REVIEW

The Trail, Buah Karya Peter Molyneux

Anduril   29 Dec 2017
The Trail, Buah Karya Peter Molyneux

The Trail adalah game yang didesain oleh Peter Molyneux, yang merupakan bapak genre simulasi selain Will Wright. Begitulah, Molyneux sempat dikenal lewat beberapa gamenya, seperti Theme Park, Fable series, Dungeon Keeper, Godus, dan masih banyak lagi. Sementara The Trail merupakan game petualangan yang akan membuat kalian melakukan penjelajahan di suatu negeri antah berantah. Tujuanmu adalah menemukan sebuah tempat yang bernama Eden Falls.

Pada awal permainan, kalian akan menjumpai seorang Tour Guide yang akan menuntun kalian dan memberikan petunjuk. Di sini, kalian akan mengumpulkan barang-barang dan bisa menjualnya. Barang apa pun bisa kalian temui, seperti misalnyai kerang, batang kayu, dan banyak lagi.

Kalian juga akan bertemu dengan seorang wanita bernama Beatrice, yang akan mengajarkan cara membuat beberapa kerajinan kepadamu. Namun, dia bakal mengajukan syarat sebelum ia mengajarimu. Ia akan menyuruhmu untuk mengumpulkan beberapa barang guna membuat kerajinan tangan.

Pada saat mengumpulkan barang, berhati-hatilah dengan binatang rakun karena dia suka mencuri barang-barang yang kalian miliki. Setelah kalian menemukan barang yang diinginkan oleh Beatrice, maka dia akan mengajarikan cara membuat sepatu sandal dan juga bandana kepadamu untuk kalian pakai pada akhirnya. Setelah itu, dia akan kembali menyuruhmu untuk mencari ranting dan bebatuan guna membuat batu kapak yang nantinya bisa dipergunakan untuk membelah pohon.

Hal menarik pada game ini adalah kalian akan selalu melakukan perhentian pada sebuah perkemahan untuk beristirahat sejenak dan melakukan jual beli antar penjelajah.

Jika kalian ingin menjual barang, maka ada baiknya bagi kalian untuk melakukan craft pada barang-barang yang kalian kumpulkan terlebih dahulu untuk menaikkan minat pembeli. Apabila kalian menjual lebih banyak barang daripada penjelajah lain, maka kalian akan mendapatkan reward.

Pada game ini, kalian hanya perlu melakukan drag ke kanan atau ke kiri untuk menggerakkan arah kamera. Sementara itu, kalian bisa melakukan hold pada karakter, lalu di-drag ke atas untuk berlari dan di-drag ke bawah untuk berjalan lambat.

Meteran di samping layar akan berguna untuk mengetahui kapasitas kemampuan dan seberapa cepat karakter dalam hal berlari (sepatu sandal yang dipakai akan mempengaruhi kecepatan berlari dari si karakter). Lakukan hold pada karakter jika ingin berinteraksi atau pun berbicara dengan penjelajah lain.

Setelah bermain lama, kalian akhirnya akan tiba di kota Eden Fall dan mampu untuk membeli rumah serta memilih profesi bersama-sama dengan 19 pemain lain yang akan menjadi tetanggamu. Kota bertindak sebagai simulasi sendiri, membiarkan pemain berkontribusi untuk pertumbuhannya dengan mengumpulkan item dan emas, yang akan memberikan fitur baru untuk kota, seperti toko, bank, atau bahkan balai kota.

Kalian dapat memilih walikota dan meng-upgrade rumah mereka. Meski setelah kalian menetap di kota, perjalanan kalian nyatanya masihlah jauh dari kata selesai. Kalian akan melanjutkan perjalanan di luar Eden Fall dan menuju ke tempat yang tidak diketahui. Masih melibatkan pengumpulan item dan crafting, tetapi kalian sekarang akan selalu memiliki rumah untuk pulang dan tempat untuk menggantung topi.

Apa yang terjadi setelahnya adalah misteri. Jika daftar awal tujuan permainan bisa dipercaya, maka kalian akan dapat menikah dan membangun kerajaan bisnis, meski pun apa yang diperlukan masihlah belum jelas untuk saat ini. Mengetahui cara kerja Molyneux, bisa saja sesederhana seperti memperluas profesi hometown-mu ke sebuah toko kecil atau pun mengambil alih dunia.

Permainan ini sangat menyenangkan, campuran yang berharga dari eksplorasi, simulasi, dan growth yang mengejutkan secara mendalam dan di luar dari pemikiran awal. Unsur-unsur gameplay, mulai dari berjalan, mengumpulkan item, hingga crafting tercampur dengan baik ke dalam alur cerita. Kalian akan merasa berkembang bahkan ketika kalian memilih untuk menjelajah daerah-daerah yang telah dilalui. Ada beberapa hal kecil yang bisa diperbaiki dengan keberadaan update di masa mendatang, tapi The Trail sejauh ini sudah memiliki awal yang baik.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top