dari developer yang baik dan aman, juga hindarilah untuk membuka situs-situs yang sekiranya mencurigakan.

Android Terlalu Rumit

Sebenarnya, Android itu sangatlah mudah karena semua bisa kita atur dengan sedemikian rupa agar bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Namun memang, yang namanya menggunakan smartphone itu perlu semacam pembelajaran dan penyesuaian hingga beberapa lama agar kita bisa lebih mengerti dengan fitur-fitur yang tersedia.

Pada intinya, sesuaikanlah penggunaan Android dengan kebutuhan kita, dan kita pun jadi akan merasa mudah dalam memakainya.

Bagaimana? Tidak semua mitos itu adalah kebenaran, lho. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top